Artikel Pilihan

Cara Pengolahan Ekstrak Daun Pohon Ketapang Rumahan

Salah satu bagian dari pohon ketapang terbukti khasiatnya dalam mengobati berbagai macam penyakit. Bagian Pohon tersebut adalah daun pohon ketapang. Belakangan ini, daun pohon ketapang banyak dimanfaatkan sebagai bahan obat untuk berbagai penyakit. Misalnya untuk penyakit hipertensi, radang sendi, sakit perut dan lainnya.

Karena banyak manfaat dari daun pohon ketapang ini banyak orang yang membutuhkan daun ini. Agar mudah digunakan maka sebaiknya daun pohon ketapang kita kemas dalam bentuk yang lebih praktis. Misalnya dalam bentuk ekstrak. Cara membuat ekstrak daun ketapang pun terbilang cukup mudah. Bahkan kita bisa melakukannya sebagai industri rumahan.

Membuat Ekstrak Daun Pohon Ketapang Sederhana

Cara pembuatan ekstrak pohon ketapang sangat mudah. Kita bisa melakukannya dengan cara yang sederhana. Namun sebelumnya kita harus menyiapkan beberapa alat dan bahan.




Alat

Untuk membuat ekstrak daun pohon ketapang sederhana kita butuh blender / ulekan / parutan, alat ini digunakan untuk menghancurkan daun ketapang sampai lumat ; saringan, alat ini digunakan untuk menyaring saripati dari daun ketapang agar ampasnya terpisah ; wadah baskom; untuk menempati cairan daun ketapang ; tampah tanpa lubang, digunakan untuk menjemur daun ketapang yang sudah dihancurkan.

Baca juga : Selain Outdoor, Pohon Ketapang Indoor dan Bonsai Kini Banyak Dibudidayakan

Bahan

Ciri Ciri Pohon Ketapang

Untuk menjalankan proses ini kita tidak memerlukan bahan lain selain daun ketapang. Namun kita juga perlu menyiapkan air matang sebagai media pencairannya.

Cara Membuat Ekstrak Daun Ketapang

  • Langkah pertama kita harus memilih daun pohon ketapang dahulu yang berkualitas. Ambil daun yang tidak terlalu muda namun tetap segar. Ambil daun pohon ketapang Kira-kira 20 lembar.
  • Setelah itu, cuci daun tersebut sampai bersih. Sampai semua kotoran yang menempel di daun tersebut luruh. Setelah itu keringkan.
  • Langkah berikutnya adalah menghancurkan daun pohon ketapang tersebut. Ada berbagai metode yang bisa anda lakukan untuk menghancurkannya. Semua bisa anda sesuaikan dengan alat yang ada di rumah. Namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal gunakanlah blender. Jika anda tidak memiliki blender maka parut daun tersebut sampai benar-benar lumat. 
  • Opsi lainnya yang bisa anda lakukan untuk menghancurkan daun ketapang adalah dengan menumbuknya. Namun opsi ini kurang begitu efektif karena hasilnya tidak begitu halus.
Ciri Ciri Pohon Ketapang
Sumber: steemit.com

Baca juga : Manfaat Daun Ketapang Bagi Kesehatan

  • Hancurkan daun tadi hingga benar-benar lumat. Setelah itu letakan pada wadah yang cukup besar.
  • Siapkan saringan yang memiliki lubang tidak terlalu kecil yang penting sari patinya bisa menetes. Untuk bahan alternatif yang bisa anda gunakan sebagai saringan adalah kaos dalam. Jika anda memiliki kaos dalam yang sudah tidak terpakai maka bersihkan dan gunakan sebagai alat untuk menyaring.
  • Setelah daun pohon ketapang tadi berhasil anda dapatkan saripatinya, selanjutnya anda masukkan dalam tampah tanpa lubang. Semakin besar tampaknya semakin bagus.
  • Ratakan hasil saripati daun pohon ketapang tadi dalam wadah tersebut, setelah itu anda bisa menjemurnya dibawah matahari yang cukup terik.
  • Lamanya waktu menjemur daun pohon ketapang berkisar antara satu sampai dua hari. Namun hal tersebut bisa disesuaikan dengan keadaan, misalnya cuaca sedang mendung maka waktu bisa lebih lama.
  • Jika daun pohon ketapang sudah cukup kering maka anda bisa mengambilnya menggunakan sendok ke wadah khusus. Bentuknya hampir mirip dengan gumpalan bubuk.
  • Untuk mempercantik tampilan, Anda bisa menumbuknya kembali menggunakan ulekan. Tumbuk daun pohon ketapang tadi sampai benar-benar halus dan membubuk. Jika sudah maka anda bisa kemas dalam wadah plastik tahan udara.




Cara Menggunakannya

Untuk menggunakan ekstrak daun pohon ketapang ini sangat mudah. Sebelumnya kita harus tahu penyakit apa yang hendak diobati. Apabila penyakit dalam, maka cara menggunakannya adalah dengan meminumnya. Ambil dua sampai tiga sendok ekstrak daun pohon ketapang lalu masukkan ke dalam wadah. Setelah itu seduh ekstrak tadi dengan menggunakan air panas lalu minum. Anda juga bisa menambahkannya dengan garam atau madu.

Jika penyakit yang ingin anda obat adalah penyakit kulit maka anda bisa menggunakannya sebagai obat oleh. Pertama ambil beberapa sendok ekstrak daun ketapang tadi. Setelah itu cukup campurkan dengan air panas jangan terlalu banyak. Takarannya sampai air tersebut menjadi kental. Setelah itu anda cukup oleskan pada bagian yang gatal. Mudah bukan?

Baca Juga :

Belum ada Komentar untuk "Cara Pengolahan Ekstrak Daun Pohon Ketapang Rumahan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel