Artikel Pilihan

Manfaat Kesehatan yang Bisa Diperoleh dari Sadapan Pohon Maple

Air maple atau maple syrup diperoleh dari getah maple murni pada pohon maple. Cairan berwarna bening dan bernutrisi ini mengalir dari pohon maple dalam waktu singkat khususnya pada awal musim semi.

Air maple sudah melewati proses alami sehingga ada begitu banyak nutrisi yang tersimpan di dalam pohon maple sepanjang musim dingin. Untuk itu, tidak hanya memiliki rasa yang nikmat, namun ada begitu banyak manfaat kesehatan dari sadapan pohon maple ini yang bisa anda dapatkan dan akan kami jabarkan secara lengkap berikut ini.

Nilai Gizi Sadapan Pohon Maple

ciri ciri pohon maple


Di dalam getah maple mengandung sekitar 95% sampai 97.5% kandungan air. Selain itu, kandungan sukrosa adalah gula utama dari sadapan pohon maple dan ada beberapa kandungan lain seperti asam organik, asam amino, oligosakarida serta senyawa fenolik.

Air sadapan dari pohon maple juga mengandung 46 senyawa bioaktif dan beberapa diantaranya mengandung sidat antioksidan. Ditambah lagi, ada kandungan mineral seperti seng, potasium, mangan dan juga kalsium yang bagus untuk tulang.

Manfaat Kesehatan Air Sadapan Pohon Maple

Air sadapan pohon maple ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh manusia. Campuran dari nutrisi, vitamin serta polifenol didalamnya nantinya bahkan bisa meningkatkan kesehatan tiroid serta tulang. Berikut adalah beberapa manfaat dari air sadapan pohon maple selengkapnya untuk anda.

1. Sadapan Maple Untuk Pencernaan

Getah dari sadapan pohon maple merupakan sumber oligosakarida yang baik serta bisa dipakai untuk sumber karbon bakteri baik seperti lactobacili di usus. Ini nantinya bisa membantu mencerna makanan sekaligus menguatkan sistem pencernaan.


2. Menjaga Kestabilan Gula Darah

Dari studi terbaru ditemukan jika getah pohon maple mengandung Abscisic Acid atau ABA yang bisa membantu mengontrol gula darah serta baik untuk penderita diabetes tipe 2 serta peradangan yang berhubungan dengan obesitas.


3. Memberikan Efek Serupa Dengan Kemo Untuk Kanker

 Polifenol merupakan senyawa bioaktif yang ada di makanan nabati. Ginnalins A-C merupakan polifenol yang ada di getah serta bagian lain dari gula serta spesies maple merah.

Dalam studi penelitian membuktikan jika polifenol dalam sadapan pohon maple mungkin mempunyai efek kemo preventif kanker dengan cara menghentikan siklus sel.


4. Mengatasi Penyakit Inflamasi

Air pohon maple mengandung sekitar 24 antioksidan dalam bentuk senyawa fenolik. Kandungan fenolik ini berguna untuk mengurangi kerusakan akibat radikal bebas penyebab peradangan serta berkontribusi pada pembentukan banyak penyakit kronis seperti penyakit radang usus, radang sendi atau penyakit jantung.

Baca Juga :

5. Mengandung Banyak Elektrolit

ciri ciri pohon maple
Sumber: media.istockphoto.com
Di dalam air sadapan maple mengandung elektrolit yang hampir sama dengan air kelapa. Untuk itu, air maple dipercaya bisa melembabkan tubuh karena beberapa kandungan elektrolit seperti magnesium, kalium serta kalsium.


6. Mengandung Gula Serta Kalori Alami yang Rendah

Dalam air sadapan pohon maple mengandung jumlah kalori rendah yakni hanya 45cal sampai 500 mL atau kurang dari ½ kandungan kalori air mineral lain seperti pada air kelapa.

Dengan kandungan gula yang hanya 2% serta rendah kalori, maka air sadapan pohon maple bisa dijadikan alternatif yang sehat untuk minuman manis seperti minuman olahraga atau jus buah.


7. Rendah Indeks Glikemiks

Gula rafinasi serta karbohidrat olahan akan dimetabolisme secara cepat dan akhirnya menyebabkan gula tinggi yang diikuti juga dengan gula cepat. Hal lebih buruk yang bisa terjadi, mengonsumsi gula berlebihan bisa menyebabkan gula darah meningkat dan meningkatkan kadar insulin yang kemudian bisa menyebabkan respon insulin rendah dan masalah dalam mengelola glukosa darah serta diabetes.

Sedangkan kandungan indeks glikemiks dalam air sadapan pohon maple sangat rendah sehingga aman untuk dikonsumsi.

8. Baik Untuk Menjaga Kesehatan Kulit

Ada banyak orang yang menggunakan air sadapan pohon maple ini secara topikal atau langsung ke permukaan kulit. Sama seperti madu mentah, air maple sangat bagus untuk masker sebab bisa menghidrasi kulit serta mengurangi bakteri dan tanda tanda iritasi pada kulit.

9. Menambah Asupan Vitamin dan Mineral Penting

ciri ciri pohon maple
Sumber: media.istockphoto.com
Manfaat terakhir dari air sadapan pohon maple adalah untuk menambah asupan vitamin dan mineral penting ke dalam tubuh. Sirup maple mengandung gula tinggi berbentuk sukrosa ditambah beberapa komponen penting seperti asam organik, oligosakarida, asam amino, polisakarida, mineral dan juga vitamin.

Selain itu, dalam sirup maple juga mengandung mangan serta seng dalam jumlah banyak selain kalsium dan juga potasium. Seng bermanfaat untuk melawan penyakit serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan cara menjaga tingkat sel darah putih tetap tinggi. Sedangkan mangan dibutuhkan dalam metabolisme lemak serta karbohidrat, penyerapan kalsium, menjaga fungsi otak, mengatur gula darah dan juga saraf.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk " Manfaat Kesehatan yang Bisa Diperoleh dari Sadapan Pohon Maple"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel