Artikel Pilihan

Alasan Bonsai Mitren Memiliki Harga Jual Tinggi

Ciri Ciri Bonsai Mitren

Bonsai Mitren memiliki nama lain Malphigia Cogcigera. Jenis Tanaman ini mempunyai bentuk yang sangat indah. Mitren tumbuh tinggi keatas disertai bentuk batang yang sangat unik. Mungkin di kalangan pecinta tanaman, Bonsai Mitren ini sudah tidak dapat dikatakan menjadi sesuatu yang asing lagi.

Sejalan dengan Tanaman Bonsai Serut, Mitren juga memiliki harga jual yang sangat tinggi. Sebenarnya apa yang membuat jenis Bonsai ini dapat dijual dengan harga mahal? Berikut uraian penjelasannya

1. Sulit untuk Mengatur Batang dan Cabang Bonsai

Untuk menanam Mitren, diperlukan tingkat kesabaran dan ketelatenan yang cukup besar. Ranting batang dari tanaman ini memiliki pola sejajar. Inilah yang membuat Tanaman ini sulit untuk dipercantik menjadi Bonsai.

Selain itu, batang dan cabang Bonsai Mitren ini tumbuh dengan jangka waktu yang sangat lama. Perlu waktu bertahun-tahun untuk bisa mendapatkan batang tanaman Mitren dengan ukuran yang besar. Oleh karena itu, inilah yang menyebabkan harga jual Bonsai Mitren sangat tinggi.

Baca juga : Melihat Museum Bonsai Beringin Terkenal di Jepang

2. Daun Indah Mirip Bunga Plastik

Berbeda dengan Tanaman Bonsai Serut, Mitren memiliki bentuk daun kecil dan mengkilap seperti plastik.

Untuk waktu tumbuhnya daun ini sangat lama sehingga penanam harus selalu ekstra dalam penjagaan Tanaman. Selain itu, perawatan juga harus tetap dilakukan untuk mendapatkan tanaman yang indah rumpun dengan dedaunan.




3. Memiliki akar yang Seragam dan Lebat

Tipe atau jenis akar tanaman Bonsai Mitren ini menyebar dan juga rimbun. Selain itu, bisa dikatakan jika akarnya memiliki bentuk yang seragam. Anda bisa mengatur ukuran akar untuk dijadikan Bonsai. Pengaturan ini dilakukan pada tahap pemangkasan awal pembuatan Bonsai.

4. Bunga Memiliki Karakter Khas

Ciri Ciri Bonsai Mitren
Sumber: tanamanbonsaibanjarmasin.com
Karakter dari bunga Tanaman Mitren ini adalah bergerombol dan tumbuh secara serentak. Warna dari bunga Mitren ini adalah putih disertai dengan kuning pada bagian putiknya. Bunga ini sangat indah jika dilihat pada tanaman Mitren Aslinya. Namun, ketika Anda membuat Mitren menjadi Bonsai maka semuanya akan tampak lucu. Hal ini dikarenakan tanaman akan berbentuk kerdil dengan tumpukan bunga yang menggerombol.

5. Budidaya Susah

Alasan yang menjadikan Tanaman Bonsai Mitren ini mahal adalah budidaya yang susah. Berbeda dengan Tanaman Bonsai Serut, Mitren perlu perhatian khusus dalam tiap tahapan budidaya. Untuk membudidayakan Tanaman Mitren dapat dilakukan menjadi 2 macam.

Baca juga : Anda Suka Bonsai Beringin? Kenali 6 Seniman Bonsai Ini

Anda bisa budidaya dengan menggunakan sistem merunduk akar atau penanaman bakal biji. Namun, penanaman bakal biji ini akan membuat Anda lebih mengeluarkan uang karena biayanya sangat mahal. Terlebih lagi, jika Anda ingin membuatnya sendiri, Anda harus membutuhkan waktu yang sangat lama dalam pembuatan ini.

6. Bahan Bonsai Langka

Untuk menjadikan Tanaman Bonsai Mitren, langkah awal pasti Anda harus memiliki tanaman asli itu sendiri. Kelangkaan Tanaman Mitren ini akan membuat semakin mahalnya harga jual di pasaran. Bahkan, terdapat beberapa orang kolektor memilih untuk mengoleksi tanaman ini dan merawatnya sendiri. Harga yang dijual dari tanaman ini disesuaikan dengan besarnya diameter Mitren. Semakin besar diameter batang maka semakin mahal pula harga jualnya.

Cara Singkat Merawat Bonsai Mitren

Mitren memiliki bentuk batang yang tidak terlalu besar. Namun, untuk membesarkan tanaman ini diperlukan waktu yang sangat lama. Tanaman ini tidak bisa hidup di daerah yang kering dan panas. Jika Anda bertempat tinggal di daerah tropis maka perhatikan sistem penyiraman pada tanaman ini. Sering-seringlah untuk melakukan penyiraman, pemupukan, dan pengobatan untuk meminimalisir tingkat kegagalan pembuatan Bonsai.




Jangan lupa untuk memangkas bagian daun atau batang yang dirasa mengganggu keindahan tanaman. Disisi lain, Anda juga harus mengira bagian mana saja yang seharusnya dipangkas dan tidak. Hal ini ditujukan untuk meminimalisir tingkat kekecewaan pemangkasan karena jangka waktu perkembangan tanaman ini sangat lama.

Demikianlah penjelasan mengenai alasan Bonsai Mitren memiliki harga jual tinggi. Dengan uraian lengkap di atas memungkinkan Anda memahami mengapa tanaman ini langka dan banyak diminati oleh banyak orang.

Jika Anda seorang kolektor tanaman, maka jangan sia-siakan kesempatan emas tersebut. Semakin langka tanaman tersebut maka pasti suatu saat akan menjadikan nilai jual tanaman akan semakin tinggi. Hal ini bisa Anda jadikan sebagai investasi untuk kehidupan masa depan.

Baca Juga :

Belum ada Komentar untuk "Alasan Bonsai Mitren Memiliki Harga Jual Tinggi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel