Artikel Pilihan

Tak Hanya Enak Dikonsumsi, Banyak Manfaat Biji Pohon Ketapang Bagi Kesehatan

Pernah mendengar pohon ketapang? Jenis pohon ini cukup familiar di Indonesia. Mulai dari di trotoar jalan hingga pekarangan rumah. Pohon ketapang ini sering dijadikan sebagai pohon peneduh yang membuat area di sekitarnya menjadi rindang.

Mengingat pohonnya yang besar dan melebar serta daunnya yang rimbun membuat sinar matahari yang terik jadi terhalang. Namun di luar manfaatnya tersebut, masih banyak manfaat lainnya dari pohon ketapang. Mulai dari daun, kulit batang, akar, hingga biji ketapang memiliki manfaat bagi kesehatan.

Dan pada artikel kali ini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai manfaat biji pohon ketapang yang baik bagi kesehatan.




Kandungan Nutrisi Di Dalam Biji Pohon Ketapang

Ciri Ciri Pohon Ketapang

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, biji ketapang memiliki manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan. Hal ini karena banyaknya kandungan nutrisi di dalam biji pohon ketapang. Hal ini pernah ditunjukkan pada penelitian yang dilakukan Ezeonkonkwo dan Dodson di tahun 2004 yang meneliti kandungan nutrisi kandungan di biji ketapang.

Dimana di dalamnya memiliki kandungan protein yang cukup tinggi 25.81% serta asam amino seperti fenilalanin, leusin, histidin, isoleusin, triptofan, treonin, valin, lisin, tirosin, dan metionin. Inti dalam biji ketapang yang telah dikeringkan dan diolah menjadi minyak mengandung banyak nutrisi seperti asam oleat 33%, asam palmitat 55%, asam stearat, asam linoleat, dan asam miristat.

Baca juga : Apakah Perbedaan Pohon Ketapang Kencana dan Lainnya?

Manfaat Biji Ketapang Untuk Kesehatan

1. Alternatif Menurunkan Kolesterol

Ciri Ciri Pohon Ketapang
Sumber: milenials.id
Salah satu khasiat biji pohon ketapang yang paling sering dimanfaatkan adalah kemampuannya yang dapat menurunkan kolesterol. Kandungan vitamin E nya yang cukup kaya sangat membantu menurunkan zat protein C-reaktif. Zat C-Kreatif yang cukup tinggi di dalam tubuh memiliki potensi yang dapat menyebabkan pembengkakan arteri yang ada di dalam tubuh.

Dan jika tidak segera diatasi bisa menyebabkan resiko serangan jantung semakin meningkat. Sehingga dengan mengkonsumsi biji ketapang dan dilengkapi diet ringan, akan sangat membantu menurunkan kadar kolesterol didalam darah.

2. Menurunkan resiko Serangan Jantung

Sama halnya dapat menurunkan resiko kolesterol, biji ketapang juga bisa digunakan untuk menurunkan resiko serangan jantung. Dengan menurunkan kadar kolesterol akibat vitamin E yang dapat menekan jumlah protein C-reaktif, maka secara otomatis menurunkan kadar kolesterol ini juga akan berdampak dengan penurunan resiko serangan jantung.

3. Meningkatkan Produksi Kelenjar Susu

Kabar baik bagi ibu menyusui yang mengalami permasalahan dalam produksi ASI, bisa menjadikan biji ketapang sebagai salah satu solusi alternatif dalam meningkatkan produksi kelenjar susu untuk memenuhi kebutuhan sang bayi. Dalam sebuah buku medis dengan judul “Obat Asli Indonesia” karya Dr. A Seno Sastroamidjojo yang diproduksi pada tahun 1967 menjelaskan inti biji ketapang yang berkhasiat untuk menggiatkan fungsi kelenjar susu. Jadi bagi ibu menyusui yang mengalami masalah serupa, bisa mencoba mengkonsumsi biji ketapang secara rutin.

Baca juga : Selain Outdoor, Pohon Ketapang Indoor dan Bonsai Kini Banyak Dibudidayakan

4. Mencegah Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi)

Hipertensi atau tekanan darah yang tinggi nyatanya bisa ditangani dengan menggunakan bahan alami seperti biji ketapang. Mengkonsumsi ini secara rutin akan membantu melebarkan pembuluh darah yang membuat aliran darah di dalam tubuh juga menjadi lancar.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Ciri Ciri Biji Pohon Ketapang
Sumber: fabusoul.com
Kandungan asam lemak yang terdapat dalam biji ketapang bisa membuat rasa kenyang lebih bertahan lama. Asam lemak ini juga akan disimpan sebagai cadangan makanan di dalam tubuh yang sangat berguna saat tubuh membutuhkan.

Karena itulah tubuh bisa jarang merasa lapar serta cepat merasa kenyang. Jadi, bagi anda yang sedang menjalankan program diet maka akan sangat wajib mencoba biji ketapang sebagai camilan sehari hari yang pastinya mengenyangkan.

6. Mengobati Ejakulasi Dini


Bagi pria yang telah menikah, mengalami kondisi ejakulasi dini tentunya menjadi momok yang sangat menakutkan. Namun tak perlu khawatir, anda bisa menggunakan biji ketapang sebagai obat alternatif.




Kandungan di dalamnya bukan hanya dapat merangsang daya seksualitas saja namun juga menurunkan resiko ejakulasi dini. Dibandingkan mengkonsumsi obat-obatan kimia untuk mengobati ejakulasi dini, maka biji ketapang bisa menjadi solusi terbaik.

Nah itu tadi beberapa manfaat biji pohon ketapang bagi kesehatan dan membantu mengobati berbagai penyakit. Tentunya ini harus diolah dengan benar sehingga anda bisa merasakan manfaatnya secara maksimal.

Baca Juga :

Belum ada Komentar untuk "Tak Hanya Enak Dikonsumsi, Banyak Manfaat Biji Pohon Ketapang Bagi Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel