Artikel Pilihan

Mengetahui Istilah Dalam Dunia Bonsai Penting Bagi Pecinta Bonsai Beringin

Hampir semua jenis bonsai memiliki penggemarnya, begitu juga dengan bonsai beringin. Alasan bonsai beringin Sangat disukai adalah karena mudah dirawat dan dapat dibentuk. Tanaman ini memang dapat hidup dengan berbagai keadaan. Kalau anda lupa menyiram air, tidak perlu khawatir. Tanaman yang satu ini pasti tahan tanpa diberi air seharian.

Ciri Ciri Pohon Bonsai Beringin

Bonsai beringin merupakan sebuah seni bonsai yang bakal bibitnya diambil dari pohon beringin. Tanaman bonsai memiliki sejarah yang panjang hingga kini selalu mengadakan festival secara rutin. Selama perkembangannya, bonsai sudah memiliki banyak sekali istilah yang akan hanya dimengerti oleh penggemar bonsai.

Istilah Penting untuk Pecinta Bonsai Beringin

Jenis-Jenis Bonsai

Sebuah museum bonsai di Saitama, Jepang menuturkan bahwa ada dua jenis bonsai, yaitu bonsai gugur dan bonsai rumput. Bonsai gugur memiliki istilah Bonsai Zoki sedangkan bonsai rumput disebut Bonsai Kusamono. Bonsai rumput atau Bonsai Kusamono adalah penyebutan bonsai yang bunganya tengah mekar. Bonsai beringin juga mengalami kedua siklus tersebut. Ada saatnya daun pada bonsai berguguran dan ada saatnya mekar.



Istilah Gaya Bonsai

Coba anda perhatikan bonsai beringin yang anda miliki, gaya apakah yang dimilikinya? Umumnya, bonsai memiliki 5 gaya, antara lain adalah:

- Rock Growing
Istilah ini disebutkan untuk bonsai yang memiliki gaya penuh dengan bebatuan. Untuk membuat gaya bonsai jadi seperti ini, membutuhkan teknik yang sangat tinggi agar akar bisa menembus bebatuan. Bonsai beringin merupakan salah satu tanaman yang bisa menerapkan gaya ini karena akarnya yang sangat kuat.

- Chokkan
Umumnya tanaman memiliki batang yang tegak lurus ke arah atas. Gaya seperti ini bisa dibilang gaya formal pada tanaman sehingga diberi nama Chokkan pada bonsai. Bonsai dengan gaya Chokkan akan memiliki batang yang lurus ke atas dengan ukuran diameter yang semakin mengecil saat mencapai puncaknya. Cabangnya juga tumbuh memenuhi batang bagian atas.
Ciri Ciri Pohon Bonsai Beringin
Sumber: i.pinimg.com

- Moyogi
Moyogi merupakan istilah untuk bonsai beringin dengan gaya yang berkelok-kelok. Untuk membentuk batang pohon seperti ini, anda harus menggunakan kawat untuk waktu yang lama. Karakteristik batangnya hampir sama seperti gaya Chokkan. Namun, dengan batang yang seperti huruf “S”.

- Kengai
Kalau bonsai beringin anda memiliki bentuk yang menggantung seperti air terjun, maka bonsai anda memiliki gaya Kengai. Tanaman dengan gaya ini terlihat seperti tertimpa batu. Gaya ini mencitrakan tanaman yang tumbuh di alam liar, terutama tumbuhan yang hidup di pinggir tebing. Anda harus menjaga membuat tanaman bisa seimbang dengan gaya ini.

- Bunjingi
Hampir sama seperti Chokkan, hanya sedikit lebih miring. Itulah gambaran gaya dengan istilah Bunjingi. Gaya ini menggambarkan bonsai beringin yang diterjang angin yang sangat kuat. Gayanya terlihat sederhana. Namun, lumayan sulit untuk dibentuk. Batang utamanya akan terlihat kasar dan bengkok. Cabang serta daunnya juga tidak terlalu banyak.

- Yose-ue
Yose-ue merupakan istilah untuk bonsai yang memiliki batang yang tinggi dengan cabang yang rapi di setiap batangnya, kecuali bagian puncaknya. Gaya Yose-ue menggambarkan tanaman yang tumbuh di hutan. Gaya ini sangat cocok digunakan untuk bonsai beringin karena gaya ini mengharuskan tanaman memiliki batang yang kuat dan besar.

Istilah Lainnya untuk Bonsai Beringin

Selain penyebutan istilah gaya dan jenisnya, pecinta bonsai juga memiliki istilah lain diluar teknik. Kalau kamu pecinta bonsai beringin, kamu harus tahu istilahnya agar tidak asing saat mendengar istilah tersebut.



Omiya merupakan sebuah nama kota dan desa yang berada di Jepang sebagai pusat bonsai. Banyak sekali bonsai beringin indah yang ada disana. Istilah Omiya selalu dikenal oleh orang-orang yang mendalami seni bonsai. Ada sebuah nama museum yang memakai penyebutan Omiya, yaitu Omiya Bonsai Museum.

Istilah WBC atau World Bonsai Convention juga istilah yang tidak oleh asing di telinga anda. Istilah itu merujuk pada festival bonsai untuk seluruh dunia yang diadakan setiap tahunnya. Festival ini sudah mulai dilaksanakan sejak tahun 1989.

Mengetahui istilah bonsai memang tidak terlalu berpengaruh terhadap teknik anda dalam merawat bonsai beringin. Namun, istilah ini akan semakin membuat anda diakui sebagai pemilik bonsai berpengalaman.

Belum ada Komentar untuk "Mengetahui Istilah Dalam Dunia Bonsai Penting Bagi Pecinta Bonsai Beringin"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel