Artikel Pilihan

Apa Saja yang Harus Diperhatikan Saat Beli Bonsai Pohon Waru?

Untuk Anda yang sedang cari bonsai pohon waru sebaiknya mengerti apa yang harus diperhatikan. Setiap penjual bonsai pohon waru pastilah mengatakan bonsai yang mereka jual memiliki keunggulan utama, seperti bisa awet, tidak akan membusuk, dan istilah-istilah lainnya yang menyatakan kualitas.

Ciri Ciri Pohon Waru

Anda sebagai pembeli tentu saja berhak memilih, maka dari itu ada beberapa hal yang sebaiknya Anda ketahui sebelum membeli bonsai pohon waru.

Baca juga : Bagaimana Budidaya Pohon Waru Untuk Pemula?

Cara Membeli Bonsai Pohon Waru

Beberapa hal berikut ini bisa anda perhatikan atau lakukan saat membeli bonsai waru. Untuk bisa melakukan beberapa hal yang akan disebutkan ini, anda harus membeli bonsai secara offline. Pembelian secara online untuk produk bonsai sifatnya masih wajar, dan justru membuat pelanggan kesulitan untuk mendapatkan bonsai terbaik.




Akar Bonsai

Hal paling utama yang harus anda perhatikan saat beli bonsai pohon waru adalah akarnya. Jika bagian bonsai ini tidak diperhatikan, maka kemungkinan besar anda akan membawa pulang bonsai yang beberapa hari lagi mati. Kedengaran sangat penting bukan?
Ciri Ciri Pohon Waru
Sumber: google.com
Akar lah yang berkontribusi pada tanaman bonsai untuk membuatnya bisa awet dan hidup sampai waktu yang lama. Karenanya saat beli bonsai perhatikan bagian ini. Anda harus memastikan bonsai yang dibeli memiliki akar yang kuat dan benar-benar sudah menyatu dengan tanah.

Baca juga : Kaya Manfaat, Inilah Aneka Ramuan Pohon Waru dari Berbagai Bahannya

Ada cara atau trik yang bisa Anda lakukan untuk memastikan hal ini. Goyang-goyang kan lah pot bonsai dan perhatikan Apa yang terjadi. Jika bonsai ikut goyang, maka bisa dipastikan akarnya kurang kuat dan belum menyatu dengan tanah. Tinggalkan bonsai yang seperti ini, karena dalam beberapa hari atau minggu bisa saja bonsai ini mati.

Penjual

Bonsai tidak bisa disamakan dengan tanaman hias pada umumnya. Karenanya penjual bonsai biasanya bukan penjual sembarangan. Hal selanjutnya yang bisa anda perhatikan ketika membeli bonsai pohon waru adalah penjualnya. Anda disarankan untuk memilih penjual bonsai yang yang terpercaya dan sudah memiliki reputasi.
Ciri Ciri Pohon Waru
Sumber: google.com
Penjual yang sudah memiliki reputasi Tentu saja tidak mungkin menjual barang yang sembarangan. Lalu bagaimana cara mengetahui seorang penjual sudah memiliki reputasi atau belum? Di antara penjual penjual bonsai lain, ketika Anda berada di pasar tanaman penjual bonsai yang memiliki reputasi terlihat berbeda dengan lainnya.

Anda juga bisa mematikannya secara online. Biasanya penjual bonsai yang memiliki reputasi memiliki website atau sosial media tersendiri. Ingat, cara bertujuan untuk memastikan reputasi penjual, bukan untuk membeli bonsai pohon waru.

Pot Bonsai

Selain akar dan penjual, juga pastikan pot dari bonsai itu sendiri. Anda tidak harus memilih pot dengan estetika tinggi, yang harus anda perhatikan adalah bentuknya. Pastikan bonsai yang Anda beli ditanam di dalam pot yang dibawahnya memiliki lubang. Hal ini penting, sebab lubang dari pot berguna untuk akses keluar air.

Kawat Penyangga / Pembentuk

Tidak jarang ditemui bonsai pohon waru yang diberi kawat. Kawat memang sengaja dipasangkan berguna untuk menyangga atau membentuk bonsai itu sendiri. Hal ini sangat wajar sebab yang namanya bonsai adalah tanaman hias yang sengaja dibentuk sedemikian rupa, entah itu diluruskan atau dibengkokkan.

Jika bonsai yang membuat Anda tertarik nanti ada kawatnya, pastikan kawatnya tidak melukai bagiannya. Maksudnya adalah jangan sampai kawat yang terpasang itu memberikan sayatan pada batang atau bagian lain bonsai.




Apakah mematikan kawat ini cukup penting? Jawabannya adalah sangat penting, terutama untuk Anda yang kedepannya akan sangat menjunjung estetika dari bonsai itu sendiri. Jika kawat pada bonsai telah menyayat batangnya, ketahuilah sayatan tersebut tidak akan hilang. Kalaupun bisa menghilang, akan dibutuhkan waktu bertahun-tahun lamanya.

Itulah beberapa hal yang sebaiknya anda perhatikan saat membeli bonsai pohon waru. Untuk memiliki bonsai pohon waru memang Anda diberi pilihan, apa membuat sendiri atau membeli. Cara membeli memang terkadang terdengar lebih menarik, karena anda tidak perlu melakukan usaha apa-apa. Tidak salah, karena Anda sudah tahu apa saja yang harus diperhatikan. Segera kunjungi saja toko atau pasar tanaman, dan lakukan beberapa hal di atas.

Baca Juga :




Belum ada Komentar untuk "Apa Saja yang Harus Diperhatikan Saat Beli Bonsai Pohon Waru?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel