Artikel Pilihan

Terbukti! Inilah Trik Membuat Bonsai Menjadi Juara

Ciri Ciri Tanaman Bonsai

Tanaman Bonsai adalah jenis tanaman baru yang dihasilkan dengan sebuah teknik dan tahapan untuk menjadikan tanaman tersebut menjadi kerdil. Alasan Pembonsai untuk melakukan ini adalah membuat hiasan melalui tanaman asli atau tanaman hidup.

Namun, seringkali pembuat Bonsai merasa sangat dirugikan karena hasil yang diterima tidak dapat maksimal. Maka dari itu, artikel kali ini akan dibahas mengenai trik yang sudah terbukti untuk membuat Bonsai sehingga hasil menjadi juara.

Baca juga : Mengetahui Istilah Dalam Dunia Bonsai Penting Bagi Pecinta Bonsai Beringin

1. Mengontrol Pemilihan Benih

Untuk menjadikan Bonsai menjadi juara, pemilihan benih harus Anda pilih dengan benar. Benih merupakan cikal bakal dari Tanaman Bonsai yang Anda impi-impikan. Jika mulai dari awal benih tersebut jelek maka tentu saja hasil dari Tanaman Bonsai juga tidak bisa tumbuh maksimal.Untuk itu, dalam pemilihan benih Anda harus dilakukan dengan fokus.




2. Mengontrol Pemangkasan

Dalam pembuatan Bonsai, Anda harus selalu memperhatikan ukuran batang dan daun yang telah tumbuh. Jika dirasa tidak sesuai atau keluar dari cetakan kawat yang sudah diberikan Anda bisa memangkasnya berkali-kali.

Ada yang mengatakan jika memangkas Bonsai sedikit demi sedikit akan membuat tanaman tersebut lebih subur lagi. Dalam pemangkasan, gunakan gunting yang memang digunakan untuk memangkas Bonsai. Ini ditujukan agar proses pemangkasan cepat selesai dan tidak akan menyakiti tanaman Bonsai.

3. Mengontrol Pencahayaan

Jika dicontohkan seperti Tanaman Bonsai Serut memang membutuhkan kontrol pencahayaan yang sesuai. Tempatkan Bonsai ini agar mendapatkan cahaya matahari untuk proses berfotosintesis.

Namun, di sisi lain jangan letakkan Bonsai di tempat yang terkena cahaya matahari secara langsung. Hal ini akan membuat Bonsai stress dan mengering. Ciri-ciri dari Tanaman yang tidak sehat biasanya akan memberikan tampilan yang kurang menarik.

Baca juga : Melihat Museum Bonsai Beringin Terkenal di Jepang

Seperti contoh pada Bonsai Serut biasanya akan menggugurkan daunnya ketika mereka merasa kekurangan air. Pengguguran daun ini bertujuan untuk meminimalisir tingkat penguapan dalam diri tanaman itu sendiri. Oleh karena itu, Anda harus benar-benar mengetahui tingkat kebutuhan Tanaman Bonsai.

4. Mengontrol Kelembaban

Setiap jenis Tanaman Bonsai memang berbeda-beda. Ada yang hidup di daerah tropis dan juga subtropis. Ketika Tanaman itu sedang berada pada lingkungan yang panas maka lakukan penyemprotan pada bagian daun. Hal ini dapat membuat tanaman sedikit lembab dan terhindar dari kekeringan. Anda juga bisa menempatkan seluruh pot Tanaman Bonsai pada wadah yang terdapat kerikil disertai rendaman kerikil.

5. Mengontrol Suhu dan Iklim

Dapat dikatakan jika rata-rata tanaman Bonsai dapat hidup di daerah bersuhu ringan. Mereka cenderung tumbuh subur dalam suhu ringan tersebut. Anda juga bisa dengan mudah mengontrol agar pot tanaman dipindahkan ke dalam ruangan dimana ukuran suhunya dapat terkontrol. Banyak orang menempatkan Tanaman ini didalam rumah. Dengan cara tersebut, Anda dapat mengendalikan sifat Bonsai yang tempramental.

6. Memperhatikan Waktu Penyiraman

Proses yang terakhir adalah penyiraman. Untuk Tanaman Bonsai, penyiraman harus disesuaikan dengan iklim dan cuaca pada saat itu. Jangan menyiramkan air terlalu banyak ataupun sedikit ke dalam tanaman Bonsai. Lakukan penyiraman yang sesuai dengan rekomendasi para ahli Bonsai.

Penggunaan pupuk tanaman juga dapat mengontrol perkembangan Bonsai yang Anda tanam. Pemilihan merek pada pupuk dapat Anda konsultasikan langsung kepada toko pertanian atau perkebunan terdekat. Seperti contoh Tanaman Bonsai Serut, maka Anda bisa menyesuaikan pupuk dan obat anti hama yang sesuai dengan tanaman tersebut.

Kesenangan yang Akan Diperoleh Ketika Berhasil Menanam Bonsai Juara

Ciri Ciri Tanaman Bonsai
Sumber: indonesiabangkitnet.com






Banyak sekali kesenangan dan dampak positif yang dibawa oleh Bonsai ketika sudah benar-benar jadi. Anda akan merasakan sensasi kepuasan tersendiri ketika melihat Tanaman Bonsai yang Anda tanam.

Jika Anda adalah seorang pecinta tanaman, Anda bisa menceritakan perjuangan ketika menanam Bonsai ke teman-teman sesama pecinta Bonsai. Tanaman Bonsai ini juga dapat Anda gunakan investasi di masa depan. Hal ini dikarenakan mengingat harga Tanaman Bonsai rata-rata memiliki harga jual yang tinggi.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai trik membuat Bonsai Juara. Mungkin salah satu trik yang sudah dijelaskan di atas seringkali diremehkan. Dengan alasan sebab-sebab kecil tersebut bisa menjadikan hasil Tanaman Bonsai kurang maksimal. Untuk itu, ikuti dan maksimalkan kegiatan tahapan dan trik di atas untuk mendapatkan hasil Bonsai yang juara.

Baca Juga :

Belum ada Komentar untuk "Terbukti! Inilah Trik Membuat Bonsai Menjadi Juara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel