Artikel Pilihan

7 Tips Memilih Kulit Pohon Waru Segar Saat Membelinya

Ciri Ciri Pohon Waru

Kulit pohon waru segar mungkin adalah kulit kayu yang sedang Anda cari saat ini. anda bisa mencarinya secara online, namun bisa juga secara offline jika rupanya belum ada yang menjualnya secara online. tahukah Anda pembelian dari mana yang paling disarankan?

Jawabannya adalah secara offline atau langsung di dunia nyata. Alasannya tak lain adalah karena Anda bisa memilih langsung kayu pohon waru segar dan masih bagus kualitasnya. Dengan kulit kayu yang seperti ini, maka Anda lebih bisa mengambil manfaatnya, apapun itu.

Tips Memilih Kulit Pohon Waru Segar

Karena Anda disarankan untuk membeli kayu pohon waru secara offline, maka itu saja tidak cukup. Anda juga harus mengetahui hal apa saja yang sebaiknya diketahui atau dilakukan saat membelinya. Berikut ini telah dirangkum beberapa tips untuk mendapatkan kayu pohon waru yang masih segar dan baik kualitasnya :




Baca juga : Inilah Ragam Filosofi Pohon Waru dan Artinya

Pilih yang Kelembabannya Sesuai Kebutuhan

Anda harus paham betul untuk apa nantinya kulit pohon waru segar yang Anda beli. Apakah untuk dijadikan ramuan, barang kesenian, atau untuk keutuhan lainnya. Sebab, berbeda kebutuhan maka akan berbeda pula karakteristik kayu waru yang sebaiknya dipilih. Berbeda kebutuhan, maka berbeda pula kelembaban kulit waru yang digunakan. Karenanya, Anda harus paham apakah kulit waru yang dibeli sebaiknya yang lembab, kering, atau yang biasa saja.

Pilih Ukuran Sesuai Kebutuhan

Tips selanjutnya adalah untuk memilih kulit kayu waru sesuai dengan kebutuhan. Harga dari kulit kayu pohon waru memang cukup murah. Namun untuk Anda yang pelaku bisnis, perbedaan harga dan memangkas modal hingga sekecil mungkin pastilah menjadi tujuan. Karenanya, sebelum beli kulit pohon waru pastikan dulu berapa yang dibutuhkan.

Pilih yang Seratnya Rapat

Anda juga disarankan untuk memilih kulit pohon waru segar yang seratnya masih rapat. Inilah mengapa Anda disarankan untuk membeli kulit kayu waru secara offline saja, bukan secara online. Sebab dengan cara offline, Anda bisa memperhatikan langsung kulit kayu yang akan Anda beli serta memastikan kondisi seratnya.

Baca juga : Ternyata, Daun Pohon Waru Bisa Hasilkan Manfaat Ini

Pilih yang Permukannya Kesat dan Tidak Berongga

Ciri Ciri Pohon Waru
Sumber: google.com
Jika Anda kesulitan memilih kulit pohon waru segar berdasarkan seratnya, maka ada hal lain yang bisa diperhatikan. Hal tersebut adalah permukaannya. Sebaiknya Anda memilih kulit yang permukaannya kesat dan tidak berongga. Karena permukaan kulit kayu yang demikian dinilai bisa lebih awet. Pasalnya, jamur dan bakteri akan kesulitan untuk hidup di sana sehingga membuat kulit kayu tersebut lebih awet.

Sesuaikan Usia Kulit dengan Kebutuhan

Anda bisa saja menjadikan kulit pohon waru segar untuk campuran obat herbal, namun juga bisa untuk bahan kesenian. Anda harus paham bahwa keduanya adalah dua hal yang berbeda dan membutuhkan kulit kayu dengan karakteristik berbeda.

Jika Anda membutuhkan kulit kayu untuk benda yang awet dan tahan lama, maka pilih saja kulit kayu yang usianya sudah tua. Namun jika kebutuhan Anda untuk konsumsi, maka tidak masalah untuk memilih yang muda.

Pilih Kulit Kayu yang Mudah Menyerap Cairan

Ada kalanya kulit pohon waru segar yang dipilih adalah kulit yang bisa menyerap cairan. Kulit kayu yang memiliki sifat ini lebih bisa diandalkan daripada yang tidak bisa menyerap cairan. Terlebih untuk kulit kayu yang akan digunakan penggunaan jangka waktu lama.

Biasanya, ada beberapa kerajinan yang menggunakan kulit kayu dari pohon waru yang dicampurkan resin. Jika Anda akan membuat kerajinan ini, maka wajib dipilih yang lebih mudah menyerap cairan. Fungsinya agar resin cair dapat menyatu dengan sempurna dengan kulit kayu.

Jika Memilih yang Kering, Maka Sebaiknya Tidak Terlalu Kaku





Tips sebelumnya menyatakan bahwa Anda bisa memilih kulit kayu yang lembab namun juga bisa yang kering, sesuai dengan kebutuhan. Tips kali ini berlaku untuk Anda yang membutuhkan kulit pohon waru segar yang kering. Jika kulit yang kering yang Anda butuhkan, maka jangan memilih yang terlalu kaku. Sebab kulit kayu yang seperti ini justru mudah remah atau rusak.
Ciri Ciri Pohon Waru
Sumber: tokopedia.net
Memang ada beberapa tips sekaligus yang bisa Anda ingat atau catat dalam memilih kulit pohon waru segar. Sengaja ada beberapa tips sekaligus supaya Anda benar-benar bisa mendapatkan kulit pohon waru segar yang bermanfaat dan dengan kualitas yang baik.

Baca Juga :



Belum ada Komentar untuk "7 Tips Memilih Kulit Pohon Waru Segar Saat Membelinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel