Artikel Pilihan

Tips Khusus Membuat Bonsai Kunci untuk Pemula

Ciri Ciri Tanaman Bonsai

Pembuatan Bonsai memang membutuhkan waktu yang lama. Anda harus tetap intensif dalam melakukan pemilihan, penanaman, dan juga perawatan. Banyak sekali tanaman yang bisa dijadikan miniatur Bonsai.Tanaman Bonsai Serut seringkali dijadikan Bonsai idaman karena bentuknya yang rindang, indah, dan kerdil.

Namun, ternyata ada Tanaman Bonsai Kunci yang juga dapat menarik perhatian banyak orang. Bonsai jenis ini biasanya banyak ditemukan di daerah Jepang. Jika Anda seorang pemula dalam pembuatan Bonsai maka bacalah tips khusus pembuatan miniatur kunci di bawah ini  :

Daya Tarik Bonsai Kunci Jepang

Ciri Ciri Tanaman Bonsai
Sumber: id.berita.yahoo
Bonsai Kunci Jepang memiliki karakteristik yang sangat berbeda dengan Tanaman Bonsai Serut. Daun dari tanaman Kunci ini dapat dikatakan sebagai bentuk daun lidi. Warnanya sangat beraneka ragam mulai dari hijau, hijau kekuningan, dan merah.




Bentuk hasil akhir Bonsai ini memang sesuai dengan kawat yang Anda berikan saat proses perkembangan. Akan tetapi, pada umumnya Tanaman Bonsai Kunci ini cenderung lurus meninggi ke arah atas. Harganya dapat dikatakan lumayan mahal mengingat cara pembuatan dan perawatan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Baca juga : Mau Beli Bonsai Beringin? Ini Daftar Harga Termahalnya

Tips Khusus Membuat Bonsai Kunci

Dalam membuat Bonsai di dalamnya pasti terdapat proses penanaman dan perawatan. Pembuatan Bonsai yang satu dengan yang lainnya memang tidak terpaut secara jauh. Beberapa teknik yang digunakan sama dan media yang dibutuhkan juga tidak berbeda. Berikut tips khusus untuk pembuatan Bonsai :

1. Penyesuaian Habitat Bonsai

Sebagian besar Tanaman Bonsai adalah tanaman yang hidup di area alam bebas. Hal ini sangat dibenarkan karena bentuk asli dari tanaman memiliki bentuk yang sangat tinggi dan memiliki umur yang sangat panjang.

Untuk itu, ketika Anda ingin membuat Bonsai jangan memaksakan tanaman tersebut untuk tahan ditempat yang baru. Sebagai pembuat Bonsai, Anda seharusnya juga dapat memperhatikan tempat mana yang akan dijadikan sebagai tempat hidup baru Bonsai.

Jika Anda memilih menggunakan pot maka pilihlah ukuran yang sesuai dengan tanaman bonsai yang akan ditanam. Dengan begitu, Bonsai tidak akan merasa terlalu kaget akan tempat barunya.

2. Pelatihan Bonsai

Tips khusus pembuatan Bonsai yang kedua adalah pelatihan. Teknik yang digunakan untuk Bonsai hampir sama semua baik itu untuk Tanaman Bonsai Serut maupun Kunci. Terdapat dua teknik besar dalam pembuatan Bonsai. Anda harus memangkasnya dan melakukan pemasangan kabel.

Kedua teknik ini dapat dikatakan sebagai bentuk jantung dalam pembuatan Bonsai. Hidup dan mati tumbuhan tergantung dari penerapan dua teknik ini. Jika Anda ingin mencobanya sendiri maka jangan melupakan syarat-syarat perawatan pada saat penanaman.

Baca juga : Anda Harus Tahu Pohon Bonsai Beringin Tertua di Dunia Ini

Namun, ketika Anda ingin berkolaborasi dengan pembuat Bonsai yang sudah ahli maka hal tersebut sangat baik untuk keberhasilan penanaman.

3. Penjagaan Perawatan Bonsai

Perawatan Tanaman Bonsai sebenarnya dapat dilakukan dengan sederhana saja. Menjemur, Menyiram, Memberikan Pupuk, dan Memberikan Obat. Untuk masalah penjemuran, Anda tidak diharuskan untuk meletakkan Bonsai di tempat yang bisa terpapar sinar matahari secara langsung.

Di sisi lain, Anda juga harus tetap memperhatikan kebutuhan Bonsai terhadap sinar matahari untuk proses fotosintesis. Pemberian Vitamin juga dapat Anda berikan untuk mempermudah tumbuh dan berkembangnya tunas baru. Dan yang terakhir adalah pemberian obat untuk menghindari dari hama yang berusaha menyerang tanaman Bonsai yang sedang dibuat.

4. Jangka Waktu Pembuatan Bonsai

Ada yang mengatakan jika siapa saja yang bisa membuat serta merawat Bonsai dengan baik layak disebut sebagai seniman. Pembuatan Bonsai memang memerlukan waktu yang lama. Tidak semua orang bisa melakukan penanaman sendiri dan merawatnya hingga menjadi Bonsai yang sangat cantik.

Beberapa orang memilih untuk membeli Tanaman Bonsai yang sudah jadi. Dalam penanaman Bonsai, Anda jangan pernah berhenti untuk melakukan pengecekan setiap harinya. Penyiraman dapat Anda lakukan sesuai dengan situasi dan cuaca dalam lingkungan Anda. Dengan begitu, Bonsai akan tumbuh dan mampu berkembang dengan baik.




Demikianlah penjelasan mengenai tips membuat Bonsai Kunci untuk pemula. Selamat mencoba!

Baca Juga :

Belum ada Komentar untuk "Tips Khusus Membuat Bonsai Kunci untuk Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel