Artikel Pilihan

Pilihan Tempat Terbaik Menanam Pohon Ketapang Kencana

Ciri Ciri Pohon Ketapang Kencana

Pernah mendengar nama pohon ketapang? Salah satu jenis pohon ini terbilang cukup familiar dan sangat mudah ditemukan di Indonesia. Sebidang area taman dengan ditanami banyak pohon ketapang kencana ternyata dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan.

Hal ini disebabkan karena pohon ini mampu menjadi tempat meneduh serta menyerap berbagai polusi udara yang dapat mengganggu kesehatan manusia. Tentunya ini akan juga berdampak bagi hunian karena membuatnya lebih asri serta ramah lingkungan.

Ranting-ranting pohon ketapang kencana yang tumbuh akan sangat berguna menyaring cahaya matahari yang masuk, dengan begitu memungkinkan area yang ada di sekitar jadi lebih teduh dan sejuk. Selain itu untuk bagian akarnya berguna menyerap unsur air yang berlebihan.




Sehingga bisa mengurangi resiko banjir. Sehingga bisa disimpulkan jika pohon ketapang kencana bukan hanya sekedar menjadi hiasan taman saja, namun pohon ini memiliki banyak manfaat yang sangat baik bagi lingkungan. Karena itulah tak ada salahnya untuk menanam pohon ketapang di sekitar anda sehingga bisa memberikan banyak manfaat. Lalu tempat terbaik manakah untuk menanam pohon ketapang kencana? Berikut ini penjelasannya.

Baca juga :Apakah Perbedaan Pohon Ketapang Kencana dan Lainnya?

Tempat Terbaik Menanam Pohon Ketapang

Banyak orang yang mengasumsikan jika pohon ketapang kencana dapat ditanam dimanapun. Hal ini didasari karena sifat pohon tersebut, terutama untuk bagian daunnya yang mempunyai tingkat pigmen klorofil tinggi yang mana dapat memudahkan pohon ini bisa beradaptasi pada setiap iklim dan lingkungan. Jika anda berniat untuk menanam pohon ketapang, tempat-tempat inilah yang biasanya digunakan untuk menanam jenis pohon yang satu ini :

1. Taman Trotoar

Jika anda mencari dimana tempat yang paling banyak ditemukan pohon ketapang, maka taman-taman yang berada di area trotoar mungkin menjadi jawaban utama. Ada beberapa area di taman trotoar yang memang sangat cocok ditanami pohon ketapang.

Misalnya saja taman trotoar sekolahan, hal ini karena area taman trotoar sekolah mempunyai space area yang cukup besar. Sehingga akan sangat pas ditanami pohon ketapang yang memang berukuran besar. Dengan begitu, lingkungan sekitar taman trotoar sekolah juga akan terasa lebih teduh mengingat banyaknya sinar matahari yang langsung tersaring ranting dan daun dari pohon ketapang.

Sehingga memungkinkan area bisa menjadi sejuk dan juga berdampak baik bagi murid karena konsentrasinya jauh lebih terfokus.
Ciri Ciri Pohon Ketapang Kencana
Sumber: stewartflowers.net


2. Taman Rumah


Baca juga : Kapan Usia Pohon Ketapang Siap Untuk Berbuah?

Menghadirkan pohon ketapang di area taman rumah juga menjadi salah satu ide terbaik untuk membuat hunian menjadi lebih asri dan sejuk karena banyak cahaya matahari yang dapat tersaring daun dan ranting pohon. Akan tetapi perlu diingat jika pohon ketapang bisa tumbuh tinggi hingga belasan meter. Sehingga sebelum akan menanamnya di halaman rumah, pastikan untuk mempertimbangkan space yang ada agar tidak sampai mengganggu aktivitas dan rutinitas sehari hari.

Bagaimana Cara Menanam Pohon Ketapang ?

  • Jika anda mempunyai benih atau biji ketapang, maka anda bisa memulai menanamnya dari biji. Biasanya benih pohon ketapang didapatkan dari buah yang sudah tua. Ambil bijinya dan kemudian jemur selama 5-6 jam. Setelah itu barulah pindahkan ke tempat teduh selama 24 jam sebelum nantinya akan ditanam.
  • Setelah disimpan di tempat teduh selama 24 jam, kemudian tanam di dalam polibag atau pot
  • Rawat semaian dari biji ketapang hingga tingginya mencapai 30 meter, sebelum nantinya dipindahkan ke tanah.
  • Penting untuk memperhatikan asupan sinar matahari dan air yang cukup untuk mendukung pertumbuhan
  • Setelah proses penyemaian selama 2 minggu, pindahkan pohon ketapang ke lubang tanah yang sudah disediakan. Jangan langsung menarik batang pohon ketapang karena masih rapuh. Masukkan saja tanaman tersebut beserta tanah semaian di lubang yang disediakan dan kemudian tutup sisa lubang dengan menggunakan tanah


  • Siram tanaman dengan lembut dan jangan lupakan pemupukan.
  • Setelah tanaman mulai rindang dan rimbun, lakukan pemangkasan jika memang anda menginginkan pohon ketapang dapat tumbuh rapi serta tidak menghalangi pemandangan.
  • Siram teratur agar tidak mengalami kekeringan namun juga jangan terlalu basah
  • Usahakan untuk tidak menanam pohon ketapang dekat bangunan karena akar pohon bisa kokoh dan menjalar yang membuatnya merusak bangunan di sekitar

Baca juga :








Belum ada Komentar untuk "Pilihan Tempat Terbaik Menanam Pohon Ketapang Kencana"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel