Artikel Pilihan

6 Cara Memilih Bibit Terbaik Pohon Tabebuya

Ciri Ciri Pohon Tabebuya

Memilih bibit pohon tabebuya yang unggul dan sehat adalah salah satu poin utama yang wajib Anda perhatikan jika ingin sukses menanamnya di pekarangan rumah. Perlu dicatat, tak semua bibit tanaman yang dijual di pasaran bisa tumbuh menjadi tanaman unggul dan berkualitas.

Kategori unggul ini bisa dinilai dari kemudahan tanaman untuk tumbuh dan terus berkembang, cepatnya masa pembungaan, ataupun dari ketahanannya terhadap serangan hama dan penyakit. Memilih bibit terbaik pohon tabebuya juga wajib memperhatikan karakteristik tanaman dan lahan tempatnya ditanam.

Nah, untuk bisa menemukan bibit unggul pohon tabebuya, Anda perlu memperhatikan beberapa tips berikut ini.

6 Tips Paling Efektif Memilih Bibit Unggul Pohon Tabebuya

Ciri Ciri Pohon Tabebuya
Sumber: Master Gardener


1. Perhatikan daun bibit pohon tabebuya dengan seksama

Cara paling mudah menilai bibit terbaik pohon tabebuya adalah dengan melihat daunnya. Pastikan tanaman tersebut memiliki daun dengan kondisi sehat. Indikatornya adalah daun berwarna hijau cerah yang biasanya di bagian pucuk daunnya berwarna hijau kemerahan.




Baca juga : Ingin Menanam Pohon Tabebuya? Kenali Dulu Jenis-jenisnya

Pastikan secara seksama bahwa daun-daun tersebut tidak menggulung. Pasalnya, salah satu ciri daun tanaman yang sehat adalah yang tidak menggulung. Periksa dengan teliti semua kondisi daunnya dan pastikan dalam kondisi sehat. Jangan pernah memilih bibit tabebuya yang daunnya terserang hama atau ada bekas gigitan ulat.

2. Perhatikan kondisi batang bibit pohon tabebuya

Bukan hanya daunnya, Anda juga perlu memperhatikan kondisi batang bibit pohon tabebuya dengan benar. Ketahuilah, kondisi batang tabebuya yang sehat tidak ada bekas sambungannya dan batang yang baru akan tumbuh secara tegak lurus dan tidak ada bengkokan apapun.

Pilihlah bibit tabebuya yang telah memiliki cabang, karena ini adalah suatu pertanda baik, bahwa tanaman tersebut sehat secara fisik. Jangan pernah sekalipun memilih bibit tabebuya yang batangnya ditumbuhi jamur karena itu bukanlah suatu ciri yang baik. Ingat, bibit yang sehat bakal tumbuh dengan bentuk proporsional sesuai jenis tanamannya.

3. Perhatikan bentuk ranting bibit pohon tabebuya

Salah satu ciri ranting bibit tabebuya yang bakal tumbuh subur bisa Anda lihat dari kondisi rantingnya. Sebaiknya, Anda pilih bibit dengan ranting yang tumbuh sejajar dan merata. Ranting dengan kondisi seperti ini menentukan berapa banyak bunga yang nantinya akan dihasilkan.

Ranting bibit terbaik pohon tabebuya dan berpotensi tumbuh subur juga ditandai dengan ujung ranting yang menguncup. Hal ini jadi suatu pertanda bahwa tanaman tersebut memang memiliki pertumbuhan yang baik.

4. Jangan terlewat untuk memperhatikan akar bibit tanaman

Mungkin Anda akan sedikit kesulitan memeriksa atau memperhatikan akar bibit tabebuya karena harus membongkar dari media tanamnya lebih dulu. Tak heran, jika hal ini akhirnya membuat akar jadi kurang diperhatikan saat membeli bibit.

Baca juga : Tips Agar Pohon Tabebuya Berbunga Lebat dan Memesona

Sebaiknya, tetap periksa kondisi akar dengan meminta persetujuan dari penjualnya agar Anda bisa lebih yakin akan bibit tabebuya tersebut. Ketahuilah, bibit tabebuya berkualitas memiliki akar serabut yang banyak dan gampang dilihat sebagai tanda bahwa tanaman tersebut bisa tumbuh subur.

5. Membeli biji tabebuya dalam bentuk bibit

Ciri Ciri Pohon Tabebuya
Sumber: bonanzastic.com
Membeli bibit pohon tabebuya yang berbentuk biji bisa jadi salah satu alternatif Anda. Namun, membeli bibit berupa biji bisa cukup mengecoh karena tak ada ciri-ciri fisik yang bisa dilihat.

Salah satu cara untuk mengetahui bahwa biji tersebut merupakan bibit unggul adalah dengan cara merendamnya di dalam air untuk beberapa saat. Bibit tabebuya yang berkualitas tidak akan mengapung dan malah cenderung tenggelam di dalam air.

Apabila Anda ingin membeli dalam bentuk biji, sebaiknya belilah biji yang memang sudah disertifikasi oleh pihak pertanian yang bersangkutan. Hal ini untuk meminimalkan risiko kegagalan tanam karena kondisi bibit yang ternyata kurang baik.

6. Membeli bibit pohon tabebuya vegetatif





Dibanding harus membeli bibit dalam bentuk biji, alangkah baiknya jika Anda membeli bibit tabebuya vegetatif. Sebab, bibit yang telah melalui teknik vegetatif cenderung lebih cepat berbunga ketimbang membeli bibit dalam bentuk biji atau yang dikembangkan secara generatif. Apalagi jika Anda ingin pohon tabebuya bisa tumbuh lebih cepat.

Nah, itu tadi sekilas informasi tentang cara memilih bibit terbaik pohon tabebuya untuk ditanam sendiri di pekarangan rumah. Semoga cara ini bisa membantu Anda ya.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "6 Cara Memilih Bibit Terbaik Pohon Tabebuya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel