Artikel Pilihan

Jenis dan Manfaat Pupuk NPK 15-15-15 yang Wajib Diketahui

Ciri Ciri Pohon Jenis Pupuk NPK

Salah satu faktor penting dalam tanaman adalah nutrisi. Untuk bisa tumbuh dan berkembang, tanaman membutuhkan nutrisi yang bisa ditemukan dalam pupuk. Salah satu jenis pupuk yang terkenal adalah pupuk NPK.

Pupuk majemuk ini banyak dipakai karena mengandung nutrisi yang sangat lengkap. Tak hanya itu, jenisnya juga beragam dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan seseorang. Salah satu jenis yang terkenal adalah pupuk NPK 15-15-15. Yuk kenali lebih dalam mengenai jenis pupuk ini.

Mengenal Pupuk NPK

Sesuai namanya, pupuk ini mengandung tiga unsur yaitu Nitrogen, Phospat dan juga Kalium. Pastinya ketiga unsur ini sangat berguna untuk tumbuh kembang tanaman. Bahan baku dari pupuk ini antara lain urea, KCI dan juga rock phosphate.



Salah satu keunggulan dari pupuk ini adalah fleksibilitas manfaatnya. Jadi satu pupuk bisa fleksibel dipakai untuk banyak tanaman sehingga biaya produksi menjadi murah. Selain itu, pupuk satu ini juga mudah larut dalam air sehingga mudah diserap oleh tanaman.

Tak hanya itu saja, pupuk ini juga memang cocok untuk tanaman tropis. Berbagai jenis tanaman bisa tumbuh subur dengan bantuan pupuk NPK. Manfaatnya mulai dari meningkatkan kualitas produksi buah hingga menyuburkan daun.

Kini pemerintah menjadikan pupuk NPK sebagai pupuk bersubsidi. Maka kita akan melihat pupuk NPK yang berwarna merah muda. Awalnya pupuk ini berwarna abu-abu tapi untuk membedakan dengan pupuk subsidi maka warnanya sengaja diubah. Perubahan warna ini tidak mengubah komposisi serta kandungannya.

Warna merah muda yang dipakai juga tetap aman digunakan, tidak merusak lingkungan serta tidak membuat tanaman keracunan. Bahan pewarnanya yang berwarna merah dibuat dari kimia organik sehingga tak berbahaya bagi tanaman. Pewarna tersebut biasanya akan larut di dalam air.

Jenis Pupuk NPK 15-15-15

Pupuk NPK sendiri memiliki banyak varian yang berbeda sesuai dengan kandungan di dalamnya. Salah satu yang cukup terkenal adalah pupuk NPK 15-15-15. Kandungan yang tepat menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang yang memakai jenis pupuk ini. Di dalamnya juga banyak model pupuk yang bisa kamu pilih sesuai dengan manfaatnya.

Jenis pertama adalah NPK Phonska 15-15-15. Jenis pupuk ini mengandung 15% nitrogen. Sementara untuk kandungan phospate di dalamnya sebanyak 19%. Uniknya pupuk jenis ini memiliki kandungan nitrogen sekitar 15%.

Produk pupuk satu ini secara fisik memiliki bentuk granul yang berwarna merah bata. Ukuran granulnya sekitar 1-4 milimeter. Namun, jenis pupuk ini tidak bisa dibeli sembarangan karena termasuk jenis pupuk yang disubsidi oleh pemerintah. Petani yang ingin mendapatkannya harus bergabung menjadi organisasi tani setempat.
Ciri Ciri Pohon Jenis Pupuk NPK
Sumber: paktanidigital.com
Jenis berikutnya adalah NPK Basf 15-15-15. Banyak yang menyebut pupuk ini sebagai Nitrophoska. Kandungan di dalamnya terdapat unsur nitrogen sebanyak 15%. Selain itu untuk kandungan phospate sebanyak 15% dan kalium dengan jumlah yang sama.

Ada nutrisi tambahan yang terkandung dalam pupuk ini yaitu kalsium kira-kira sebanyak 6% dan juga magnesium sekitar 0,5%. Pupuk ini termasuk unggulan karena merupakan pupuk impor dari Jerman.

Bentuknya sama seperti pupuk NPK pada umumnya yaitu butiran granul yang bisa larut dalam air dengan mudah. Dengan begitu tanaman bisa lebih cepat dalam menyerap unsur hara dari pupuk tersebut.

Jenis berikutnya adalah Phonska Plus 15-15-15. Jika dilihat dari unsur mikronya, unsur hara dalam pupuk ini bisa dibilang sama rata yaitu sama-sama memiliki kadar 15%. Tapi pupuk ini tidak menggunakan bahan tambahan seperti pupuk lainnya.



Bentuk fisik dari pupuk Phonska Plus berupa granul yang warnanya putih dan larut dalam air dengan mudah. Kandungan dalam Phonska Plus mirip dengan jenis pupuk berikutnya yaitu NPK Ria Plus 15-15-15.

Pupuk majemuk ini memiliki tiga jenis unsur hara yaitu nitrogen, phospat dan kalium. Kandungan dalam pupuk ini sangat pas untuk dipakai berbagai jenis tanaman. Misalnya saja buah, tanaman pangan, hortikultura dan juga perkebunan.

Wah ternyata pupuk NPK 15-15-15 punya banyak varian yang juga memiliki kandungan masing-masing. Dari kandungan itu memiliki manfaat yang berbeda-beda tapi semuanya sama-sama memiliki manfaat yang baik untuk tanaman. Bahkan pupuk ini disebut-sebut sebagai pupuk yang ramah petani. Jika mau berbisnis pertanian, pupuk ini termasuk yang wajib dipakai ya!

Belum ada Komentar untuk "Jenis dan Manfaat Pupuk NPK 15-15-15 yang Wajib Diketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel