Artikel Pilihan

Cara Mengolah Porang Menjadi Berbagai Bahan Makanan

Ciri Ciri Tanaman Porang

Ada beberapa cara mengolah porang menjadi berbagai menu makanan. Umbi porang merupakan bahan alternatif pengganti makanan pokok karena kandungannya yang kaya akan serat dan baik untuk pencernaan serta dapat memberikan rasa kenyang.

Tekstur umbi porang yang menjadi kenyal dan empuk setelah diolah sangat cocok sebagai bahan utama pembuatan makanan kudapan khas Indonesia sampai makanan ala Jepang. Namun Anda harus benar-benar memastikan bahwa cara pengolahan porang sudah tepat. Apabila umbi porang diolah dengan cara yang kurang tepat maka akan menimbulkan rasa gatal.

Baca juga : Perbedaan Porang dan Suweg Serta Tanaman Lain yang Serupa

Beberapa Makanan dari Olahan Umbi Porang

Beberapa orang masih belum familiar dengan umbi porang ataupun makanan dari olahan umbi porang. Namun ternyata umbi porang sudah terkenal sampai ke Jepang, Taiwan hingga Korea. Di negara tersebut umbi porang menjadi bahan utama pembuatan makanan khas yang biasa dikonsumsi oleh penduduk sekitar. Tak kalah dengan negara lain, di Indonesia porang juga dapat diolah menjadi berbagai makanan. Berikut daftar makanan dari olahan umbi porang.




1. Tepung Porang

Seperti halnya singkong, beras, ketan dan jagung yang dapat diolah menjadi bahan tepung. Umbi porang juga dapat melalui proses pengolahan yang dapat menjadikannya sebagai tepung porang.
Ciri Ciri Tanaman Porang
Sumber: shopee.co.id
Tepung porang sendiri memiliki manfaat sebagai tambahan bahan pangan yang baik bagi kesehatan karena kadar gulanya yang rendah. Berbeda dengan makanan karbohidrat lainnya yang tinggi gula seperti nasi. Umbi porang justru mampu mengontrol kadar gula darah dan aman bagi penderita diabetes.

2. Putu ( Makanan Khas Jawa )

Siapa yang tak kenal putu? Makanan yang memiliki banyak versi dan berbahan dasar tepung beras atau singkong kini dapat diolah dengan bahan umbi porang. Cara mengolahnya pun tergolong mudah dan sederhana.

Pertama, adalah menyiapkan umbi porang yang telah dicuci bersih lalu dikukus hingga matang. Sambil menunggu umbi matang, masak tepung beras dengan santan dan gula di atas api sedang. Kemudian umbi porang yang telah dikukus ditumbuk hingga halus. Setelah itu campurkan umbi porang dengan adonan tepung beras.

Uleni menggunakan tangan hingga kalis dan merata. Bagi adonan menjadi beberapa bagian dan tambahkan pewarna makanan sesuai selera. Siapkan daun pisang yang telah dipotong ukuran ± 10 cm persegi.

Siapkan juga cetakan mie manual lalu masukkan adonan ke dalam cetakkan. Cetak adonan di atas potongan daun pisang. Selanjutnya siapkan dandang dan kukus putu selama ± 30 menit. Setelah matang sajikan dengan kuah gula merah.

Baca juga : Budidaya Pohon Gaharu Unggul untuk Petani Pemula

3. Konyaku dan Mie Shirataki

Konyaku adalah makanan khas Jepang yang biasa disantap dengan shirataki. Makanan ini dibuat dengan bahan dasar berupa umbi porang. Cara pembuatannya adalah dengan mengolah umbi porang menjadi tepung terlebih dahulu.
Ciri Ciri Tanaman Porang
Sumber: google.com
Kemudian tepung tersebut dimasak dengan cara tertentu hingga menjadi konyaku. Dalam metode lain konyaku juga dapat dibuat dari umbi porang langsung yang telah direbus. Umbi porang yang telah direbus juga dapat dibuat menjadi shirataki.

4. Bahan Pembuatan Jelly

Pembuatan jelly juga menjadi salah satu cara mengolah porang. Hal ini karena tekstur porang yang telah dimasak kemudian didiamkan akan menjadi padat dan kenyal. Sehingga sangat cocok sebagai bahan alternatif dalam pembuatan jelly. Hasilnya pun akan lebih sehat dan juga dapat mengenyangkan.

Manfaat Mengolah Porang

Dengan melakukan pengolahan terhadap umbi porang maka Anda akan mendapat manfaat sebagai berikut :

1. Meningkatkan Nilai Ekonomi

Porang terbukti menjadi bahan pangan yang berkhasiat dan sangat menguntungkan. Dengan pengelolaan yang baik maka akan meningkatkan nilai ekonomi jangka panjang. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya peluang usaha yang muncul dengan maraknya budidaya umbi porang yang telah banyak diekspor.




2. Meningkatkan Kesehatan dan Menekan Kadar Gula dalam Darah

Kadar gula yang rendah akan membuat Anda tetap nikmat mengkonsumsi hasil olahan tanpa khawatir kadar gula dalam darah meningkat. Kandungan umbi porang pun mampu diserap dengan baik oleh tubuh sehingga tubuh menjadi lebih sehat.

3. Memaksimalkan Hasil Bumi

Manfaat lainnya adalah sebagai langkah memaksimalkan hasil bumi untuk diolah dan dinikmati serta terus dibudidayakan agar komoditi porang dapat senantiasa menyumbangkan hasil yang menguntungkan bagi semua pihak.

Baca Juga :



Belum ada Komentar untuk "Cara Mengolah Porang Menjadi Berbagai Bahan Makanan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel