Artikel Pilihan

Wajib Tahu! Ini Manfaat Umbi Pohon Porang di Sektor Industri

Ciri Ciri Tanaman Porang

Umbi pohon porang adalah bagian utama dari tanaman porang yang dicari dan dimanfaatkan oleh banyak orang. Umbi tersebut pula yang menjadi bahan perdagangan serta bahan untuk olahan makanan.

Bagian umbi tumbuh dan berkembang di dalam tanah bersama akar tanaman. Setelah cukup tua, umbi akan memiliki ukuran yang besar dan siap untuk dipanen. Meski tidak ada ukuran pasti yang paling baik.

Berat umbi dapat berkisar antara 50 - 200 gram pada satu periode tumbuh, kemudian menjadi 250 - 1.350 gram pada periode kedua. Serta 450 - 3.350 gram pada periode tumbuh ketiga. Rata-rata umbi dapat mencapai ukuran berdiameter 28 cm dengan berat 3 kg.




Manfaat Umbi Pohon Porang Selain untuk Makanan

Tahukah Anda bahwa umbi porang tidak hanya bermanfaat untuk diolah menjadi makanan saja. Namun umbi berjenis tunggal ini dapat digunakan sebagai bahan untuk olahan lain selain makanan.

1. Lem Perekat

Umbi porang memiliki kandungan konjac yang membuatnya bertekstur kenyal. Selain kenyal porang juga memiliki daya lekat yang baik sehingga hasil alam ini dapat digunakan untuk pembuatan lem perekat yang ramah lingkungan.

2. Sebagai Bahan Campuran untuk Produk Industri

Manfaatnya yang sangat banyak menjadi kekayaan tersendiri bagi Indonesia. Bagaimana tidak? Umbi porang dengan kandungan dan teksturnya yang kenyal, lembut dan mudah lekat sangat baik sebagai bahan campuran pembuatan cat, kain katun dan wol serta lapisan untuk membuat kain mengkilap. Material yang mengandung porang cenderung memiliki harga lebih ekonomis dan kandungan zatnya tidak akan merusak lingkungan.

Baca juga : 15 Tanaman Hias Bunga Murah Yang Indah dan Menarik

3. Bahan Perekat Kapsul

Lebih dari sekedar bahan pangan dan campuran pada industri, porang juga berperan dalam membantu dunia medis melalui obat-obatan.
Ciri Ciri Tanaman Porang
Sumber: facebook.com
Kandungan KGM pada porang berfungsi untuk melekatkan kapsul dan mencegah penggunaan bahan lain yang berbahaya atau berdampak buruk bagi kesehatan.

4. Penjernih Air

Umbi porang juga dapat berfungsi sebagai penjernih air. Hal ini karena porang mengandung glukomanan yang dapat memurnikan air dan keloid dalam bir, minyak, gula dan serta lainnya.

5. Isolator Listrik

Manfaat berikutnya adalah mampu menjadi gel pengganti gel silikon. Hal tersebut karena kandungan pada glukomanan pada tanaman porang yang berbentuk seperti gel dan bersifat sebagai listrik.

6. Sebagai Bahan Waterproof

Apabila umbi porang diproses dan dicampurkan dengan bahan gliserin atau natrium hidroksida, maka glukomanan didalamnya dapat menjadi bahan aktif yang mampu menahan air. Oleh sebab itu umbi pohon porang juga cocok sebagai bahan pembuatan cat waterproof.

7. Pengganti Gelatin

Gelatin adalah bahan pembuat negatif film, isolator dan seluloid yang mirip selulosa. Sementara pada umbi porang terdapat selulosa yang dapat menggantikan peran gelatin tersebut.

Baca juga : Tips Budidaya Tanaman Hias untuk Pemula

8. Bahan Pembuat Cangkang Kapsul Pada Obat

Umbi porang juga dapat berfungsi untuk membuat cangkang kapsul pada obat-obatan. Hal ini karena sifat pada kandungan porang yang mudah dibentuk dan dapat terlarut dengan mudah dalam tubuh.

Daerah Penghasil Umbi Pohon Porang

Umbi porang telah banyak dibudidayakan di Indonesia. Beberapa di antara daerah potensial penghasil umbi porang adalah Madiun, Bojonegoro, Sukabumi dan daerah-daerah lainnya. Para petani dan penggerak budidaya porang tersebut mampu mencapai kesuksesan.
Ciri Ciri Tanaman Porang
Sumber: facebook.com
Hal ini mengantarkan porang sebagai bahan ekspor yang sangat dibutuhkan oleh warga mancanegara. Bahkan berdasarkan hasil pencapaian di tahun sebelumnya, umbi porang mampu menghasilkan keuntungan yang sangat besar bagi Provinsi Jawa Timur.

Peluang Bisnis Porang di Masa Mendatang

Meski belum sepopuler umbi-umbi lain seperti singkong, ubi dan sejenisnya, namun tanaman porang memiliki prospek menjanjikan di masa mendatang. Komoditi porang diperkirakan akan terus mengalami perkembangan dan kemajuan bagi sektor ekonomi nasional.




Dengan meluasnya pengetahuan masyarakat tentang umbi tersebut juga akan meningkatkan permintaan dan penjualan di pasaran. Di samping itu harga porang yang memang menggiurkan pelaku bisnis membuat banyak pihak akan berlomba untuk membudidayakan dan menghasilkan umbi pohon porang dengan kualitas terbaik.

Hal ini merupakan peluang besar karena Indonesia memiliki dataran tanah yang sangat menunjang pertumbuhan umbi yang dahulu dikira tanaman liar ini.

Baca Juga :

Belum ada Komentar untuk "Wajib Tahu! Ini Manfaat Umbi Pohon Porang di Sektor Industri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel