Artikel Pilihan

Bagaimana Cara Menumbuhkan Pohon Basil yang Mudah?

Pohon basil mungkin belum terlalu familiar di masyarakat Indonesia, karena umumnya daun basil ini kita temukan di masakan khas Italia. Ketika makan pizza kita seringkali menemukan daun basil ini sebagai tambahan topping.

Kenapa daun pohon basil digunakan untuk tambahan topping di masakan Italia? Daun yang satu ini merupakan salah satu rempah di benua Eropa dan bisa membuat masakan menjadi lebih strong rasanya. Namun tahukah Anda bahwa ternyata daun dari pohon basil ini punya kegunaan lain selain untuk masakan. Yaitu daun pohon basil juga digunakan sebagai obat-obatan herbal.

Baca juga : Mengenal Pohon Angsana, Si Penyerap Polutan Udara




Banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa daun pohon basil ternyata bisa berguna untuk mengatasi banyak keluhan kesehatan. Mulai dari bisa mengurangi stress dan depresi, kemudian bisa mengatasi batuk dan flu, sampai bisa membantu untuk melancarkan pencernaan.

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai bagaimana cara menumbuhkan pohon basil yang mudah, sehingga Anda bisa menanamnya di rumah sendiri. Penasaran kan? Simak ulasannya di bawah ini!

Tips Cepat Menanam Pohon Basil

Ciri Ciri Pohon Basil

Daripada membeli daun basil ketika Anda sedang membutuhkannya untuk memasak, maka kami menyarankan supaya Anda menanamnya di rumah saja. Dengan menanam pohon basil maka Anda bisa mendapatkan banyak manfaat. Butuh untuk masak? Anda tinggal memetiknya saja, ingin mengatasi berbagai keluhan penyakit? Maka tinggal petik saja. Berikut merupakan tips cepat untuk menanam dan menumbuhkan pohon basil :

  • Pohon basil ini sangat cocok ditanam di kebun, wadah seperti pot, atau mungkin Anda tanam di taman dengan tanah yang gembur dan subur.
  • Pohon basil ini bisa tumbuh dengan subur di tanah yang memiliki drainase yang baik dan memiliki pH 6,0 hingga pH 7,0.
  • Ketika Anda ingin menanam pohon basil maka berikan space antara 12 hingga 18 inchi sehingga tiap tanaman nanti tidak bersentuhan dan bisa tumbuh dengan baik.
  • Jika Anda ingin supaya pohon basil Anda tumbuh dengan baik dan subur, maka Anda harus memberikan fondasi yang bagus untuk tanaman Anda. Anda bisa mencampurkan beberapa inci kompos organik dengan tanah subur yang ingin Anda gunakan untuk menanam basil.
  • Pohon basil tumbuh dengan subur dan baik di tanah yang lembab, maka Anda harus memeriksa kadar air dalam tanah dimana Anda nantinya menanam pohon basil itu. Jangan sampai tanahnya menjadi kering, karena itu bisa menghambat pertumbuhannya.
  • Ketika pohon basil Anda telah tumbuh setinggi 4 hingga 6 inchi, maka kami sarankan supaya Anda menjepit cabang bagian paling atas supaya tunas bisa tumbuh dengan baik dan menyeluruh.

Masalah yang Sering Dialami Saat Menanam Pohon Basil

Ciri Ciri Pohon Basil
Sumber: gardeners.com
Selain mengetahui bagaimana cara menumbuhkan pohon basil yang mudah, maka Anda juga harus tahu masalah apa saja yang sering terjadi ketika Anda menanam pohon basil. Kali ini kami akan memberikan informasi penting kepada Anda mengenai apa saja masalah yang sering terjadi ketika menanam basil.

Baca juga : Ternyata, Ini Bentuk dan Fungsi Akar Pohon Waru

Biasanya ketika menanam pohon basil ada beberapa masalah yang sering terjadi seperti gangguan dari hama yaitu kutu daun, kumbang Jepang, ataupun siput jika Anda menanamnya secara outdoor.

Namun tak hanya masalah hama saja, biasanya masalah lain yang menyerang ketika Anda menanam pohon basil adalah sistem drainase yang buruk sehingga bisa mengakibatkan akar dari pohon basil ini menjadi busuk. Atau jika tidak biasanya pohon basil ditanam di tanah kering sehingga tidak mendapatkan asupan yang baik.
Ciri Ciri Pohon Basil
Sumber : google.com
Kami sarankan ketika Anda ingin menanam pohon basil maka perhatikan kondisi tanah yang Anda gunakan. Pilihlah tanah yang tidak terlalu kering, karena pohon basil ini bisa tumbuh dengan baik di tanah yang lembab dan gembur.
pegel



Selain itu jika Anda ingin supaya pohon basil itu tumbuh dengan subur maka kami sarankan supaya Anda menambahkan tambahan pupuk organik. Selain itu lakukan penyiraman dengan rutin yaitu tiap pagi atau sore hari. Dan jangan pernah memotong bagian kayu yang berkayu karena tanamn tidak akan tumbuh dengan baik.

Itu tadi informasi yang bisa kami sampaikan mengenai bagaimana cara menumbuhkan pohon basil yang mudah. Kami sarankan supaya Anda mencoba untuk menanam pohon basil di rumah sendiri, sehingga Anda bisa memetik kapan saja ketika Anda membutuhkan. Semoga artikel yang kami berikan bisa bermanfaat untuk Anda semuanya yang ingin menanam pohon basil ya!

Baca Juga :

Belum ada Komentar untuk "Bagaimana Cara Menumbuhkan Pohon Basil yang Mudah?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel