Artikel Pilihan

Cara Mengatur Pemupukan Bonsai

Ciri ciri tanaman bonsai

Menanam Bonsai merupakan teknik penanaman yang sangat unik. Terdapat beberapa proses di dalamnya yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan hasil Bonsai yang maksimal. Pada bacaan artikel dibawah ini, akan dijelaskan mengenai bagaimana cara mengatur pemupukan pada Bonsai.

1. Memberikan Tambahan Nutrisi

Ciri ciri tanaman bonsai
Sumber: 8villages.com
Sebenarnya, sebelum tahapan penutupan tentu saja ada banyak proses yang harus dilakukan. Tahapan ini dimulai dari pemilihan, pemangkasan, pencangkokan, dan penanaman. Pemberian nutrisi ini dilakukan ketika tanaman bonsai sudah berada pada proses penanaman.




Tahap ini dapat dilakukan dengan peletakan pot tanaman Bonsai. Tempatkan tanaman di area yang terkena sinar matahari .Terdapat beberapa pengecualian yaitu dalam penempatan dengan sinar matahari, tanaman jangan dipaparkan secara langsung dengan matahari.

Baca juga : Memulai Bisnis Bonsai Beringin dan Dapatkan Untung Miliaran Rupiah

Tempatkan di ruangan yang terdapat celah untuk memungkinkan sinar masuk sedikit saja. Dengan begitu, Tanaman akan bisa berfotosintesis dengan sebagaimana mestinya.

2. Memberikan Pupuk Kandang

Tahapan pemberian pupuk kandang dilakukan pada saat penanaman. Tanaman Bonsai Serut membutuhkan tanah yang subur dalam proses tanam. Tanah yang digunakan bisa dicampurkan dengan menggunakan pupuk kandang.

Selain itu, pemilihan tanah itu sendiri juga bisa menggunakan tanaman humus. Jangan pernah salah dalam hal pencampuran pupuk kandang. Tidak diperkenankan untuk mencampurkan pupuk kandang dengan tanah berpasir untuk media tanam Bonsai. Karena hal ini akan menyebabkan perkembangan Bonsai menjadi terhambat.

3. Memberikan Pupuk Organik Kimia dan Cair

Berbeda dengan pupuk kandang, Pupuk organik Kimia ini harus diberikan ke Tanaman Bonsai ada saat tahap pertumbuhan. Dalam proses inilah tanaman Bonsai mengalami pembentukan. Anda harus memberikan pupuk yang terbaik dan cocok untuk tanaman Bonsai.

Seperti contoh jika Anda sedang menanam Tanaman Bonsai Serut maka sesuaikan dengan kadar yang harus diterima oleh tanaman tersebut. Aturan ini ditujukan untuk menghindari kelebihan dan kekurangan kadar pupuk pada Tanaman Bonsai.

4. Memberikan Pupuk Akhir

Proses pemupukan yang terakhir ditujukan hanya untuk media perawatan saja. Dalam pemberian pupuk kali ini diberikan ketika Bonsai sudah hampir jadi. Untuk pupuk akhiran yang akan digunakan, Anda bisa bertanya dan menemukannya di toko tanaman terdekat Anda.

Untuk harga pupuk biasanya tergolong murah dan sangat bersahabat. Tanyakan kepada penjual pupuk perawatan apa yang terbaik untuk Bonsai Anda. Salah satu Bonsai yang mudah dalam hal perawatan adalah Tanaman Bonsai Serut. Tanaman ini sangat direkomendasikan untuk Anda pecinta tanaman Hias.

Penyakit dan Hama Penyerang Bonsai

Beberapa teknik pemupukan sudah dijelaskan secara lengkap. Sebenarnya apa saja kegunaan dari pemupukan Bonsai? Teknik ini ditujukan untuk mendapatkan hasil Bonsai yang maksimal. Selain itu, beberapa obat pupuk juga bisa menghindarkan tanaman tersebut dari serangan hama.

Vitamin yang ada didalam pupuk juga bisa menambah kekebalan tubuh tanaman yang mana hal tersebut bisa membuat tanaman tahan akan segala situasi, cuaca, dan juga penyakit. Apa saja penyakit dan hama penyerang Bonsai? Berikut penjelasan singkatnya

Baca juga : Anda Suka Bonsai Beringin? Kenali 6 Seniman Bonsai Ini

1. Hama

Hama yang menyerang Tanaman Bonsai biasanya berbentuk kecil dan memiliki tubuh berwarna putih. Seperti yang terjadi pada Tanaman Bonsai Serut, Hama ini akan mengeluarkan cairan manis.

Cairan ini akan mengundang berbagai hewan yang ingin hinggap pada Bonsai karena rasa manisnya. Hewan-hewan ini bisa saja memakan bagian daun Bonsai sehingga terjadi kerusakan pada tanaman tersebut.

2. Cuaca

Selanjutnya adalah hubungan tanaman Bonsai dan cuaca. Tahukah Anda jika tanaman Bonsai akan menggugurkan daunnya ketika cuaca panas? Untuk itu, dalam penanaman tumbuhan Anda juga harus bisa menyesuaikan dengan kondisi lingkungan tempat tinggal Anda.

Namun, Tanaman Bonsai ini termasuk kuat dalam segala situasi dan cuaca. Hanya saja mungkin dalam perkembangannya tidak dapat tumbuh dengan maksimal.




Demikianlah penjelasan mengenai Cara Mengatur Pemupukan Bonsai dan beberapa penyakit yang bisa menimbulkan penghambatan tumbuhnya Tanaman Bonsai.

Perlu diperhatikan jika teknik pemupukan di atas harus benar-benar dilakukan pada waktunya dan sesuai dengan porsinya. Kelebihan dan kekurangan pemakaian pupuk akan menjadi permasalahan baru pada tanaman Bonsai. Oleh karena itu, berikan pupuk sesuai dengan kadar jenis Bonsai itu sendiri.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatur Pemupukan Bonsai"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel