Artikel Pilihan

Khasiat Minyak Zaitun untuk Bayi

ciri ciri pohon minyak zaitun

Minyak zaitun atau sering disebut sebagai olive oil, merupakan salah satu produk alami yang memiliki banyak khasiat. Selama ini telah diketahui berbagai manfaat yang bisa didapat dengan menggunakan minyal zaitun. Seperti menghaluskan kulit, menurunkan berat badan, mengurangi tingkat kolesterol hingga menjaga kesehatan rambut.

Berbagai manfaat tersebut lebih diperuntukkan orang dewasa. Ternyata minyak zaitun juga baik untuk kesehatan bayi. Berikut ini beberapa khasiat minyak zaitun untuk bayi.


1. Mengatasi masalah sembelit

Sembelit aatau juga bisa disebut konstipasi merupakan kondisi di mana seseorang sulit untuk buang air besar. Normalnya seseorang harus buang air besar sebanyak minimal tiga kali dalam seminggu. Bagi orang dewasa saja, sembelit merupakan situasi yang tidak nyaman.

Apalagi pada bayi. Cara mengatasi sembelit ini yaitu dengan mengusapkan minyak zaitun ke bagian perut bayi. Gunakan arah melingkar searah jarum jam selama 1 hingga 3 menit. Rasa hangat yang ditimbulkan dari minyak tidak akan membuat bayi merasa terlalu panas. Minyak ini akan membantu keluarnya gas dari perut bayi.

2. Meredakan batuk

Kondisi bayi yang terus menerus batuk tentu membuat bayi dan orang tua merasa tidak nyaman. Penggunaan obat kadangkala masih menimbulkan keraguan karena di usia bayi seperti ini seharusnya tubuh bayi berusaha membuat imunitas sendiri.
ciri ciri pohon minyak zaitun
Sumber: babycenter.in
Minyak zaitun bisa menjadi cara alternatif untuk menurunkan batuk. Caranya yaitu dengan mencampurkan empat sendok teh minyak zaitun dengan 3 tetes ekstrak daun mint atau minyak rosemary. Oleskan di bagian dada dan punggung bayi sebelum tidur.

3. Menghilangkan ruam

Penggunaan popok dalam jangka waktu yang lama, biasanya menimbulkan ruam pada bagian selangkangan. Kondisi ini bisa dihilangkan dengan menggunakan campuran dua sendok makan minyak zaitun dengan satu sendok makan air. Oleskan pada ruam secara perlahan.


4. Nutrisi pada makanan

ciri ciri pohon minyak zaitun
Sumber: mooimom.id
Bayi yang sudah masuk usia makan dengan MPASI, membutuhkan nutrisi yang tepat untuk tubuhnya. Dengan menggunakan minyak zaitun bisa memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut pada tubuh bayi. Di dalam minyak zaitun ini tidak terdapat lemak jenuh, sehingga baik agar bayi tidak obesitas.

Baca Juga :

Tambahan minyak zaitun pada makanan juga dapat melancarkan pencernaan. Berikan tambahan sebanyak seperempat sendok the minyak zaitun ke dalam dua ons makanan bayi. Jika lebih dari itu, bayi bisa mengalami diare.


5. Membersihkan kulit kepala

Pada kulit kepala bayi seringkali muncul ketombe kering. Ada kalanya ketika orangtua takut membersihkan ketombe tersebut karena dikhawatirkan akan melukai bayi. Penggunaan minyak zaitun dapat menghilangkan ketombe tersebut. Cairan minyak zaitun tidak berbahaya untuk kulit kepala bayi. Selain itu juga mampu menambah kekuatan pada rambut bayi yang tumbuh.
ciri ciri pohon minyak zaitun
Sumber: babycenter.com
Cara memberikan minyak zaitun ini yaitu dengan mengoleskan minyak pada kepala. Pijat-pijat sedikit secara lembut dan merata di seluruh bagian kepala. Diamkan selama 20 menit atau semalaman jika rambut tebal.


6. Minyak untuk pijat

Minyak zaitun juga bisa dugunakan untuk memijat tubuh bayi. Tubuh bayi yang masih lunak dan seringkali sensitive terhadap bahan kimia, bisa menggunakan minyak zaitun. Dengan melakukan pijatan pada tubuh bayi mampu meningkatkan kualitas tidur dan pertumbuhan. Campurkan minyak zaitun dan air dengan komposisi seperempat bagian.


7. Pelembab tubuh alami

Minyak zaitun memiliki tekstur yang lembut dan baik untuk kesehatan kulit. Sudah terbukti bahwa minyak zaitun mampu menghaluskan kulit. Pada bayi, minyak zaitun juga bisa menjaga kesehatan kulit.

Bila pada musim penghujan sering muncul sisik pada kulit bayi, minyak zaitun bisa mengatasi hal tersebut. Suhu musim penghujan yang cenderung lebih rendah mengakibatkan kulit bersisik bahkan terkadang bisa sampai terkelupas. Minyak zaitun mampu melembabkan bayi serta menghangatkan tubuh bayi.

Demikian tadi beberapa khasiat yang bisa didapatkan dari minyak zaitun. Minyak zaitun juga bisa memberikan manfaat bagi kesehatan bayi. Bayi yang masih rentan terhadap lingkungan sekitar, tidak baik jika harus sering terpapar zat kimia. Gunakan cairan yang alami, salah satunya seperti minyak zaitun.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Khasiat Minyak Zaitun untuk Bayi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel