Artikel Pilihan

Klasifikasi Pohon Gaharu dari Berbagai Macam Segi

Klasifikasi pohon gaharu mungkin belum diketahui secara lebih detail oleh kebanyakan orang. Masyarakat umumnya hanya mengenal jenis pohon ini dan menggunakannya untuk berbagai kepentingan. Pohon gaharu super maupun yang biasa seringkali dimanfaatkan oleh sebagian orang karena memiliki banyak manfaat.

Ciri Ciri Pohon Gaharu

Bahkan kini tidak sedikit orang yang melakukan berbagai upaya untuk melestarikan pohon gaharu tersebut. Sebab saat ini keberadaan pohon gaharu mulai berkurang dan bahkan keberadaannya terancam punah. Apabila tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang klasifikasi jenis pohon yang satu ini, sebaiknya simak beberapa informasi menarik tentang klasifikasi pohon gaharu dari berbagai macam segi.

Klasifikasi Ilmiah

Tanaman gaharu memiliki nama ilmiah atau nama latin Aquilaria malaccensis. Tanaman ini tergolong ke dalam suku kapas-kapasan atau Malvaceae yang umumnya merupakan kelompok dari tanaman dikotil. Biasanya tanaman dari suku kapas-kapasan ini bisa dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan kosmetik. Sedangkan bagian batangnya bisa dijadikan sebagai kayu yang menjadi komoditas perdagangan.




Tumbuhan gaharu ini merupakan salah satu tumbuhan berbunga dan tergolong sebagai tanaman Thymelaeaceae. Oleh karena itu bisa dipastikan bahwa tanaman ini juga memiliki bunga dan tentunya juga memiliki biji yang terdapat di bagian bunga gaharu.

Baca juga :Bibit Pohon Gaharu Unggul Dan Berkualitas

Klasifikasi Daun

Pada dasarnya pohon gaharu memiliki bentuk daun yang bisa dibilang memiliki ciri tersendiri. Daun pohon ini tersusun secara tunggal sehingga tanaman ini cukup mudah untuk dikenali. Selain itu daunnya berseling sehingga tanaman ini jika dilihat dari kejauhan akan tampak rapi dan indah. Daun gaharu juga cenderung tebal bila dibandingkan dengan tanaman lainnya.

Bentuknya jorong sehingga terkesan daunnya berukuran lebih panjang. Klasifikasi pohon gaharu berdasarkan daun yang berwarna hijau bisa Anda kenali secara langsung berdasarkan berbagai ciri daunnya. Tidak hanya bagian daun saja tetapi ada bagian lain dari tumbuhan ini yang juga menjadi ciri tersendiri dari pohon gaharu.
Ciri Ciri Pohon Gaharu
Sumber: greeners.co

Klasifikasi Bunga

Satu lagi bagian dari tanaman pohon gaharu yang juga bisa dimasukkan ke dalam klasifikasi tanaman yaitu bagian bunga. Klasifikasi pohon gaharu bahkan bisa dilakukan dengan lebih mudah jika dilihat berdasarkan pada bunganya. Sudah tentu bunga pada tanaman ini juga memiliki ciri khas sendiri sehingga Anda bisa mengenali pohon gaharu dengan lebih mudah.

Bunga gaharu mungkin tidak seindah bunga mawar atau sejenisnya yang bisa dijadikan sebagai tanaman hias. Tetapi bunganya tetap saja tampak indah dan tersusun secara rapi sehingga jajaran pohon gaharu yang ada bisa saja tampak cantik. Bunga gaharu umumnya tumbuh pada bagian ketiak daun. Bunga gaharu ini memiliki ukuran yang tergolong kecil.

Uniknya lagi bunga gaharu ini berbentuk seperti payung. Warna bunga ini umumnya hijau atau juga bisa warna kuning. Bahkan ada pula bunga gaharu yang berwarna pucat. Keberadaan bunga ini cukup jarang sehingga terkadang tampak tidak terlihat di antara lebatnya daun.

Baca juga : Menanam Pohon Gaharu Dengan Tepat

Klasifikasi Buah

Klasifikasi pohon gaharu selanjutnya yaitu dilihat berdasarkan pada buahnya. Buah gaharu menjadi bagian dari tanaman ini yang sering dicari oleh kebanyakan orang selain daripada bagian batangnya. Hal ini tidaklah mengherankan sebab buah gaharu pada dasarnya dianggap memiliki banyak manfaat. Seringkali buah ini direbus sehingga air rebusan buah gaharu bisa dikonsumsi.
Ciri Ciri Pohon Gaharu
Sumber: rajagaharusuper.blogspot.com
Mengonsumsi buah gaharu bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan. Buah gaharu sendiri memiliki bentuk bulat telur. Buah ini tergolong halus sehingga cukup lembut. Kebanyakan kulit luar buah gaharu berwarna hijau sedangkan bagian dalamnya berwarna kuning. Buahnya tergolong kecil sehingga Anda bisa dengan mudah menyimpannya.

Klasifikasi Batang

Bagian terakhir yang bisa membuat tanaman gaharu ini mudah dikenali adalah bagian batang pohon. Klasifikasi pohon gaharu jika dilihat berdasarkan pada batang pohon mungkin membuatnya bisa lebih mudah untuk diidentifikasi. Pohon gaharu memiliki ketinggian yang mencapai 50 meter. Ukuran diameter batang pohon ini bisa saja lebih dari 1 meter.




Batang pohon gaharu cenderung lurus dan terkesan halus jika dipegang. Batang pohon gaharu memiliki warna yang cukup unik yaitu warna coklat keputih-putihan. Sedangkan tajuknya cenderung bulat dan lebat serta memiliki cabang horizontal.

Berbagai macam klasifikasi pohon gaharu di atas menarik untuk diketahui. Sehingga paling tidak sebagai orang awam akan mendapatkan informasi yang lebih sesuai mengenainya. Secara tidak langsung klasifikasi ini menuntun kita untuk mengenal pohon gaharu lebih jauh.

Baca Juga :





Belum ada Komentar untuk "Klasifikasi Pohon Gaharu dari Berbagai Macam Segi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel