Artikel Pilihan

Manfaat Pohon Porang: Mulai Bahan Makanan Sampai Skincare

Ciri Ciri Pohon Porang

Manfaat pohon porang sangatlah beragam. Keberagaman manfaat porang menjadikan tingginya nilai ekonomi porang. Terbukti dari beberapa negara di dunia ini membutuhkan bahan porang dari Indonesia. Salah satunya, yakni negara Jepang. Kebutuhan Jepang akan porang dalam setiap tahunnya saja bisa mencapai 3000 per ton.

Hasil Utama Tanaman Porang

Hasil utama tanaman porang yang biasa dipanen adalah bagian umbinya. Orang Jawa biasa mengenal dengan sebutan iles-iles. Pada dasarnya umbi porang memiliki 2 jenis yaitu umbi yang terdapat di dalam tanah dan umbi yang terdapat pada pangkal daun.

Baca juga : Wajib Tahu! Ini Manfaat Umbi Pohon Porang di Sektor Industri

Biasanya umbi yang berada di pangkal daun ini disebut sebagai bubil. Sedangkan, umbi yang dapat memberikan nilai ekonomi adalah umbi yang berada di dalam tanah atau dapat disebut sebagai umbi batang. Umbi batang dipanen ketika tanaman telah berusia lebih dari 3 tahun dan bobot umbinya telah mencapai lebih dari 1 kg.



Sebenarnya umbi ini berfungsi sebagai cadangan makanan tumbuhan porang. Setelah pemanenan umbi, biasanya bagian atasnya dangkal akibat bekas dari batang tanaman yang melekat. Warna kulit umbi yang baru saja dipanen berwarna keabu-abuan.

Namun warna kulitnya akan berubah menjadi hitam jika disimpan dalam beberapa hari. Hal ini dikarenakan umbi porang ini tidak bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama. Maka, perlu segera diolah menjadi tepung.

Kandungan Umbi Porang

Umbi porang memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi berupa polisakarida. Nama lainnya dapat disebut sebagai glukomanan. Sifat dari glukomanan ini dapat larut dalam air, bahkan bisa mengental dan membentuk gel. Selain itu, juga bisa membentuk lapisan kedap air jika ditambahkan dengan gliserin.
Ciri Ciri Pohon Porang
Sumber: img.okeinfo.net
Beragamnya manfaat pohon porang berasal dari kandungan glukomanannya yang tinggi sekitar 15% hingga 60%. Selain glukomanan, terdapat beberapa kandungan mineral dengan konsentrasi yang tinggi, antara lain kalium, magnesium, selenium, fosfor, dan zat tembaga yang diperlukan tubuh. Nutrisi lain yang ditemukan adalah protein sekitar 9,7%, asam amino bisa mencapai 2,5%.

Baca juga : Cara Mengolah Porang Menjadi Berbagai Bahan Makanan

Gizi yang terkandung dalam umbi porang bisa dikatakan cukup banyak dan beragam. Pasalnya, jika diketahui lebih detail dalam 100 gram umbi terkandung 50 gram glukomanan, protein sebesar 1,64 gram, zat tembaga sekitar 0,08 mg. Kandungan fosfornya juga mencapai 4,06 mg. Lemak yang terkandung dalam umbi sangat sedikit hanya 0,0004 gram saja.

Berbagai Manfaat Porang yang Perlu Diketahui

Artikel ini akan merangkum keberagaman manfaat pohon porang. Adapun beberapa manfaat porang adalah sebagai berikut :

1. Dapat Diolah Menjadi Sabun Aromaterapi

Porang mengandung zat yang bisa mengikat lemak, sehingga jika digunakan sebagai sabun maka kotoran dan minyak di permukaan kulit akan dapat dibersihkan. Bukan hanya itu saja, karena kandungan gelatin yang bisa menghaluskan kulit ada dalam umbi porang, maka tidak heran jika pemakai sabun porang akan bisa merasakan kulit lebih halus.
Ciri Ciri Pohon Porang
Sumber: i.etsystatic.com
Porang sangat bisa dicampurkan dengan bahan apa saja. Misalnya charcoal, bambu, essence, dan minyak ekstrak tumbuhan. Jika Anda ingin merasakan sabun porang dengan aromaterapi, maka kini sudah ada beberapa tempat yang menjualnya.



2. Suplemen Diet yang Baik

Kandungan umbi porang ternyata mengandung berbagai khasiat yang bermanfaat untuk kesehatan. Pasalnya, bahannya tersebut dapat membantu memperlambat pengosongan perut.
Sehingga, kandungannya tersebut membuat perut tidak gampang merasa lapar. Maka, dari itulah cocok digunakan sebagai campuran bahan penurun berat badan.

Bahkan, bermanfaat bagi penderita diabetes karena pengendalian rasa kenyang tersebut berpengaruh pada pengontrolan kadar gula dalam darah.

Tidak hanya bisa menurunkan berat badan saja, melainkan dapat pula mengontrol kadar kolesterol yang terlalu tinggi dalam tubuh. Hal tersebut dikarenakan serat yang tinggi dan tidak adanya lemak dalam umbi porang. Selain itu, juga bermanfaat untuk membantu penyembuhan penyakit diabetes.

3. Bahan Makanan

Sudah bukan rahasia lagi bahwa konyaku dan mie Shirataki adalah olahan porang yang diimpor ke Jepang. Ya, umbi yang satu ini memang sangat bermanfaat untuk berbagai olahan makanan. Teksturnya yang kenyal dan berserat membuat banyak jenis masakan bisa disajikan dengan hanya menggunakan tepung porang.

Manfaat pohon porang yang telah dijelaskan, semoga dapat membuka pikiran masyarakat untuk memanfaatkan peluang ini. Keberagaman porang tersebut menandakan tingginya kebutuhan akan tanaman tersebut.

Baca Juga :







Belum ada Komentar untuk "Manfaat Pohon Porang: Mulai Bahan Makanan Sampai Skincare"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel