Artikel Pilihan

Sejuta Manfaat Pohon Kaktus Centong Dan Cara Membudidayakannya

ciri ciri pohon kaktus

Pohon kaktus centong memiliki bentuk batang yang lebar namun tebal dengan buah bewarna merah diatasnya. Nama lain dari pohon kaktus centong adalah opuntia cochenillifera. Di Negara Inggris kaktus ini lebih dikenal sebagai nopal cactus atau warm hand dan di Jawa orang-orang menyebutnya kaktus tentong.

Bunga pohon kaktus tentong tumbuh dan tersusun secara soliter dan terlihat seperti mempunyai banyak sepal. Ukuran batangnya hanya mencapai 20 cm dengan warna hijau. Sedangkan mahkota bunga pohon kaktus centong bewarna merah dengan banyak benang sari di dalam periantumnya. Pohon kaktus centong biasa hidup di area yang kering.


Manfaat Pohon Kaktus Centong

ciri ciri pohon kaktus
Sumber: pasberita.com
Sudah menjadi kebiasaan orang Indonesia yang mengaitkan semua hal dengan mistis. Sama seperti pohon kaktus centong ini yang dipercaya bisa menangkal santet atau teluh yang dikirim oleh orang lain. Meski belum jelas faktanya namun banyak orang yang percaya. Sedangkan manfaat pohon kaktus centong dalam sisi medis ialah:

1. Obat radang sendi dan rematik

Penilitian yang dilakukan oleh A.M. Panico yang berasal dari Departemen Farmasi University of Catania di Italia menyatakan jika kaktus centong memiliki kandungan asam hialuronase. Asam hialuronase yang ada di pohon kaktus centong menjadi pelicin sendi yang bisa menyembuhkan radang sendi dan rematik.

2. Untuk menjaga kesehatan prostat

Bunga pohon kaktus centong terbukti bisa menyembuhkan para penderita penyakit prostat. Dan Palvetich melakukan penelitian dengan membuat ekstrak dari bunga kaktus centong yang diberikan kepada 88 pasien prostat dalam kurun waktu 2 bulan.

Hasilnya para penderita prostat ini mengaku sudah tidak kesakitan lagi ketika sedang kencing. Frekuensi buang air kecilnya pun menurun dan tidak adanya perasaan penuh pada kandung kemih.

3. Menyembuhkan luka

Penelitian pada pohon kaktus centong tidak hanya dilakukan di luar negeri saja, namun juga di Indonesia oleh empat mahasiswa UGM. Dimana mereka membuat ekstrak kaktus centong yang diubah menjadi obat oles untuk luka. Alhasil luka pun cepat sembuh karena terdapat kandungan vitamin C dan E pada kaktus centong.


4. Menurunkan kadar kolesterol

Di dalam buah pohon kaktus centong terdapat kadar antioksidan yang cukup tinggi. Dimana jika di konsumsi secara teratur dengan dosis yang benar bisa membuat kadar kolesterol menurun. Bahkan karena antioksidannya ini ekstrak pohon kaktus centong bisa menjadi obat penurun berat badan yang cukup ampuh.

Baca Juga :

Cara Budidaya Pohon Kaktus Centong

ciri ciri pohon kaktus
Sumber: nationalgeographic.grid.id
Pohon kaktus centong tidak hanya bermanfaat untuk manusia namun juga untuk hewan. Bahkan kebanyakan orang menggunakan pohon kaktus centong sebagai tempat hidup untuk kura-kura darat. Pohon kaktus centong biasanya ditanam di halaman rumah dengan cara budidaya sebagai berikut.

1. Siapkan daun kaktus centong

Pohon kaktus centong bisa di budidaya dengan cara penanaman bibit maupun stek batang. Namun cara penanaman paling mudah yakni dengan stek batang. Pertama-tama siapkan daun kaktus centong secukupnya. Anda bisa memakai daun kaktus centong yang masih mudah maupun yang sudah tua.

2. Rendam daun di tumbukan bawang merah

Apabila daun pohon kaktus centong sudah siap maka langkah selanjutnya adalah tumbuk 4 sampai 5 umbi bawang merah lalu beri air sedikit. Kemudian rendam bagian bawah daun kaktus centong sampai ketinggian 1 cm.

Tujuan perendaman ini agar proses stek bisa lebih lancar sebab bawang merah mengandung zat perangsang pada tumbuhan.

3. Mulai proses penanaman

Langkah selanjutnya siapkan media tanam dengan menggunakan polybag dengan tanah berjenis porous. Kemudian tanam daun kaktus centong pada kedalaman 5 cm atau sampai beridiri dengan tegak.

4. Perawatan pohon kaktus centong

Jika proses penanaman daun kaktus centong sudah berhasil maka lanjut ke tahap perawatan. Siram pohon kaktus centong sekali dalam seminggu dan letakkan pada tempat yang teduh setelah disinari matahari selama beberapa jam. Jika pohon kaktus centong sudah semakin besar maka Anda bisa memindahkannya ke tanah.

Nah, itu tadi cara budidaya pohon kaktus centong dan berbagai macam manfaat dari tanaman satu ini. Meski terlihat menakutkan namun ternyata pohon kaktus menyimpan banyak sekali manfaat untuk makhluk hidup di sekitarnya.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Sejuta Manfaat Pohon Kaktus Centong Dan Cara Membudidayakannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel