Artikel Pilihan

7 Fakta Tentang Pohon Basil yang Harus Diketahui!

Anda suka makan makanan Italia? Jika iya, maka tentu saja Anda sudah tidak asing lagi dengan yang namanya basil. Pohon basil sering dimanfaatkan daunnya sebagai salah satu rempah-rempah yang biasanya dimasukkan ke dalam masakan khas Italia seperti Pizza dan lainnya.

Pohon basil ini digunakan sebagai rempah-rempah di Benua Eropa karena bisa menguatkan rasa masakan. Tidak hanya di Benua Eropa saja ya, sekarang ini sudah banyak sekali negara yang memanfaatkan daun dari pohon basil sebagai bahan tambahan ke dalam masakan salah satunya adalah Indonesia.

Baca juga : Ciri Ciri Pohon Tabebuya (Handroanthus chrysotrichus)

Pada kesempatan kali ini kami akan mengajak Anda untuk mengetahui informasi mengenai 7 fakta tentang pohon basil yang harus diketahui. Here we go!

Ciri Ciri Pohon Basil




1. Asal mula nama pohon basil

Anda juga harus tahu bagaimana asal mula nama dari pohon basil. Sebenarnya basil sendiri berasal dari bahasa latin yaitu basolous dan Yunani βασιλικόν φυτόν (basilikón phutón) yang memiliki arti tanaman raja. Karena jaman dulu, pohon basil diyakini tumbuh di atas tempat dimana Santo Konstantin dan Helen menemukan salib suci.

2. Bisa tumbuh lumayan tinggi

Pohon basil ini ternyata juga bisa tumbuh dengan tinggi antara 30 sampai 60 cm. Memiliki daun berwarna hijau terang, punya tekstur yang halus, rata, dan mengkilap dengan ukuran daun sepanjang 3 hingga 7 cm dan lebar 1 hingga 3 cm. Pohon basil ini juga punya bunga yang cukup besar, yang berwarna putih.

3. Digunakan sebagai bahan tambahan untuk memasak

Sudah bukan rahasia lagi bahwa basil digunakan sebagai bahan tambahan untuk memasak. Sehingga bagi Anda yang mungkin memiliki hobi memasak sangat dianjurkan untuk menanam basil di rumah karena ketika membutuhkannya maka Anda tinggal memetiknya saja.

Biasanya daun dari pohon basil ini ditambahkan saat terakhir, karena jika dimasukkan dari awal bisa menghancurkan rasa masakan. Dalam masakan Italia, biasanya daun pohon basil ini ditambahkan pada saus tomat, cuka, atau pesto. Dan juga dalam masakan Asia biasanya daun basil ditambahkan pada salad.

4. Mengandung nutrisi yang cukup baik

Ciri Ciri Pohon Basil
Sumber: thespruce.com
Fakta tentang pohon basil yang keempat adalah ternyata daun dari pohon basil ini juga mengandung nutrisi yang cukup baik sehingga bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan manusia. Daun pohon basil merupakan sumber vitamin K dan mangan yang sangat baik, selain itu ia juga mengandung vitamin A yang ada dalam bentuk karotenoid seperti beta-karoten dan vitamin C.

Baca juga : Rekomendasi Pohon Terbaik Untuk Pekarangan Rumah

Tak hanya itu, pada daun pohon basil kita juga bisa menemukan kandungan kalsium, zat besi, folat, magnesium, dan omega-3 yang baik.

5. Bermanfaat untuk kesehatan manusia

Tak hanya digunakan sebagai rempah untuk masak saja, ternyata daun dari pohon basil ini juga bermanfaat sekali untuk kesehatan manusia. Banyak sekali benefit yang bisa diberikan pohon basil yaitu pohon basil bisa membantu mengelola stres, memperlambat penuaan, mendukung kesehatan tulang, mengatasi radang sendi, mendukung otak yang sehat, membantu metabolisme tubuh, mengatasi epilepsi.

Daun dari pohon basil ini juga membantu untuk melancarkan menstruasi, meningkatkan energi, dapat mencegah kanker, dan juga bisa mendukung kesehatan mata kita. Jadi, jika ingin mendapatkan semua manfaat di atas maka Anda bisa mengkonsumsi daun pohon basil sebagai obat herbal sekaligus bisa Anda masukkan ke dalam masakan Anda.

6. Variasi dari pohon basil

Ciri Ciri Pohon Basil
Sumber: almanac.com
Yang selanjutnya, mungkin Anda belum mengetahui namun pohon basil ini memiliki beberapa variasi yang berbeda. Dan tiap variasi itu pasti memiliki perbedaan, tidak sama satu sama lain walaupun ada kemiripannya. Berbagai jenis pohon basil memiliki aroma yang berbeda karena mereka mengandung minyak esensial yang berbeda pula. Jadi setiap jenis pohon basil, punya aroma yang berbeda-beda. Biasanya juga bisa disebabkan dimana ia tumbuh juga.

7. Cara menyimpan daun pohon basil

Nah fakta unik terakhir yang harus Anda ketahui dari pohon basil adalah bagaimana sih cara menyimpan daun pohon basil yang benar. Karena selama ini banyak sekali orang yang salah dalam menyimpannya.




Jika Anda baru saja membeli daun pohon basil atau mungkin baru saja memetik daun pohon basil maka Anda bisa menyimpannya dalam waktu singkat di dalam kantong plastik kemudian Anda masukkan kedalam lemari es, atau mungkin jika Anda ingin supaya daun pohon basil bertahan sedikit lebih lama maka Anda bisa menyimpannya di freezer. Nanti untuk menggunakannya lagi Anda bisa merendamnya dengan cepat pada air panas.

Itu tadi informasi yang bisa kami sampaikan mengenai 7 fakta tentang pohon basil yang harus diketahui. Semoga artikel yang kami berikan berguna bagi Anda!

Baca Juga :

Belum ada Komentar untuk "7 Fakta Tentang Pohon Basil yang Harus Diketahui!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel