Artikel Pilihan

Masalah dan Penyakit Umum yang Biasa Terjadi Pada Pohon Maple

Dari sekian banyak masalah yang biasa terjadi pada pohon maple, masalah layu verticillium menjadi penyakit yang paling umum namun berbahaya untuk pohon maple. Jamur bisa menyebabkan layu vertiliccium yang akan berpengaruh pada sistem pembuluh darah pohon dengan gejala layu dan daun menguning yang terkonsentrasi di area tertentu.

Nantinya, ini bisa menyebabkan pohon maple mati sehingga sangat penting untuk mengidentifikasi penyakit dengan benar serta memperbaiki masalah tersebut. Untuk membantu anda memahami apa saja masalah dan penyakit umum yang biasa terjadi pada pohon maple, berikut akan kami jelaskan selengkapnya.

1. Bintik Hitam [Tar Spot]

ciri ciri pohon maple

Masalah dan penyakit yang sering terjadi pada pohon maple pertama adalah bintik hitam atau tar spot. Bintik hitam yang muncul berukuran sekitar 4 cm dan bahkan ada yang sampai 2 inci. Ini disebabkan karena jamur yang bersembunyi di dedaunan yakni R. Americanum, R. Acerinum dan juga R. Punctatum.

Penyakit yang biasa terjadi pada akhir musim panas dan musim gugur ini sering terjadi pada beberapa jenis pohon maple seperti maple gula, maple Norwegia, maple Perak dan maple sycamore meski hampir semua jenis juga bisa mengalami masalah yang serupa.

Perawatan

Umumnya, penyakit bintik hitam ini tidak akan berpengaruh pada pohon maple dalam jangka panjang. Jamur akan bersembunyi pada daun yang membusuk, sehingga cara terbaik untuk melindungi pohon maple adalah dengan membersihkan daun yang sudah mati.

Meski tidak menyebabkan pohon maple mati, namun kehadiran bintik hitam pada pohon akan mengurangi kecantikan tampilan pohon maple dan bisa menyebabkan daun lebih cepat gugur.


2. Anthracnose

ciri ciri pohon maple anthrracnose
Sumber: ltkcdn.ne
Penyakit pohon maple ini memiliki banyak gejala, namun yang paling mudah dan sering terlihat adalah daun melengkunng di sekitar bercak coklat, rontoknya daun muda dan cabang pohon yang masih muda terlihat mati.

Ini disebabkan karena beberapa jenis jamur seperti Discula campestris, Aureobasidium apocrutum, Discula umbrinella dan juga Colletotrichum gleoesporioides. Ini paling sering terjadi pada akhir musim semi sampai awal musim panas.

Baca Juga :

Perawatan

Untuk mencegah penyakit ini, sebaiknya jaga supaya pohon tetap kering dan pangkas cabang cabang yang mulai terdampak kemudian cabut dan buang. Selain itu, bersihkan juga semua daun yang berjatuhan.

Selain itu, anda juga bisa menggunakan fungisida tergantung dari ukuran dan jumlah pohon maple yang terkena penyakit ini.

3. Jamur Sooty [Sooty Mold]

Penyakit pohon maple ini biasanya akan menyebabkan terbentuknya lapisan hitam atau bubuk yang disebabkan karena jamur atau sekresi tanaman dan serangga. Penyakit ini tidak hanya terjadi pada pohon maple namun juga pada pohon penghasil madu atau cairan manis lainnya.

Jamur Sooty atau sooty mold ini akan memakan madu lengket yang ditinggalkan kutu daun dan serangga. Namun, jamur ini tidak menyebabkan pohon mati dan masih mudah dalam urusan perawatannya.

Perawatan

Karena penyakit ini umumnya disebabkan karena serangga seperti lalat putih, kutu daun dan kutu putih, maka cara mengendalikannya dilakukan dengan mengatasi beberapa hewan tersebut. Anda bisa mengontrol populasinya dengan cara non kimia seperti memakai minyak neem.


4. Lumut

Masalah pohon maple selanjutnya adalah lumut yang dipengaruh karena berbagai faktor seperti suhu, ketinggian, komponen fotosintesis dan beberapa komponen lain. Ini disebabkan karena lichen yakni organisme komposit terdiri dari ganggang yang kemudian menciptakan filamen di antara pucuk jamur.

Ada beberapa jenis pohon maple yang rentan terkena masalah ini seperti pohon maple Jepang. Meski tidak merusak pohon, namun lumut juga bisa dijadikan pertanda jika ada masalah lain pada pohon maple seperti akar yang membusuk.


Perawatan

Anda bisa mengangkat lumut dari pohon maple tanpa harus merusak pohon. Selain itu, anda juga bisa memangkas daun atau cabang yang tertutupi dengan lumut.


5. Layu Verticillium

ciri ciri pohon maple layu verticilium
Sumber: utahpests.usu.edu
Gejala yang ditimbulkan dari penyakit ini adalah layu pada beberapa bagian pohon maple seperti anggota badan, satu sisi pohon atau bagian bawah dan luar tanaman. Selain layu, gejala lain yang bisa terlihat adalah daun yang menguning, kerontokan daun dan pertumbuhan yang lambat.

Ini disebabkan karena beberapa jenis jamur dari genus verticillium seperti V. Albo atrum, V. Dahliae, V. Nubilum, V. Theobromae dan juga V. Tricorpus. Beberapa jamur tersebut akan hidup di tanah dan masuk ke dalam pohon melewati akar pohon.


Perawatan

Penyakit ini disebarkan lewat tanah dan akan dikeluarkan ke udara pada saat menebang pohon oleh serangga yang merusak tanaman atau pohon. Untuk mengatasi penyakit ini, maka anda harus mengasapi tanah meski terkadang bisa sembuh dengan sendirinya. Selain itu, anda bisa menyiram atau menyeimbangkan nutrisi di dalam tanah.

Itulah tadi beberapa masalah dan penyakit umum yang biasa terjadi pada pohon maple. Jika anda ingin pohon maple yang anda miliki bisa tumbuh subur dan maksimal, maka sebaiknya anda bisa mengidentifikasi beberapa penyakit yang biasa dialami pohon maple dengan benar sehingga bisa cepat memperbaiki masalah tersebut.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk " Masalah dan Penyakit Umum yang Biasa Terjadi Pada Pohon Maple"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel