Artikel Pilihan

Fakta Menarik Pohon Gaharu Di Indonesia

Pohon gaharu di Indonesia seringkali dikenal pula oleh masyarakat sebagai tanaman yang berasal dari surga. Hal ini berkaitan dengan banyaknya manfaat yang dimiliki oleh sebatang pohon gaharu. Maka tak heran bila pohon ini diminati oleh banyak orang.

Sebagian orang banyak yang memanfaatkannya untuk berbagai macam keperluan. Bukan hanya masyarakat dalam negeri saja yang mencari dan berminat terhadap pohon gaharu ini, tetapi juga masyarakat mancanegara. Keistimewaan pohon gaharu memang sudah didengar hingga ke berbagai negara di belahan dunia.

Ciri Ciri Pohon Gaharu

Khasiat dan kualitas yang dimiliki oleh jenis pohon tersebut berhasil membuatnya digemari sebagian kalangan. Namun, siapa sangka ada beberapa fakta menarik pohon gaharu di Indonesia. Yuk, simak berikut ini.




Tanaman Asli dari Indonesia

Pohon gaharu yang dikenal hingga ke berbagai negara ini berasal dari Indonesia. Tanaman Nusantara ini memiliki kualitas yang tak kalah dengan pohon lainnya yang bahkan berasal dari luar negeri. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya minat masyarakat asing terhadap pohon gaharu super maupun yang biasa.

Kualitasnya dikenal bagus dan cukup tinggi sehingga banyak masyarakat asing yang ingin memiliki dan memanfaatkannya untuk berbagai keperluan. Baik untuk keperluan rumah tangga maupun hal pribadi.

Baca juga : Rekomendasi Pohon Terbaik Untuk Pekarangan Rumah

Dibanderol Dengan Harga Mahal

Pohon gaharu di Indonesia memang dikenal memiliki kualitas tinggi. Bahkan kayu yang dihasilkan oleh pohon ini sangatlah kuat. Hal ini membuatnya semakin dihargai mahal. Tanpa disadari rupanya secara lambat laun nilai ekonomi dari pohon gaharu semakin tinggi.

Ditambah lagi dengan adanya berbagai macam manfaat yang bisa diberikan oleh pohon gaharu. Kenyataan ini membuat pohon gaharu menjadi salah satu tanaman di Indonesia yang dijual di pasar lokal dan diekspor dengan harga yang cukup tinggi.

Jika dilihat dari harga pasarannya saja maka akan tampak bahwa harga kayu gaharu untuk tiap kilogramnya sangatlah mahal. Kayu berupa gelondongan saja bisa dijual dengan mencapai harga ratusan ribu rupiah untuk satu kilogramnya. Sedangkan untuk kayu dengan kualitas super bisa dihargai hingga ratusan juta rupiah per kilogramnya.
Ciri Ciri Pohon Gaharu
Sumber: dekoruma.com


Kaya Akan Manfaat

Siapa saja tentu sudah pernah mendengar berbagai manfaat yang bisa diberikan oleh pohon gaharu di Indonesia. Tanaman gaharu ini bisa dimanfaatkan mulai dari batangnya hingga bagian buahnya. Jika batangnya bisa digunakan sebagai bahan pembuat perabot maka buah dari tanaman gaharu ini bisa dikonsumsi oleh manusia.

Di Indonesia sendiri banyak orang yang mengonsumsi buah gaharu untuk menjaga kesehatan. Buah gaharu dipercaya dapat mencegah dan mengobati segala jenis penyakit jika dikonsumsi secara rutin. Penyakit yang bisa sembuh tentunya dimulai dari penyakit ringan hingga penyakit berat seperti kolesterol tinggi dan bahkan penyakit stroke.

Baca juga : Cara Menanam Benih Italian Cypress (Cupressus sempervirens)

Di samping itu tanaman gaharu ini juga seringkali digunakan sebagai bahan untuk membuat kosmetik. Maka tak heran bila keberadaan tanaman gaharu ini semakin banyak diminati dan dibutuhkan oleh masyarakat luas.

Memiliki Ciri Khas Tersendiri

Mungkin tak banyak orang yang mengenal ciri dari tanaman gaharu. Walaupun orang menggunakannya karena adanya beberapa keperluan namun bisa saja orang tidak mengenal ciri pohonnya dan bagian lain dari tanaman ini. Padahal tanaman ini sebenarnya cukup unik dan memiliki ciri khas tersendiri.

Mulai dari batang pohon yang berwarna coklat keputih-putihan hingga bentuk daunnya yang tersusun secara tunggal dan berbentuk memanjang. Selain itu bunga gaharu juga unik karena berbentuk seperti payung dan berukuran sangat kecil. Berbagai keunikan ini memang belum dikenal oleh masyarakat awam. Namun tentunya para pelaku bisnis di bidang ekstraktif sudah tentu mengenal pohon gaharu di Indonesia.
Ciri Ciri Pohon Gaharu
Sumber: greeners.co

Keberadaannya Hampir Punah





Pohon gaharu di Indonesia tampaknya sudah mulai punah. Sebab pembibitan tanaman ini tidak dapat berlangsung dengan sangat cepat. Sedangkan semua yang dihasilkan oleh tanaman ini membuatnya semakin banyak dicari dan diburu orang. Akhirnya pohon ini semakin banyak ditebang sehingga keberadaannya di tanah air semakin berkurang. Oleh karena itu hal ini menjadi perhatian khusus pemerintah.

Ternyata ada banyak fakta menarik tentang pohon gaharu di Indonesia. Memang tidak banyak yang menyangka bahwa kekayaan alam Indonesia tersirat dari keberadaan jenis pohon yang satu ini. Dengan melihat fakta di atas, layaknya Indonesia bangga dengan keragaman alamnya, termasuk sumber daya pohon gaharu yang kaya aneka manfaat.

Baca Juga :




Belum ada Komentar untuk "Fakta Menarik Pohon Gaharu Di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel