Artikel Pilihan

Sering Dijadikan Tanaman Hias Kini Pohon Kaktus Golden Barrel Kian Langka

ciri ciri pohon kaktus golden barrel

Menanam berbagai macam tanaman hias di halaman rumah akan membuat rumah Anda menjadi lebih indah dan tentu saja menambah kesejukan di luar rumah. Apalagi tumbuhan hijau bisa menyaring polusi udara dan merupakan penghasil oksigen terbesar sampai saat ini. Jadi menciptakan area hijau dirumah adalah hal yang tepat.

Saat ini ada banyak sekali jenis tanaman hias, dan salah satunya adalah pohon kaktus. Dimana pohon kaktus sudah ada versi mininya dengan beraneka macam bentuknya. Sedangkan jenis pohon kaktus yang cukup sering dipakai sebagai tanaman hias adalah pohon kaktus golden barrel atau pohon kaktus gentong emas.


Penyebab Langkanya Pohon Kaktus Golden Barrel

ciri ciri pohon kaktus golden barrel
Sumber: perawatantanamanhias.blogspot.com
Nama lain dari pohon kaktus golden barrel adalah echinocactus grusoni. Namun tidak jarang tanaman ini di sebut gentong emas karena memiliki bentuk seperti gentong dengan ukuran yang besar. Sayangnya kaktus golden barrel mulai langka keberadaannya, dan penyebab dari kelangkaan pohon kaktus ini adalah:

1. Terlalu sering di buru

Perburuan pada pohon kaktus golden barrel bisa disebut menjadi penyebab utama mengapa tanaman hias satu ini bisa langka. Habitat asli pohon kaktus golden barrel ada di Meksiko, namun banyak cagar alam Indonesia yang membudidayakan pohon kaktus ini. Bentuknya yang unik menjadi alasan mengapa golden barrel sering diburu.

2. Cara perawatan yang salah

Pohon kaktus golden barrel memiliki karakteristik yang sedikit berbeda dari pohon kaktus yang lain. Dimana pohon kaktus ini hanya bisa hidup di suhu 12° Celcius dengan penerangan sinar matahari langsung. Jika proses perawatan salah setelah masa penanaman maka pohon kaktus golden barrel bisa langsung mati.

3. Dijadikan ladang bisnis tanpa pelestarian

Banyak pencinta tanaman yang menjadikan pohon kaktus golden barrel sebagai ladang bisnis. Ini karena pohon kaktus golden barrel bisa dijual dengan harga yang sangat tinggi ketika pohon sudah dewasa. Sayangnya kegiatan bisnis ini tidak di sertai dengan pelestarian pohon kaktus golden barrel yang membuatnya menjadi langka.

Baca Juga :

Cara Merawat Pohon Kaktus Golden Barrel yang Benar

ciri ciri pohon kaktus golden barrel
Sumber: dekoruma.com
Memiliki pohon kaktus golden barrel di halaman rumah Anda bukanlah hal yang salah dan dilarang. Namun jika Anda berniat ingin menanam tanaman hias satu ini maka Anda harus tahu terlebih dahulu bagaimana cara perawatannya yang benar. Adapun cara merawat pohon kaktus golden barrel yang tepat adalah:

1. Sesuaikan media tanam dengan ukuran pohon kaktus golden barrel

Ketika pertama kali menanam pohon kaktus golden barrel maka Anda pasti menggunakan polybag. Namun jika sudah masuk ke masa pertumbuhan maka pindahkan pohon kaktus golden barrel ke pot untuk kaktus ukuran kecil. Sedangkan jika kaktus golden barrel berukuran besar maka pindahkan langsung ke tanah.

2. Beri sinar matahari selama 4 sampai 6 jam sehari

Seperti yang sudah dikatakan diatas, jika pohon kaktus golden barrel hanya bisa hidup diarea yang cenderung panas. Oleh karena itu saat menanam kaktus golden barrel di rumah maka beri sinar matahari yang cukup minimal 4 sampai 6 jam sehari. Setelah itu pindahkan pohon kaktus golden barrel ke area teduh.

3. Jangan terlalu sering menyiram air

Jika tanaman hias lain bisa tumbuh dengan baik jika disiram banyak air maka tidak dengan pohon katus golden barrel. Tanaman kaktus satu ini justru bisa hidup dengan kadarair yang sedikit. Jadi cukup siram pohon kaktus golden barrel satu kali setiap minggunya.

4. Gunakan pupuk organik

Pohon kaktus golden barrel tetap membutuhkan pupuk untuk hidup. Oleh karena itu gunakan pupuk organik untuk kesuburan tanah. Akan tetapi cukup berikan pupuk satu kali dalam sebulan untuk pohon kaktus golden barrel. Terlalu banyak pupuk justru akan membuat kaktus ini mati.

Cara merawat pohon kaktus golden barrel memang sedikit berbeda dengan tanaman kaktus yang lain. Akan tetapi hasil yang bisa Anda dapatkan tidak akan mengecewakan.

Sebab pohon kaktus golden barrel dewasa sangatlah indah dengan duri emas dan bentuk seperti gentongnya. Pohon kaktus golden barrel bisa menjadi tanaman dalam rumah atau indoor maupun tanaman luar rumah atau outdoor.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Sering Dijadikan Tanaman Hias Kini Pohon Kaktus Golden Barrel Kian Langka"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel