Artikel Pilihan

Mengenal Lebih Dekat Tanaman Pohon Bonsai Sakura

Di negara Jepang, pohon sakura dikenal sebagai pohon festival dan juga sebagai lambang kebahagiaan yang awet sampai kapanpun. Maka dari itulah, banyak warga Jepang yang ikut serta menanam pohon sakura di kediaman mereka untuk bisa memperoleh suasana yang sama, terlebih lagi pada musim semi.

Pemeliharaan pohon harus terus dilakukan untuk bisa membuat si pohon sakura terus bertahan hidup. Biasanya, langkah-langkah perawatan membutuhkan cara tertentu agar bisa memotong dahan atau dedaunan yang busuk. Bagi sebagian orang hal ini bisa dibilang merepotkan, terutama bagi mereka yang melakukan perawatan sendiri.

Maka dari itu, banyak pula orang yang beralih dalam membudidayakan pohon bonsai sakura. Sama seperti tanaman bonsai lainnya, sakura bonsai memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dari pohon aslinya. Karena ukurannya yang minimalis, perawatan pohon bonsai sakura ini tidak perlu membutuhkan tenaga sebesar merawat pohon sakura asli yang berukuran jauh lebih besar.



Pengenalan Bonsai

Ciri Ciri Pohon Bonsai Sakura

Nah, sebelum mengenal apa itu sakura bonsai, alangkah baiknya jika kita memahami terlebih dahulu apa pengertian dari pohon bonsai. Bonsai merupakan sebuah teknik dari negara Jepang untuk menciptakan tanaman pohon dengan ukuran yang lebih kecil atau minimalis. Teknik ini menggunakan prinsip kematangan umur untuk bisa membentuk pohon biasa menjadi tanaman bonsai.

Jenis tanaman bonsai sendiri pun bermacam-macam, mulai dari tanaman asli maupun yang artifisial atau buatan. Nah, yang artifisial ini cocok untuk orang yang tidak punya waktu untuk hal ini. Namun, apabila anda memiliki niatan untuk memiliki tanaman bonsai, anda bisa memulai dari tanaman apel, azalea, dan juga salah satu tanaman bonsai terpopuler, pohon bonsai sakura.

Pohon Bonsai Sakura

Menanam pohon bonsai sakura merupakan langkah yang cukup sulit. Beberapa langkah perlu dipahami terlebih dahulu sebelum dipraktekkan. Namun, segala usaha yang anda lakukan dapat berbuah manis, terlebih lagi pada saat bunga-bunga sakura mulai bermekaran dan menghiasi seluruh pohon bonsai sakura anda.

Bunga-bunga sakura ini terkenal akan keindahannya, dan pada saat berguguran, bunga-bunga ini akan memunculkan kesan romantik. Tanah pun pada akhirnya akan tertutupi dengan dedaunan dan bunga-bunga sakura yang indah. Menciptakan karpet merah muda yang menghiasi hidup anda.

Tanaman pohon bonsai sakura ini sebenarnya bukan merupakan tanaman yang khas di daerah Jepang saja, tapi juga di banyak negara di Asia Timur terutama Korea Selatan dan China. Dan yang perlu anda tahu, jenis sakura yang bisa dijadikan bonsai sangat banyak jumlahnya. Apabila di total, kurang lebih ada 420 varietas sakura yang bisa anda ubah menjadi pohon bonsai.

Bibit Sakura Bonsai

Ciri Ciri Pohon Bonsai Sakura
Sumber: cdn11.bigcommerce.com
Seperti halnya menanam pohon sakura biasa, anda bisa memulai membuat pohon bonsai sakura mulai dari bibit atau biji. Apabila anda ingin perasaan yang lebih intim, dimana anda merawat sakura mulai dari langkah terkecilnya, anda bisa memulai menanam mulai dari bentuk biji. Apabila anda ingin progress yang lebih cepat, anda bisa memilih menanam bibit.

Biji dan bibit pohon sakura sendiri dijual banyak di toko Indonesia, terutama di beberapa marketplace yang ternama. Selain menjual bibit sakura, mereka juga menjual bibit pohon sakura dengan harga yang lebih tinggi. Hal ini bisa lebih memudahkan penanam yang ingin progress yang lebih cepat dalam penanaman bonsai ini.



Paket Pembelian Sakura Bonsai

Bagi anda yang ingin melakukan tapi masih bingung untuk memulai dari mana, anda bisa membeli peralatan bonsai DIY yang banyak dijual di pasaran. Dalam satu set ini anda akan dibekali oleh beberapa item yang berguna untuk anda, seperti biji bonsai sakura, vas yang terbuat dari keramik, campuran untuk dimasukkan dalam pot, beberapa batu kerikil, dan juga tentunya instruksi manual untuk anda.

Nah, anda bisa menemukan paket serupa di beberapa marketplace terkemuka di dunia, seperti Amazon contohnya. Untuk mendapatkan paket lengkap ini, tiap pembeli diwajibkan membayar sebesar 13 dollar saja, atau kurang dari 200 ribu rupiah. Meski penanaman pohon bonsai sakura ini memang tidak mudah, adanya paket serupa bisa sangat membantu anda yang tertarik untuk menanam bonsai, terutama bagi yang masih pemula.

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Lebih Dekat Tanaman Pohon Bonsai Sakura"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel