Artikel Pilihan

Jenis Tanaman-Tanaman yang Dapat Dijadikan Bonsai

Ciri Ciri Tanaman Bonsai

Tanaman Bonsai merupakan pohon atau tanaman yang sengaja dikerdilkan dan ditanam di dalam pot. Tanaman yang di Bonsai bertujuan untuk membuat miniatur atau versi kecil dari tumbuhan asli yang ukurannya sangat besar. Untuk membuat Tanaman Bonsai membutuhkan teknik berupa memotong dan memangkas serta memperhatikan penyebaran akar disekitar batu pada sebuah pot.

Ternyata, selain tanaman Bonsai Serut banyak sekali tanaman-tanaman di Indonesia yang bisa dijadikan Bonsai. Pada artikel dibawah ini akan dibahas mengenai jenis tanaman di Indonesia yang bisa dijadikan Bonsai

Kategori Tanaman yang Cocok Untuk Bonsai

Jika dibahas secara umum, kategori tanaman yang cocok digunakan untuk bonsai dapat diklasifikasikan menjadi 5 kategori. Berikut uraiannya :

1. Termasuk Tanaman Dikotil

Tanaman Dikotil merupakan tanamam yang memiliki keping dua. Tanaman jenis ini dianggap lebih kuat daripada tanaman monokotil. Selain itu, tanaman dikotil juga memiliki banyak versi jenis marga yang sangat cocok digunakan untuk dijadikan Bonsai. Namun, tidak menutup kemungkinan juga jika tanaman monokotil juga bisa Dibonsai dengan pilihan tanaman yang khusus seperti bambu dan gading.




Baca juga : Jenis-Jenis Pohon Yang Bisa Di Bonsai dan Contohnya

2. Mampu Bertahan Hidup di Segala Kondisi

Ketika Anda ingin membuat Bonsai tanaman, maka lihatlah apakah tanaman tersebut adalah tanaman yang manja atau tidak. Syarat tanaman yang bisa dibonsai haruslah kuat dengan segala kondisi. Seperti contoh tanaman harus tahan dengan wadah yang terbatas dan juga berukuran kecil. Oleh karena itu tanaman Bonsai Serut seringkali dijadikan pilihan terbaik untuk pembuatan Bonsai.

3. Mempunyai Jangka Umur Panjang

Anda harus mengetahui jika Bonsai adalah salah satu teknik desain tumbuhan yang membutuhkan waktu lama untuk tumbuh. Dapat dikatakan jika penanaman Bonsai adalah sebuah seni yang akan terus tumbuh dan lama untuk berakhir. Untuk itu, dalam pembuatan Bonsai harus memilih jenis tanaman yang memiliki jangka umur yang panjang.

4. Memiliki Bentuk yang Indah

Semua tanaman memang memiliki bentuk yang indah secara alami. Namun, dalam pembuatan Bonsai harus benar-benar memilih dan memilah tanaman mana yang cocok dan sesuai. Hal ini dikarenakan tujuan dari Bonsai adalah membentuk miniatur tanaman yang memiliki nilai seni. Oleh karena itu, pilihlah tanaman yang indah baik itu dari segi daun, btang, buah, bahkan bunga.

5. Mudah Dibentuk

Beberapa training dalam pembuatan Bonsai tanaman memang dapat disebut sebagai pemaksaan dalam pembentukan tanaman. Tanaman Bonsai Serut merupakan salah satu contoh tanaman yang mudah dibentuk pertumbuhannya.
Tanaman yang tidak kuat akan pembentukan Bonsai tentu saja akan kering dan mati.

Karena pada dasarnya, pemilihan pembentukan Bonsai tanaman harus memperhatikan tanaman yang kuat akan teknik pemahatan, teknik pengawatan, dan juga teknik pemangkasan.

Contoh Tanaman yang Cocok Dibonsai

Banyak sekali tanaman di Indonesia yang dapat digunakan untuk Bonsai. Berikut adalah daftar tanaman tersebut

Baca juga : Anda Suka Bonsai Beringin? Kenali 6 Seniman Bonsai Ini

1. Murbei

Sumber: bacaterus.com
Murbei merupakan tumbuhan yang memiliki bentuk daun tunggal berbentuk seperti telur. Tanaman ini dapat ditanam diberbagai jenis tanah. Namun, yang harus diperhatikan adalah tanah yang digunakan untuk menanam usahakan tidak tergenang oleh air.

Adapun beberapa teknik cara untuk membuat Bonsai Murbei. Tahap awal, Anda harus melakukan persemaian dan untuk mendapatkan hasil maksimal hal ini bisa dilakukan dengan cara stek. Kemudian, pilihlah batang yang memiliki panjang sekitar 20 hingga 25 cm. Lakukan stek dan tunggu hingga berumur satu tahun. Dan teknik yang terakhir adalah tahap persemaian pada polybag.

2. Jambu Biji

Tanaman Bonsai Serut memang dapat dikatakan sebagai hasil Bonsai yang sangat terkenal. Namun tahukah Anda jika Jambu juga bisa digunakan sebagai tanaman hias Bonsai? Jambu yang biasanya digunakan untuk Bonsai adalah jenis Jambu Klutuk dan Jambu Biji.

Cara penanamannya hampir sama dengan tanaman bosai yang lainnya. Sebagai rekomendasi, jika Anda menginginkan hasil tanaman Bonsai Jambu yang berbuah lebat maka berilah pupuk pada tanaman tersebut. Anda bisa menggunakan pupuk kandang, NPK, PPC, dan lain sebagainya.




Itulah penjelasan mengenai jenis tanaman-tanaman yang dapat dibonsai. Sudah dijelaskan bahwa untuk membuat tanaman Bonsai adalah kegiatan yang mudah namun memerlukan perhatian khusus.

Tanaman dikotil menjadi pilihan jenis tanaman yang bagus untuk dijadikan tanaman Bonsai. Terdapat juga contoh tanaman seperti Murbei dan Jambu Biji yang sangat bagus dan direkomendasikan dalam pembuatan tanaman Bonsai. Ketika melakukan penanaman, perhatikan tahap demi tahap secara maksimal supaya mendapatkan hasil yang terbaik pula.

Baca Juga :

Belum ada Komentar untuk "Jenis Tanaman-Tanaman yang Dapat Dijadikan Bonsai"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel