Artikel Pilihan

7 Jenis Pohon Kaktus yang Cocok Di Tanam Oleh Para Pemula

ciri ciri pohon kaktus

Pohon kaktus termasuk ke dalam salah satu tanaman hias yang paling diminati saat ini. Tanaman yang bisa hidup di beberapa jenis habitat ini memang lebih mudah untuk di budidayakan. Selain itu bentuk pohon kaktus sudah tidak semengerikan dulu. Bahkan ada jenis kaktus mini yang bisa dipakai untuk menghias ruangan.

Pohon kaktus hias memang sudah mencuri hati banyak orang bahkan sudah menjadi ladang bisnis yang cukup menjanjikan. Apalagi bibit pohon kaktus harganya murah, namun saat sudah menjadi pohon maka harga pohon kaktus bisa lebih mahal. Bahkan ada beberapa jenis kaktus yang dijual diangka jutaan rupiah.

Jenis Pohon Kaktus Tahan Banting Untuk Para Pemula

ciri ciri pohon kaktus
Sumber: adamfloristjakarta.com
Untuk memiliki pohon kaktus hias dirumah tidak harus selalu dengan membelinya. Sebab Anda bisa menanamnya sendiri dengan biaya yang tentu terjangkau. Namun jika Anda masih pemula maka gunakan jensi kaktus yang tidak mudah rusak. Adapun 7 jenis pohon kaktus yang cocok untuk pemula, yaitu:

1. Pohon kaktus gymnocalycium

Cantik, unik, dan mudah di rawat adalah deskripsi dari pohon kaktus gymnocalycium. Kaktus hias ini biasanya digunakan untuk menghiasi ruangan yang di dalam rumah karena ukurannya yang mini. Yang paling menarik dari pohon kaktus gymnocalycium adalah bunganya yang berwarna warni saat sudah mekar.

2. Pohon kaktus fairy castle

Nama lain pohon kaktus fairy castle adalah cereus tetragonus. Seperti namanya, pohon kaktus fairy castle berbentuk memanjang dan bertumpuk mirip seperti kastil. Pohon kaktus fairy castle paling cocok di tanam di luar rumah. Sebab pohon kaktus ini bisa tumbuh besar dan panjang sehingga tidak cocok di letakkan dalam pot.

3. Pohon kaktus pincushion

Jenis pohon kaktus tahan banting yang cocok untuk pemula selanjutnya adalah pohon kaktus pincushion. Kaktus ini biasanya tumbuh dengan cara berkloni atau bersama-sama dengan ukuran yang kecil-kecil. Pohon kaktus pincushion cocok di pakai sebagai tanaman hias dalam rumah maupun di luar rumah.

4. Pohon kaktus chepalocereus senilis

Pohon kaktus chepalocereus senilis bisa dibilang sangat mudah dalam hal perawatan. Sebab Anda tidak perlu terlalu sering menyiram maupun memberikan pupuk. Anda cukup memberikan sinar matahari yang cukup setiap harinya. Nama lain dari pohon kaktus chepalocereus senilis adalah kaktus uban, old man, maupun old lady.

5. Pohon kaktus beaver tail

Pohon kaktus beaver tail memiliki bentuk batang oval pipih dengan duri sekeliling batangnya. Kaktus hias ini cukup terkenal di kalangan para pecinta tanaman. Pohon kaktus beaver tail memiliki dua ukuran sehingga bisa di sesuaikan dengan tempat Anda menanamnya. Hal menarik dari kaktus beaver tail terletak pada warna bunganya.

Baca Juga :

6. Pohon kaktus haworthia cactus zebra

Nama pohon kaktus haworthia cactus zebra berasal dari motif pohon kaktus ini yang belang-belang seperti tubuh zebra. Jika Anda ingin menanam pohon kaktus haworthia cactus zebra maka pastikan Anda meletakkannya di tempat yang teduh. Sebab pohon kaktus satu ini tidak bisa hidup di area yang terlalu panas.


7. Pohon kaktus parodia

Pohon kaktus parodia sering disebut sebagai ball cactus karena bentuknya yang mirip bola. Di seluruh batang pohon kaktus ini terdapat duri kecil yang berwarna kuning. Untuk menanam pohon kaktus parodia gunakan media tanam yang cenderung kering dan letakkan pot pohon kaktus parodia di area yang cenderung sejuk.

Media Tanam Untuk Budidaya Pohon Kaktus

ciri ciri pohon kaktus
Sumber: liputan6.com
Pohon kaktus adalah tanaman yang mudah unuk di budidayakan dan perawatannya pun tidak terlalu sulit. Yang terpeting dalam menanam pohon kaktus adalah jangan terlalu sering menyiram dengan air dan memberikan pupuk.

Selain itu gunakan tanah yang mudah menyerap air agar ketika Anda menyiram pohon kaktus tidak ada air menggenang yang tersisa di pot pohon kaktus.

Nah, itu tadi 7 jenis pohon kaktus tahan banting yang sangat cocok di tanam oleh para pemula. Ketujuh pohon kaktus tersebut tidak akan mudah mati dan bisa tetap tumbuh meskipun cara penanaman Anda tidak sepenuhnya benar. Jadi Anda tidak perlu takut ketika mencoba menanam salah satunya di rumah Anda.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "7 Jenis Pohon Kaktus yang Cocok Di Tanam Oleh Para Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel