Artikel Pilihan

Pohon Gaharu Soa-soa Dan Serba Serbinya

Adakah yang pernah melihat secara langsung pohon gaharu soa-soa? Tentu banyak yang bertanya-tanya seperti apa rupa dari jenis pohon gaharu yang satu ini. Memang sebagian besar masyarakat Indonesia sedikit banyak pernah menjumpai tanaman gaharu.

Bahkan petani gaharu termasuk tersebar di berbagai macam wilayah di Indonesia. Namun mengetahui dan memahami secara detail jenis pohon gaharu yang satu dan yang lain bisa jadi tidak dipahami oleh semua masyarakat umum.

Hanya petani gaharu saja yang hafal benar mana jenis yang satu dan yang lain. Sama halnya dengan pohon gaharu soa-soa, jika tertarik untuk mengetahuinya lebih detail, simak saja terlebih dahulu penjelasannya berikut ini.

Ciri Ciri Pohon Gaharu


Tentang Pohon Gaharu Soa-soa

Banyak yang kurang memahami secara detail berbagai macam tipe dan jenis tanaman gaharu di Indonesia. Namun bagi petani gaharu, nama pohon gaharu soa-soa bisa jadi cukup familiar. Terutama bagi yang tinggal di wilayah Sulawesi. Pohon yang satu ini banyak ditemukan di daerah tersebut dan tersebar luas di berbagai penjuru pulau Sulawesi.


Baca juga : Budidaya dan Perawatan Pohon Gaharu dengan Baik

Tentu saja jenis gaharu soa-soa ini banyak yang mencari di pasaran. Tak lain karena kualitas kayunya yang dikenal sangat baik dan memukau. Oleh karena itu sebagian besar harga pasaran untuk jenis pohon gaharu soa-soa ini secara tidak langsung cukup mahal dan tinggi. Sehingga tidak banyak yang memproduksi serta mengolah hasil pohon tersebut menjadi berbagai macam benda yang dicari pembeli.

Belum lagi memang budidaya tanaman gaharu sendiri membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Termasuk dalam menghasilkan bahan kayu dari gaharu soa-soa yang berkualitas, butuh kayu dengan usia yang cukup tua, bukan sekedar yang muda dan cepat dipanen.
Ciri Ciri Pohon Gaharu
Sumber: rejekinomplok.net

Nilai Ekonomis Tinggi

Sulitnya mendapatkan pohon gaharu soa-soa saat ini membuat jenis kayu yang satu ini memang memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi. Sehingga bila menemukan jenis tersebut banyak yang memberikan penawaran yang menggiurkan. Satu pohon gaharu soa-soa bisa ditawar puluhan hingga ratusan juta, untuk kemudian diolah menjadi berbagai macam produk yang digemari oleh masyarakat.

Adapun salah satu keunggulan dari jenis kayu yang dihasilkan oleh pohon tersebut yaitu kualitas yang cukup kuat dan kokoh. Belum lagi warna matang kayu yang dipanen saat umum pohon sudah cukup tua membuat kayu terlihat gelap dan menarik. Bagi beberapa orang hal ini menambah daya beli dan nilai yang akan dijual di pasaran nantinya. Terutama setelah diolah menjadi berbagai macam hal yang menarik minat penyukanya.

Baca juga : Ciri Ciri Pohon Gaharu (Aquilaria malaccensis) Di Alam Liar

Banyak Digunakan Untuk Perhiasan

Umumnya di pasaran jenis kayu dari gaharu jenis soa-soa ini banyak digunakan sebagai perhiasan. Salah satunya yang paling terkenal yaitu diolah menjadi gelang kayu gaharu soa-soa yang terlihat cantik, kokoh dan menawan. Sehingga tak heran jika ada banyak pecinta jenis gelang dari kayu gaharu soa-soa ini mengoleksinya dan memburu gelang dengan kualitas terbaik.
Ciri Ciri Pohon Gaharu
Sumber: m.brilio.net
Tidak hanya itu saja, kayu gaharu jenis soa-soa ini bisa juga digunakan sebagai bahan pembuatan tasbih. Tak jarang kita temukan di pasaran online ada yang menawarkan jenis gelang dan tasbih tersebut. Kesannya antik dan etnik, sehingga jangan heran jika harganya lebih tinggi dari jenis yang terbuat dari kayu biasa.




Beberapa usaha menjadikan jenis kayu tersebut sebagai bahan mebel. Karena kayu yang dipanen cukup tua dipercaya memiliki kekuatan yang paling maksimal. Sehingga bila digunakan untuk mebel otomatis akan dapat bertahan lama hingga bertahun-tahun lamanya. Jenis mebel dari kayu tersebut juga selalu dibandrol dengan harga yang cukup tinggi. Maklum saja, bahan pembuatnya saja sudah memiliki nilai jual yang mahal, apalagi hasil olahan yang didapat dari jenis tersebut.

Rupanya pohon gaharu soa-soa merupakan salah satu jenis pohon gaharu yang banyak disukai peminatnya. Apalagi jika bicara ingin menggunakan jenis tersebut untuk keperluan tertentu. Terutama digunakan sebagai perhiasan dan gelang, atau juga popular sebagai tasbih. Jika memiliki jenis kayu yang satu ini, tidak salah untuk memanfaatkannya dalam bisnis dan memproduksi berbagai macam produk yang bernilai ekonomis tinggi di pasaran.

Baca Juga :




Belum ada Komentar untuk "Pohon Gaharu Soa-soa Dan Serba Serbinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel