Artikel Pilihan

3 Manfaat Menanam Pohon Ketapang

Pohon Ketapang atau dalam Bahasa Latin yaitu “Terminalia Catappa”. Bagi sebagian besar orang menganggap pohon Ketapang ini tidak memiliki manfaat apapun, namun hanya menimbulkan banyaknya daun dari pohon Ketapang yang telah gugur dari pohonnya.

Eits jangan salah. Dibaliknya menjengkelkannya dari pohon Ketapang ini, ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari menanam pohon Ketapang. Nah berikut akan dijelaskan 3 manfaat menanam pohon Ketapang loh. Let’s check it out!


1. Dapat Mengatasi Abrasi Pantai

Manfaat pertama dari menanam pohon Ketapang adalah kemampuan dari Pohon Ketapang untuk mengatasi abrasi pantai. Pernah nggak melihat pohon Ketapang yang ditanam di tepi-tepi pantai? Jika Anda berada di daerah pantai, Anda sangat mudah mengenali pohon Ketapang ini. Anda bisa melihat pada foto berikut.

Ciri Ciri Pohon Ketapang

Pohon Ketapang ini sangat bermanfaat bagi manusia, terlebih penduduk yang bertempat tinggal dekat dari bibir pantai. Pohon ini memiliki akar yang sangat kuat di dalam tanah dan kemampuan menyerap air.



Sehingga pada saat terjadi abrasi di daerah bibir pantai, pohon ini akan terlebih dahulu menyerap air dari abrasi pantai tersebut. Oleh sebab itu di daerah pantai akan ditemui banyak pohon Ketapang. Baik itu pohon Ketapang yang masih berusia muda maupun pohon Ketapang yang sudah berusia tua.

Coba diingat-ingat deh, kapan sih terakhir kali Anda berekreasi ke daerah pantai atau bermain ke pantai? Pernah nggak Anda melihat ada berapa banyak pohon Ketapang di pantai yang Anda kunjungi tersebut? Banyak pohon Ketapang loh ditanam di derah pantai. Sekarang sudah tahu kan seperti apa pohon Ketapang tersebut bila Anda berada di daerah pantai?

2. Sebagai Pohon Peneduh

Pohon Ketapang ini selain berada di daerah pantai, Anda juga dapat menemukan pohon Ketapang ini di tempat lain. Seperti di daerah Taman Pemakaman Umum atau yang biasa disingkat dengan TPU. Manfaat kedua dari menanam pohon Ketapang adalah sebagai pohon peneduh.

Jika Anda berada di daerah pemakaman, Anda akan menemukan pohon Ketapang ini sebagai salah satu pohon peneduh. Jika pohon Ketapang tersebut memiliki umur lebih dari 5 tahun, maka pohon ini akan memiliki daun yang lebat di setiap ranting pohonnya dan terkadang pohon Ketapang yang telah berumur dewasa, pohon Ketapang ini memiliki beberapa buah di beberapa ranting pohonnya.

Anda bisa melihat pada foto di bawah ini. Nah ini deh pohon Ketapang tersebut.
Ciri Ciri Pohon Ketapang
Sumber: ketapangnews.com
Meskipun sebagian besar masyarakat menganggap pohon Ketapang ini sebagai tanaman liar, namun pohon Ketapang ini bermanfaat sebagai pohon peneduh di saat Anda berziarah ke makam.

Terutama pada saat beberapa hari menjelang masuknya Puasa Ramadhan, masyarakat Indonesia masih melestarikan tradisi berziarah ke makam keluarga atau makam leluhur. Nah pada momen ini tentunya rame banget dong yang berziarah ke makam, apalagi jika itu di Taman Pemakaman Umum atau TPU.

Nah bagi Anda yang tidak ingin berdesak-desakan dengan orang lain ketika berziarah ke makam di saat panas terik matahari, Anda bisa berteduh di bawah pohon Ketapang tersebut sembari menunggu peziarah yang lain pulang.

3. Sebagai Tanaman Kota

Manfaat ketiga dari menanam pohon Ketapang ini adalah sebagai salah satu tanaman kota. Kenapa disebut sebagai salah satu tanaman kota? Hal tersebut disebabkan karena pohon Ketapang ini ditanam di dalam kota di pinggir jalan. Bisa ditanam di pinggir jalan di perumahan atau beberapa pinggir jalan.



Eits jangan salah, pohon Ketapang yang masih berusia muda memiliki bentuk yang sangat cantik di tanam di tengah jalan sebagai salah satu tanaman kota. Bentuk yang ciamik dari Pohon Ketapang ini sangat memikat hati bila dipandang, apalagi jika ditanam beberapa pohon yang berjarak dekat seperti pada foto di bawah ini. Pohon Ketapang yang berada pada foto di bawah ini termasuk pohon Ketapang yang masih berusia muda.

Berfoto dengan latar belakang pohon Ketapang bisa dijadikan sebagai latar yang instagrammable bagi anak-anak kalangan muda. Seorang fotografer dapat mengabadikan foto dengan konsep tertentu dengan latar belakang pohon Ketapang.

Nah sekarang Anda sudah tahu bukan? Pohon Ketapang memiliki manfaat bagi Anda. Yuk yang ingin mencoba menanam pohon Ketapang segera buktikan dan rasakan manfaatnya.

Belum ada Komentar untuk "3 Manfaat Menanam Pohon Ketapang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel