Artikel Pilihan

Ketahuilah Asal Usul Pohon Angsana, Pohon Penyerap Polutan yang Kokoh

Banyak sekali jenis pohon yang ada di Indonesia, seperti yang kita tahu bahwa Indonesia ini merupakan negara tropis yang memiliki banyak sekali jenis flora dan fauna. Salah satu jenis pohon yang bisa ditemukan dengan mudah di Indonesia adalah Pohon Angsana.

Pohon yang satu ini juga dikenal sebagai pohon Sonokembang dan dengan mudah kita temui di sekitar kita. Pada kesempatan kali ini, kami akan mengajak Anda untuk mengenal lebih dekat lagi Pohon Angsana. Kami juga akan memberikan informasi mengenai manfaat dari pohon yang satu ini. Simak ulasan pentingnya di bawah ini!

Mengenal Lebih Dekat Pohon Angsana

Ciri Ciri Pohon Angsana

Sebelum mengetahui apa saja manfaat dari Pohon Angsana, kali ini kami akan memberikan informasi dasar mengenai Pohon Angsana atau yang sering dikenal sebagai Pohon Sonokembang ini.




Baca juga : Rekomendasi Pohon Terbaik Untuk Pekarangan Rumah

Pohon yang bisa tumbuh mencapai tinggi 40 meter ini memiliki nama latin Pterocarpus indicus yang merupakan salah satu jenis pohon yang bisa menghasilkan kayu dengan kualitas yang tinggi dan bagus. Dalam dunia perdagangan kayu sendiri, kayu dari Pohon Angsana ini dimasukkan ke dalam kelompok jenis narra atau rosewood.

Selain itu, ternyata Pohon Angsana atau Pohon Sonokembang ini memiliki nama sebutan yang berbeda di tiap daerahnya. Jika Anda penasaran dan ingin mengetahui apa saja nama sebutan dari Pohon Angsana di tiap daerah, maka berikut adalah penyebutan nama pohon Angsana :
Ciri Ciri Pohon Angsana
Sumber: 2.bp.blogspot.com
Aceh : Pohon Asan
Batak : Pohon Sena, Hasona, dan Sona
Minang : Pohon Asana, Langsano, Lansano, dan Sana
Betawi : Pohon Angsana, Babaksana
Jawa dan Madura : Pohon Sonokembang
Seram : Pohon Nala
Timor : Pohon Nar, Ai Na, Na
Buru : Pohon Lana
Ambon : Pohon Lalan, Lala
Maluku : Pohon Linggua
Halmahera : Pohon Ligua

Pohon Angsana atau Sonokembang ini ternyata tidak hanya bisa kita temukan di wilayah Indonesia saja ya. Namun bisa kita temukan pula di kawasan yang ada di luar negeri juga, karena persebaran dari pohon Angsana yang cukup luas dan mengingat ia bisa dengan mudah tumbuh dimana saja.

Pohon Angsana sendiri bisa tumbuh di Filipina dan dikenal sebagai Pohon Apalit. Selain itu di Thailand, pohon ini dikenal sebagai Pohon Pradu, dan Pohon Chan Deng di Laos. Namun secara internasional, pohon yang memiliki banyak sekali kegunaan atau manfaat ini dikenal dengan Red Sandalwood Amboyna. Bagaimana, sekarang sudah tahu kan apa saja informasi mengenai Angsana?

Manfaat Pohon Angsana atau Pohon Sonokembang

Ciri Ciri Pohon Angsana
Sumber: tokopedia.net
Ketahuilah asal usul Pohon Angsana, pohon penyerap polutan yang kokoh telah kami sampaikan di atas. Sekarang saatnya Anda mengetahui juga apa saja sih manfaat dari Pohon Angsana atau Sonokembang. Berikut merupakan manfaat dari Pohon Angsana atau Sonokembang :

Baca juga : Ciri Ciri Pohon Angsana (Pterocarpus indicus) Di Alam Liar

Untuk Kesehatan

Pohon Angsana atau Pohon Sonokembang ini merupakan salah satu jenis pohon yang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan manusia. Daun dari Angsana contohnya, yang bisa menyembuhkan banyak penyakit seperti sariawan hingga dapat mencegah diabetes. Selain itu kulit kayu dari Pohon Angsana ini juga dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan manusia.

Untuk Lingkungan

Pohon Angsana ini ternyata juga memiliki banyak manfaat untuk lingkungan. Pohon ini sangat bagus ditanam di lingkungan karena ia bisa menjadi si penyerap polutan udara yang baik, pencegah banjir, peneduh.

Untuk Industri





Selain itu Pohon Angsana juga memiliki manfaat untuk dunia industri, yaitu tepatnya bisa berguna untuk industri mebel karena memiliki kayu yang sangat kuat dan juga kokoh. Selain itu kayu dari pohon Angsana juga dimanfaatkan untuk kerajinan.

Itu tadi informasi yang bisa kami sampaikan kepada Anda mengenai asal usul dan manfaat Pohon Angsana. Semoga artikel yang kami berikan kali ini bisa berguna dan bermanfaat bagi Anda.

Baca Juga :



Belum ada Komentar untuk "Ketahuilah Asal Usul Pohon Angsana, Pohon Penyerap Polutan yang Kokoh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel