Artikel Pilihan

Peralatan yang Digunakan untuk Membuat Tanaman Bonsai


Peralatan untuk membuat tanaman bonsai

Menanam Bonsai memang sesuatu kegiatan yang menyenangkan. Terdapat beberapa tahap yang harus dikerjakan untuk mendapatkan Tanaman Bonsai yang indah. Sebagai penanam Bonsai, Anda harus mempunyai peralatan yang memang dipergunakan dalam proses tanam.

Peralatan yang digunakan semua Bonsai itu sama.Baik untuk jenis Tanaman Bonsai Serut, Jambu, dan lain sebagainya. Pada bacaan artikel dibawah ini akan dijelaskan peralatan-peralatan yang akan digunakan dalam penanaman Bonsai. Berikut penjelasan lengkapnya :

Peralatan untuk Membuat Tanaman Bonsai

Beberapa peralatan yang dibutuhkan untuk membuat atau menanam tanaman bonsai adalah sebagai berikut :

1. Gunting Ranting

Peralatan untuk membuat tanaman bonsai
Sumber: sukabonsai.com
Alat pemotong ini sangat berguna dalam penanaman Bonsai. Gunting ranting digunakan untuk memotong cabang ranting yang ada pada Tanaman Bonsai. Ukuran gunting ini normal seperti gunting tumbuhan pada umumnya.




Selain ranting, gunting ini juga dapat digunakan untuk memotong daun pada Bonsai. Anda bisa secara mudah memangkas apa saja yang terlihat tidak menyenangkan pada bagian tanaman.

Baca juga : Macam-Macam Alat Bonsai Dan Kegunaannya

Gunting Ranting ini memiliki ukuran yang cukup besar dan tajam. Berhati-hatilah saat melakukan pemotongan pada batang atau daun. Jangan perlakukan tanaman terlalu kasar untuk mencegah kekeringan dan kematian pada tanaman.

2. Gergaji Tanaman Bonsai

Bentuk dari gergaji ini tipis dan melengkung disertai bentuk lancip di daerah ujungnya. Ukuran dari alat ini sangat bermacam-macam. Hal ini dikarenakan ukurannya disesuaikan dengan ukuran tanaman yang akan dijadikan Bonsai.

Jika ukuran tanaman Bonsai tersebut besar maka pilihan gergaji yang besar tersedia untuk Anda. Untuk pemilihan gergaji pada Tanaman Bonsai Serut biasanya digunakan ukuran yang sedang. Gergaji ini memiliki sifat yang tajam dan mampu untuk membelah ataupun memotong Tanaman Bonsai meskipun dalam keadaan ukuran yang besar.

3. Pisau Tanaman Bonsai

Selanjutnya adalah alat pisau Tanaman Bonsai. Pisau Bonsai memiliki ukuran yang kecil dan sangat ramping. Bagian ujungnya sangat lancip dikarenakan memang menyesuaikan dengan kegunaanya untuk Tanaman Bonsai.

Pisau ini digunakan untuk merapikan bagian akar yang liar dan juga sisa tangkai daun yang masih melekat pada Tanaman Bonsai. Selain itu, pisau ini juga bisa dipergunakan untuk membuat tekstur pembentukan Bonsai. Anda bisa membuat alat ini untuk mengupas bagian kulit Bonsai pada proses pencangkokan.

4. Kawat Tanaman Bonsai

Dalam pembentukan Bonsai, kawat adalah media yang sangat penting untuk pembuatan bentuk calon tunas baru. Para Pembonsai membuat bentukan Bonsai dengan cara meliukkan kawat pada area tanaman.

Baca juga : Kenapa Harga Bonsai Beringin Bisa Mencapai Miliaran Rupiah?

Sebenarnya, tali juga bisa digunakan untuk membuat Tanaman Bonsai. Namun, kekurangannya tali tidak bisa mengikat bentuk Bonsai dengan kuat sehingga hasilnya-pun tidak akan maksimal. Dalam melilitkan kawat, dianjurkan tidak terlalu keras dan rapat. Hal ini akan membuat Tanaman Bonsai sakit dan tidak bisa berkembang sebagaimana mestinya.

5. Tang Kawat Bonsai

Berhubungan dengan kawat Bonsai yang sudah dijelaskan diatas, Tang ini berfungsi sebagai alat pemotong kawat itu sendiri. Jangan sekali-kali menggunakan gunting atau biasa dalam penanaman Bonsai.

Jika Anda menggunakan gunting biasa maka tidak memungkinkan jika nantinya barang tersebut akan rusak karena harus menahan kuatnya kekakuan kawat.

6. Pemahat Tanaman Bonsai

Jika Anda pernah melihat Tanaman Bonsai Serut dengan tampilan batang utama berbentuk pola, maka itulah hasil dari alat pemahat. Alat ini digunakan untuk memahat atau mengukir bagian batang utama tanaman.

Pengukiran ini bertujuan agar tanaman memiliki bentuk pola yang unik dan juga sangar. Dalam melakukan pengukiran diperlukan adanya rasa seni yang sangat tinggi. Dengan begitu, Anda akan menghasilkan pahatan dengan pola yang memuaskan.

7. Kuas Tanaman Bonsai

Banyak Pembonsai yang tidak mempunyai alat ini karena fungsinya memang sangat sederhana. Kuas Bonsai digunakan untuk membersihkan bagian Tanaman yang kotor. Sebenarnya, Anda bisa membersihkannya menggunakan alat lain seperti kain atau yang lainnya. Namun, dengan menggunakan kuas maka Tanaman Anda akan terlihat lebih bersih dan asri.




Itulah penjelasan lengkap mengenai peralatan yang digunakan untuk membuat Tanaman Bonsai. Anda bisa membelinya di toko tanaman alat terdekat. Bahkan, ada yang mengatakan jika beberapa alat tersedia di toko material.

Untuk masalah harga, Anda tidak perlu khawatir. Harga tiap-tiap alat sangatlah murah jika mengingat manfaatnya yang sangat besar dalam hal pembentukan tanaman Bonsai. Gunakan peralatan tersebut dengan profesional dan sesuai dengan fungsinya masing-masing. Semoga bermanfaat!

Baca Juga :

Belum ada Komentar untuk "Peralatan yang Digunakan untuk Membuat Tanaman Bonsai"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel