Artikel Pilihan

Morfologi Umum yang Dimiliki Pohon Palem Raja

ciri ciri pohon palem

Pohon palem raja adalah salah satu jenis palem yang berasal dari wilayah Karibia dan popularitas pohon palem raja sudah sangat tinggi di seluruh dunia, salah satunya di Indonesia. Pemanfaatan pohon palem raja sudah sangat beragam. Pohon palem raja juga memiliki morfologi umum yang perlu diketahui, agar tidak tertukar dengan jenis palem lainnya.


Morfologi Umum yang Dimiliki Pohon Palem Raja

1. Daun

ciri ciri pohon daun palem
Sumber: wikimedia.org
Daun pohon palem raja memiliki tangkai, pelepah dan lengkap dengan helaian daunnya dan daun pohon palem raja juga memiliki bentuk daun yang majemuk, karena dilengkapi dengan anak-anak daunnya. Pohon palem raja memiliki bangun daun dewasa yang bentuknya memanjang dan untuk bangun daun anakan, bentuk nya memanjang serta bagian ujung meruncing.

Bagian pangkal daun pohon palem raja memiliki bentuk yang bundar. Untuk susunan tulang daunnya menyirip, karena salah satu ibu tulang akan membujur di bagian tengah sampai dengan ujung daunnya. Sedangkan untuk anak daun bentuknya sejajar, hal ini didasarkan pada bentuk bangun daun yang menyerupai sebuah pedang.

Bagian tepi daun pohon palem raja bentuknya rata dan warna daging daun pohon palem raja adalah hijau tua. Bagian permukaan daun biasanya akan terasa licin, baik bagian atas atau bawah dan daging daun pohon palem raja memiliki tekstur yang keras, layaknya sebuah kertas. Warna permukaan bagian atas daun adalah hijau tua dan bagian bawah daun memiliki warna hijau muda.

2. Akar

Pohon palem raja memiliki bentuk akar yang serabut dan setiap radikula yang dihasilkan dari bibit akan tumbuh memanjang ke bagian bawah dalam waktu 6 bulan, panjang akar bibit pohon palem raja bisa mencapai 15 cm. Secara umum akar primer dari pohon palem raja akan berkembang terus dan susunan akar akan terbentuk dari serabut primer yang tumbuh vertikal serta horizontal.

Serabut primer pada akar pohon palem raja akan memiliki cabang yang berubah menjadi sekunder ke bagian atas dengan bawah dan semua akar bercabang akan menjadi sebuah akar yang sifatnya tersier. Panjang akar pohon palem raja bisa mencapai 8 meter ke bagian bawah dan bisa mencapai 15 meter ke bagian samping.

Akar pohon palem tidak memiliki buku, namun ujungnya sangat runcing. Warna akar pohon palem raja adalah putih yang mendekati warna abu-abu dan sifat dari akar pohon palem raja tidaklah terlalu sensitif, jadi tidak akan mudah mati.

Baca Juga :

3. Batang

Batang pohon palem raja memiliki bentuk yang bulat besar dan batang pohon palem raja biasanya tidak memiliki cabang. Bentuk ujung batang pohon palem seperti sebuah mahkota dan tinggi bagian batang bisa mencapai 30 meter. Batang pohon palem raja memiliki permukaan yang halus dan seringkali ditemukan bekas pelepah daun yang gugur.

Batang pohon palem raja tidak memiliki kambium yang sejati dan biasanya batangnya beruas-ruas. Apabila batang pohon palem diiris dengan cara melintang, maka batang akan batangnya akan terlihat memiliki saluran pembuluh yang bentuknya menyebar pada bagian dalam. Luka yang timbul dalam bagian batang pohon palem raja biasanya sulit untuk ditutup dan akan berpotensi semakin membesar.

4. Bunga

Bentuk bunga jantan pada pohon palem raja akan memiliki bentuk lonjong dengan ujung kelopaknya yang runcing dan bunga betina biasanya memiliki bentuk yang bulat dengan bagian ujung kelopaknya berbentuk rata, namun garis tengah bunganya sedikit agak tebal.

5. Buah

Buah yang dimiliki pohon palem raja biasanya memiliki bentuk yang bulat dan memiliki kulit bagian luar yang lumayan tebal. Buah pohon palem raja akan terbentuk setelah melewati proses penyerbukan dan proses pembuahan. waktu penyerbukan biasanya memakan waktu sekitar 5 sampai 6 bulan dan dengan proses penyerbukan yang baik, maka buah yang dihasilkan akan bagus.


6. Biji

Biji dari pohon palem raja dilindungi dengan bagian dalam yang teksturnya keras dan seperti berserat atau berkayu. Serat buah biasanya terkenal dengan sebutan sabut dan dalam sebuah batok, tentu akan ditemukan sebuah biji yang terbilang masih muda. Biji yang muda biasanya bentuknya cair dan akan berubah menjadi sebuah endapan yang semakin keras. Pengendapan inilah yang akan menghasilkan banyak kandungan protein.

Demikian ulasan lengkap mengenai morfologi umum pohon palem raja dan semoga semua bahasannya memberikan manfaat untuk para pembaca.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Morfologi Umum yang Dimiliki Pohon Palem Raja"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel