Artikel Pilihan

Cara Memangkas Pohon Maple Jepang yang Paling Benar

Pohon maple Jepang merupakan pohon yang hanya membutuhkan perawatan minim dengan bentuk dan warna daun yang sangat menarik. Sedangkan untuk memangkas pohon maple yang dilakukan sebanyak beberapa kali dalam satu tahun menjadi cara terbaik untuk memastikan kesehatan pohon maple tetap terjaga. Sebagai panduan, berikut adalah cara memangkas pohon maple Jepang yang paling benar untuk anda lakukan.

1. Gunakan Alat dan Waktu yang Tepat

ciri ciri pohon maple

Pangkas pohon maple Jepang pada musim panas atau dingin. Walau anda memangkas pohon hampir sepanjang tahun, namun waktu paling baik adalah ketika musim dingin atau musim panas. Pastikan anda menghindari memangkas pohon maple pada cuaca yang lebih panas dari 27 derajat celcius khususnya jika pohon maple memang ada di bawah terik matahari. Jika anda terlalu banyak memangkas daun, maka pohon maple semakin rentan dengan sinar matahari.

Pemangkasan ringan nantinya bisa dilakukan di semua titik kecuali saat musim semi sebab pohon maple sedang bergetah dalam jumlah banyak. Sebaiknya, cobalah memangkas pohon maple sebanyak dua kali setahun dan satu kali ketika musim panas.

Daun pohon maple biasanya berada dalam kondisi lemak ketika musim semi dan akan gugur ketika musim gugur. Untuk itu, usahakan supaya tidak memangkas pohon maple selama dua musim tersebut karena sedang rentan rusak. Selain itu, ada beberapa hal lain yang harus diperhatikan, seperti:
  • Jika pohon maple terkena penyakit atau rusak, maka tunggu hingga sehat sebelum dipangkas.
  • Usahakan jangan memangkas pohon maple yang belum 15 tahun jika memungkinkan.
  • Jangan memangkas lebih dari 1/3 bagian daun mapl.
  • Pakai gunting pemangkas serta loppers untuk membentuk pohon maple dan pastikan alat untuk memangkas sudah dibersihkan dan tajam untuk mengurangi risiko penyebaran penyakit.

2. Mulai Pangkas Pohon Maple

Untuk mulai memangkas pohon maple, maka lakukan dari bagian terbawah pohon maple dekat di tengah kemudian lanjutkan ke bagian luar. Pastikan anda memotong seluruh cabang yang tidak sehat atau sudah mati memakai gunting pemangkas.

Cabang pohon maple nantinya bisa tumbuh dengan baik ketika masih ada ruang untuk tumbuh. Supaya bagian pohon bisa dikurangi, maka pakai loppers atau gunting supaya cabang yang saling tumpang tindih bisa dihilangkan.

Tunas pohon seringkali akan menjadi cabang yang dominan di kemudian hari. Untuk itu, jika ada kuncup dengan cara tekan memakai jari anda ke arah yang diinginkan. Selain itu, anda juga dapat menghilangkan tunas memakai kuku.

Namun jika pohon maple ukurannya terlalu besar, maka hindari memotong bagian atas atau sisinya terlalu berlebih. Sebaiknya, sewa penata taman untuk melakukan proses transplantasi pohon maple Jepang di area yang punya ruang untuk tumbuh. Namun, jangan transplantasikan pohon maple yaang batangnya berdiameter lebih dari 2 inci kecuali jika memang masih mudah.

Baca Juga :

3. Memangkas Cabang Pohon Maple

ciri ciri pohon maple
Sumber: i.pinimg.com
Meski cabang pohon maple memang butuh perawatan ekstra, namun cara merawatnya tetap sama seperti merawat tunas pohon maple. Pangkaslah kayu mati serta cabang yang tumpang tindih dan arahkan semua kuncup ke arah yang anda inginkan.

Pisahkan lapisan cabang pohon maple yang terlihat memutar serta rumit. Pisahkan juga lapisan dengan cara memotong cabang yang tumbuh di bawah atau atas cabang utama pohon maple. Anda juga bisa menghilangkan cabang pohon maple yang melengkung di sudut untuk meningkatkan tampilan pohon maple.


4. Pangkas Sepanjang Tahun Namun Jangan Terlalu Banyak

ciri ciri pohon maple
Sumber: i.ytimg.com
Bonsai pohon maple Jepng memang bisa dipangkas kapan pun anda mau di sepanjang tahun. Namun, waktu pemulihan yang dibutuhkan pohon maple sesudah dipotong juga membutuhkan waktu. Jika memang tidak terlalu perlu untuk memangkas cabang yang sekarat atau sudah mati, maka sebaiknya kurangi pemangkasan hingga hanya satu kali dalam satu musim.

Periksa juga cabang utama dari pohon maple Jepang yang masih baru serta batasi masing masing pohon sampai 1 hingga 2 pasang daun saja. Segala jenis pertumbuhan juga harus dihindari supaya cabang bisa tetap seimbang serta sehat. Karena untuk bonsai pohon maple Jepang memiliki ukuran yang kecil, maka anda bisa mencubit daun dibandingkan memangkas sehingga tidak merusak pohon.

Selain itu, pohon maple yang masih muda termasuk juga bonsai akan sangat rentan pada penyakit sesudah dipangkas. Untuk itu, anda bisa mengoleskan pasta di seluruh tempat yang sudah anda pangkas atau potong. Ini nantinya akan membantu pohon maple untuk lebih cepat sembuh sekaligus melindungi luka di dahan maple dari serangan parasit yang bisa anda beli di pusat toko pembibitan tanaman atau toko kebun.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Cara Memangkas Pohon Maple Jepang yang Paling Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel