Artikel Pilihan

Tips Agar Aglonema Tumbuh dengan Baik

ciri ciri pohon aglonema

Aglonema merupakan tanaman hias yang memiliki nama lokal Sri Rejeki. Tanaman ini juga disebut sebagai Chinese Evergreen dan menjadi salah satu tanaman hias terfavorit. Daya tarik tanaman hias Aglonema terletak pada daunnya yang memiliki perpaduan warna yang indah. Warna daun tanaman ini juga bervariasi terhadap spesies tanaman Aglonema yang anda miliki.

Selain itu, keindahan lain dari tanaman hias Aglonema tampak pada bentuk daunnya yang juga bervariasi. Namun tahukah anda mengapa tanaman ini disebut Sri Rejeki? Berdasarkan apa yang diyakini oleh beberapa masyarakat, ketika Aglonema tanaman ini tumbuh daun, menandakan rezeki anda juga semakin tumbuh. Kepercayaan inilah yang kemudian membuat tanaman Aglonema dinamakan sebagai Sri Rejeki dan sampai sekarang pun masih dipercaya sebagai salah satu tanaman yang membawa keberuntungan.

Aglonema mudah anda dapatkan di Indonesia dan ada beberapa orang yang membudidayakannya. Namun sebenarnya Aglonema juga bisa anda temukan di negara lain seperti Laos, Myanmar, Brunai Darussalam, Thailand, Malaysia, Vietnam, dan negara-negara lainnya.

Jenis Tanaman Hias Aglonema

ciri ciri pohon aglonema
Sumber: rimbakita.com
Jika biasanya kami menjelaskan kepada anda tentang jenis tanaman hias Aglonema berdasarkan spesiesnya, maka kali ini kami akan memberikan informasi tentang jenis tanaman tersebut dengan pengelompokan yang berbeda. Secara umum, Aglonema terbagi menjadi dua, yakni Aglonema alam dan Aglonema silangan.

Untuk selengkapnya silahkan simak penjelasan di bawah ini:


1. Aglonema alam atau spesies

Tanaman ini merupakan tanaman hias Aglonema asli dan bukan berasal dari hasil persilangan. Ciri khas yang melekat pada jenis tanaman yang satu ini adalah daunnya yang berwarna hijau yang menjadi warna dominan. Selain itu, ciri lain dari Aglonema alam adalah warna hijau yang dipadukan dengan warna putih. Namun ada spesies yang berbeda yakni Aglonema rotundum dimana daunnya berwarna kemerahan dengan bentuk daun bulat telur. Berdasarkan informasi dari pecinta tanaman hias, Aglonema rotundum kualitas terbaik dapat anda temukan di Pulau Sumatera, khususnya di Aceh. Sementara untuk spesies Aglonema antara lain: Aglonema commutatum, Aglonema costatum, Aglonema nitidum, dan masih banyak yang lainnya.

Baca Juga :

2. Aglonema Silangan

cir ciri pohon aglonema
Sumber: rimbakita.com
Aglonema silangan atau yang juga dinamakan Aglonema hibrida merupakan tanaman hias Aglonema yang berasal dari persilangan dari beberapa spesies Aglonema. Karena berasal dari persilangan, maka tidak mengherankan jika tanaman hias yang satu ini mempunyai tampilan yang lebih cantik dan mengagumkan.

Daunnya bisa berupa perpaduan warna mera cerah, oranye, kuning, dan beberapa warna lain. Jika Aglonema persilangan tersebut merupakan hasil penyilangan dari Indonesia, maka disebut Aglonema Hibrida Lokal. Beberapa contohnya seperti Aglonema Pride of Sumatera, Aglonema Adelia, Aglonema Donna Carmen.

Adapun contoh Aglonema yang berasal dari persilangan impor, misalnya Aglonema Super Red, Aglonema Lady Valentine, Aglonema Butterfy, dan lain-lain. Kedua jenis persilangan ini masing-masing memiliki keindahannya tersendiri. Anda bisa menentukan, apakah ingin tanaman hias Aglonema dari persilangan lokal atau impor.

Syarat Tumbuh Hias Aglonema

  • Faktor ketinggian: ketinggian yang sesuai untuk Aglonema kurang lebih 300 sampai 400 m di atas permukaan laut. Perlu anda ingat bahwa faktor ketinggian ini yang nanti dapat berpengaruh terhadap seberapa cepat tanaman tersebut tumbuh.
  • Suhu: untuk kondisi suhu ideal yang membuat tanaman Aglonema dapat tumbuh subur adalah ketika anda berada di dataran sedang. Tanaman ini juga bisa tumbuh dengan baik pada dataran rendah. Jadi, sebelum anda menanam Aglonema, pastikan anda berada di daerah mana.
  • Kelembapan: ternyata faktor kelembapan juga menjadi salah satu syarat agar tanaman hias Aglonema dapat tumbuh dengan baik. Pastikan agar Aglonema tetap dalam kondisi segar. Untuk tingkat kelembapan yang diperlukan sekitar 50 sampai 70%.
  • Cahaya: jika anda berada di daerah dataran sedang, maka anda harus menggunakan shading net sekitar 75% agar nanti cahaya yang bisa masuk sebesar 25%. Kemudian untuk dataran rendah, shading net yang dibutuhkan 80 sampai 85%, dimana nanti cahaya yang bisa masuk sekitar 15 sampai 20%.

Demikian penjelasan tentang jenis dan syarat agar tanaman hias Aglonema dapat tumbuh dengan baik. Syarat lain yang juga harus anda perhatikan adalah media tanam dan penggunaan pupuk juga harus sesuai dengan tanaman hias anda.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Tips Agar Aglonema Tumbuh dengan Baik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel