Artikel Pilihan

Tips Menyadap Pohon Maple Untuk Memperoleh Sirup Maple

ciri ciri pohon maple

Sirup maple merupakan bahan tambahan dengan rasa manis yang sangat cocok untuk berbagai makanan utama serta penutup. Namun sayangnya, sirup maple yang dijual dipasaran harganya sangat mahal dan juga cukup sulit ditemukan terutama di Indonesia.

Jika di sekitar tempat tinggal anda terdapat pohon maple atau memang secara khusus anda tanam di dekat rumah, berikut kami punya tips untuk menyadap pohon maple supaya bisa menghasilkan sirup maple sendiri yang lebih alami.

1. Pilih Pohon Maple

Langkah terpenting dalam proses menyadap pohon maple untuk memperoleh sirup maple adalah memilih pohon yang paling tepat. Cari pohon maple yang berdiameter sekitar 30 cm serta langsung terarah ke sinar matahari. Pohon maple gula serta hitam yang paling banyak menghasilkan getah, sedangkan untuk pohon maple merah serta perah juga mengandung getah namun tidak sebanyak 2 jenis maple lainnya.

Sebaiknya, hindari pohon yang sebelumnya sudah rusak karena tidak akan menghasilkan getah terlalu banyak. Anda bisa menyadap 1 pohon sebanyak beberapa kali jika memang pohon maple tersebut cukup besar serta sehat.

Untuk pohon maple yang memiliki diameter 30 hingga 50 cm, maka hanya bisa dilakukan 1 kali penyadapan. Sedangkan untuk yang berdiameter 53 hingga 68 cm bisa dilakukan 2 kali penyadapan dan 3 kali penyadapan untuk pohon yang berdiameter lebih dari 71 cm.

2. Lakukan Penyadapan di Waktu yang Tepat

Waktu terbaik untuk menyadap pohon maple akan tergantung dari lokasi waktu tempat tinggal anda. Meski begitu, waktu terbaik untuk menyadap pohon maple biasanya akan dilakukan di pertengahan bulan Februari hingga pertengahan Maret.

Nantinya, suhu yang berubah ubah akan membuat getah keluar mengalir dan bergeak dari batang serta dahan menuju akar yang ada di tanah. Getah pohon maple akan terus mengalir selama 4 hingga 6 minggu tergantung dari kesehatan pohon serta lingkungan. Namun untuk kualitas terbaik adalah getah yang mengalir pertama kali mengalir.

3. Siapkan Alat Untuk Menyadap

Untuk menyadap pohon maple, anda butuh beberapa peralatan yang harus dipersiapkan seperti ember yang memakai penutup agar tidak membuat benda lain masuk, paku kayu dan juga bor. Selain itu, siapkan juga tempat yang bersih yang nantinya akan digunakan untuk menyimpan getah yang baru saja disadap.

Bersihkan juga paku kayu, ember serta penutup ember memakai pemutih serta air. Sesudah dicuci bersih, pastikan semua peralatan tesebut sudah dalam kondisi benar benar kering sebelum digunakan. Sementara untuk bor, gunakan mata bor dengan ukuran 7/16 atau 5/16.

4. Cari Tempat Ideal Untuk Menyadap

ciri ciri pohon maple
Sumber: rackcdn.com
Untuk mulai menyadap pohon maple, pilih bagian kayu yang masih sehat dan lakukan di bagian pinggir yang paling banyak mendapatkan sinar matahari di siang hari. Selain itu, anda bisa mulai menyadap di atas akar yang berukuran besar atau dahan yang besar.

Jika pohon maple sudah pernah disadap, maka pastikan paku kayu dipasang setidaknya 15 cm dari lubang yang lama. Jika sudah dibor, maka kayu akan berwarna sawo matang atau coklat tua yang menjadi ciri kayu maple sehat. Jika kayu yang dibor berwarna coklat muda atau coklat gelap, maka sebaiknya pilih area lain untuk dbor.

Baca Juga :

5. Buat Lubang di Kayu

Untuk membuat lubang di kayu maple, tahan bor di sudut yang sedikit ke atas supaya getah nantinya bisa mengalir dengan mudah di kedalaman 6 cm. Pastikan untuk memakai mata bor yang tajam supaya lubang bisa halus dan tidak mengurangi jumlah getah yang keluar. Sesudah itu, singkirkan serpihan kayu dari lubang sesudah selesai melakukan pengeboran.

6. Pasang Paku

Gunakan paku dan ketuk dengan palu karet atau palu biasa hingga paku tertancap kuat dan tidak bisa ditarik dengan tangan secara mudah. Namun jangan pasang paku terlalu kencang di pohon maple jika anda tidak ingin kayu maple terbelah. Jika anda tidak punya paku kayu, anda bisa membuat sendiri paku dengan memakai pipa aluminium dengan panjang 1 cm namun jangan pakai bahan tembaga sebab bisa meracuni pohon.

7. Pasang Ember

https://www.wiscontext.org/sites/default/files/styles/article_full_size_image/public/assets/images/enso-maplesyrup-clark.jpg?itok=FO7sp_Hq
Silahkan anda gantung ember pada bagian ujung paku kayu atau pakai kawat untuk menggantung ember tempat menuangkan getah. Pastikan ember berada di posisi aman supaya tidak terjatuh karena angin atau karena tersenggol. Pasang juga penutup atas ember untuk mencegah serpihan masuk ke dalamnya.

8. Kumpulkan Getah

ciri ciri pohon maple
Sumber: static1.1.sqspcdn.com
Untuk mengumpulkan getah pohon maple bisa dilakukan saatu siang hari saat udara masih hangat. Jika cuacanya memang bagus, maka anda bisa mengumpulkan getah hingga lebih dari 1 bulan. Untuk pohon maple yang sehat bisa menghasilkan antara 37.9 hingga 308.2 liter sirup tergantung dari lingkungannya.

Kumpulkan getah pohon maple tersebut di dalam tempat besar kemudian segera bekukan di bawah 7 derajat celcius supaya getah tidak ditumbuhi bakteri dan tidak rusak.

Itulah tadi ulasan dari kami tentang tips menyadap pohon maple supaya bisa menghasilkan sirup maple sendiri. Sesudah getah terkumpul, maka bisa anda rebus dengan kayu bakar untuk menghasilkan sirup maple terbaik dengan citarasa yang juga lezat kemudian saring dan siap disimpan di dalam wadah tertutup.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Tips Menyadap Pohon Maple Untuk Memperoleh Sirup Maple"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel