Artikel Pilihan

Metode Pembibitan Pohon Ketapang

Sama seperti pohon lainnya, pohon ketapang merupakan pohon yang dikembangbiakkan dengan pembibitan manual. Artinya sangat sulit untuk pohon ini melakukan pertumbuhan secara otomatis. Kita harus bisa menentukan manakah bibit ketapang yang berkualitas dan mana yang tidak. Pasalnya, kesuksesan dari budidaya pohon ketapang ada di proses pembibitannya.

Jika proses pembibitan yang kita lakukan gagal, maka sampai dewasa pohon ini tidak akan tumbuh dengan baik. Beda ceritanya jika kita memilih bibit ini secara benar-benar. Alhasil kita akan mendapatkan bibit pohon ketapang yang berkualitas. Dimana bibit pohon ketapang yang berkualitas bisa dinilai dari Ciri-ciri khusus. Disini kami akan menjelaskan tentang metode dari bibit pohon ketapang yang berkualitas.

Memilih Metode Pembibitan

sebelum memilih bibit yang berkualitas maka sebaiknya anda pilih terlebih dahulu metode pembibitannya. Secara general, pohon ini dibagi menjadi:




1. Pembibitan Biji

Cara yang pertama adalah dengan pembibitan menggunakan biji. Biji pohon ketapang yang dipilih adalah yang sudah tua. Untuk menentukannya anda bisa melihat dari segi warna dan bentuknya. Biji yang siap semai adalah biji yang benar-benar kering. Warnanya hitam kecoklatan dan bobotnya ringan.

Untuk proses pembibitan menggunakan biji ada kelemahan dan juga keunggulannya tersendiri. Keunggulannya adalah lebih murah, sumber daya biji ketapang bisa kita temukan secara gratis. Anda bisa mengambil biji yang bertebaran di bawah pohon ini. Cukup pilih yang sudah matang alias tua.

Ciri Ciri Biji Pohon Ketapang

Baca juga : Jangan Kaget, Di Waktu Ini Pohon Ketapang Meranggas Sempurna

Kelemahan dari proses penyemaian menggunakan biji ketapang adalah prosesnya yang memakan waktu lama, seperti kita tahu bahwa sebelum ditanam dalam lahan yang luas, pohon ketapang dari biji ini harus kita semai terlebih dahulu.

Dimana proses penyemaian dari pohon ini akan memakan waktu yang cukup lama. Jika anda tidak sabar ingin segera menunggu pohon ketapang Dewasa maka sebaiknya jangan pilih metode yang satu ini. Anda bisa pilih metode yang kedua yaitu bibit semaian.

2. Pembibitan Semai

Metode selanjutnya yang bisa anda pilih adalah pembibitan Semai. Untuk proses pembibitan Semai adalah penanaman pohon ketapang dengan menggunakan tanaman hasil semai, dimana tanaman ini bisa anda beli di toko-toko pertanian atau di tempat pembudidayaan.

Pembibitan Semai sangat cocok bagi anda yang tidak mau mengambil resiko penanaman pohon ketapang. Karena ketika kita menanam menggunakan media biji maka kemungkinan untuk gagal sangatlah besar.
Ciri ciri pohon ketapang
Sumber: medium.com
Untuk bibit semaian ini ada kelebihan dan kekurangannya. Kelebihannya adalah pohon jadi lebih mudah ditanam, pohon ketapang juga memiliki potensi tumbuh dewasa lebih besar jika dibandingkan dengan biji, pohon ketapang yang menggunakan media semai jauh lebih praktis.

Sementara itu, kelemahan dari memilih bibit semai adalah harganya yang cukup mahal. Tidak seperti pembibitan Biji ketapangnya yang harganya cenderung murah bahkan gratis, untuk pembibitan semai harganya jauh lebih tinggi.

Baca juga : Berapa Ukuran Pohon Ketapang yang Ideal?

3. Pembibitan Cangkok

Sama seperti beberapa pohon lainnya, pohon ketapang juga bisa dibudidayakan dengan cara cangkok. Proses pencangkokan tanaman peneduh ini juga hampir mirip dengan proses cangkok tanaman lain. Caranya yaitu dengan menyayat bagian kecil dari kulit pohon ini. Setelah itu ditimbun dengan tanah yang subur lalu dibiarkan sampai akar tumbuh. Setelah akar tumbuh, batang cangkokan pohon ketapang bisa dipindahkan ke media tanah.
Ciri ciri pohon ketapang
Sumber: stewartflowers.net
Proses pencangkokan ini memiliki kelebihan dan kekurangan sama seperti pembibitan yang lain. Kelebihannya adalah varietas pohon unggul bisa dengan mudah diturunkan pada pohon yang akan dicangkok. Misalnya pohon ketapang yang anda cangkok memiliki karakteristik batang kuat, bentuk daun menyerupai kanopi dll. Kemudian bentuk tersebut berhasil di copy oleh tanaman cangkok. Kekurangan dari proses pencangkokan ini adalah sulitnya melakukan eksekusi.




Proses pencangkokan pohon ketapang tidak semudah kelihatannya. Kita perlu teknik khusus dalam menjalankan proses pembibitan metode ini. Selain itu, kekurangan dari metode cangkok adalah prosesnya yang memakan waktu lama. Bahkan sangat riskan gagal. Kegagalan ini disebabkan oleh berbagai faktor misalnya kekurangan pengetahuan atau kesalahan pemilihan media.

Dari ketiga metode tersebut sebenarnya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sebaiknya anda yang paling anda butuhkan saat ini.

Baca Juga :

Belum ada Komentar untuk "Metode Pembibitan Pohon Ketapang "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel