Artikel Pilihan

Rahasia Sukses Bisnis Pohon Ketapang

Jiwa-jiwa bisnis pasti bisa diaplikasikan dalam berbagai lini. Salah satunya dalam hal perkebunan. Ya, pohon ketapang Akhir-akhir ini jadi primadona perkebunan karena banyaknya permintaan atas pohon ini. Bagi seseorang yang masih bingung untuk memulai mata bisnis apa maka kami merekomendasikan bisnis pohon ketapang.

Ada beberapa alasan yang melatar belakanginya namun yang paling berpengaruh adalah bisnis ketapang masih jarang, jadinya persaingan usahanya pun tidak terlalu besar. Sementara itu, permintaan akan pohon ketapang malah tinggi. Hal ini yang bisa dijadikan situasi terbaik dalam memulai bisnis. Kami disini akan memberikan rahasia bisnis pohon ketapang agar bisa sukses dan berkembang.

Baca juga : Di Indonesia, Habitat Pohon Ketapang Ada Pada Daerah Ini

Rahasia Bisnis Pohon Ketapang

Ada beberapa hal yang mempengaruhi kesuksesan dari bisnis pohon ketapang, di antaranya :

1. Persiapkan Lahan

Ya, untuk berbisnis ketapang anda perlu lahan terlebih dahulu. ukurannya tidak usah terlalu luas. Yang penting subur dan banyak nutrisi. Untuk estimasi biaya yang diperlukan untuk mempersiapkan lahan tidak pasti. Hal ini karena harga lahan di tiap daerah berbeda-beda.

Ciri Ciri Pohon Ketapang

Namun yang jelas anda perlu menyiapkan uang sebanyak lebih dari 5 juta rupiah untuk menyiapkan lahan. Jika anda masih pebisnis pemula maka sebaiknya sewa lahan tidak masalah. Nantinya hasil panen bisa anda bagi dengan pihak penyewanya jadi anda tidak perlu mengeluarkan biaya lebih.

Baca juga : Ingin Sukses Budidaya? Lakukan 5 Tips Merawat Pohon Ketapang Ini

2. Pilihlah bibit dari Petani

Banyak petani yang tidak mengira jika bisnis pohon ketapang adalah suatu yang menjanjikan. Alhasil mereka memandang sebelah mata pohon yang satu ini. Untuk itu, ini bisa jadi strategi bisnis dalam memilih bibit.

Dengan membeli bibit dari petani langsung maka harganya jauh lebih murah . Dengan begitu anda akan menghemat pengeluaran. Bahkan jika anda menego maka bisa jadi bibit tersebut anda dapatkan secara gratis.
Ciri Ciri Pohon Ketapang
Sumber: menanam.com
Untuk memilih bibit, pilihlah yang dari biji. Dari segi biaya jauh lebih murah, namun risikonya harus menunggu lebih lama lagi untuk tumbuhnya. Namun jika anda tidak memperhatikan dari segi pembiayaan maka pilih bibit langsung tanam bisa jadi solusi.

3. Olah hasil produk menjadi bahan siap guna

Maksudnya adalah untuk meningkatkan pendapatan menjadi Berkali-kali lipat. Analogikan seperti peternak ayam. Ketika anda hanya menjual ayamnya saja maka anda akan mendapatkan keuntungan 25 ribu. Lantas ketika anda mengolahnya jadi masakan maka harga jualan bisa naik Berkali-kali lipat bahkan mencapai 100 ribu.

Hal ini juga bisa diterapkan di pohon ketapang. Misalnya ketika kita mengolah daunnya, maka olahan menjadi bentuk siap guna. Seperti kita tahu bahwa daun pohon ketapang banyak digunakan sebagai obat ikan cupang. Sementara itu biji pohon ketapang bisa diolah menjadi kudapan yang siap saji. Harganya pasti jauh lebih tinggi.

4. Jangan tebang pohon ketapang sebelum tumbang sendiri

Ini adalah penting. Pasalnya pohon ketapang memiliki masa produksi buah yang terus-terusan. Artinya meski pohon ini tua sekalipun, pohon ketapang tetap berbuah dan menghasilkan.

Namun ketika anda menebangnya dalam rangka motif ekonomi, maka yang ada anda malah rugi. Pasalnya kayu pohon ketapang memiliki harga yang cukup murah jika dibandingkan dengan estimasi keuntungan dari buah dan bijinya. Jangan sampai anda tebang pohon tersebut meskipun ada orang yang berani menawar dengan harga tinggi.

5. Buatlah skema panen yang baik

Seorang pebisnis harusnya tau secara mendetail tentang skema dari awal penanaman hingga panen. Termasuk juga dengan pohon ketapang. Pohon ketapang yang kita tanam harus bisa kita putuskan akan dijadikan apa.




Apakah kita akan mengambil daunnya, atau kita fokus ke buahnya. Atau malah mengambil kayunya. Jika sudah anda putuskan, langkah selanjutnya adalah dengan menyesuaikan sesuai kebutuhan tersebut.

Ketika anda membutuhkan daun pohon ketapang maka bisa menambahkan suplemen penambah daun. Begitupun ketika anda membutuhkan bijinya. Dengan begitu, usaha anda jadi lebih maju karena telah dipersiapkan sejak awal.

Demikian rahasia dalam memulai bisnis pohon ketapang. Ternyata dengan mengikuti arahan diatas maka hasil keuntungan yang kita dapatkan akan jauh lebih banyak. Jangan sampai kita malah gagal dalam menentukan pilihan. Selamat mencoba

Baca Juga :

Belum ada Komentar untuk "Rahasia Sukses Bisnis Pohon Ketapang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel