Artikel Pilihan

Yuk Coba Mengenali Sifat Kayu dari Pohon Angsana!

Pohon Angsana merupakan salah satu jenis pohon yang cukup populer di Indonesia. Pohon yang satu ini banyak dicari orang-orang karena memiliki banyak sekali manfaat. Mulai dari manfaatnya untuk kesehatan, manfaat untuk lingkungan, dan masih banyak lagi manfaat dari Pohon Angsana yang bisa diberikan kepada manusia dan juga lingkungannya.

Selain itu, ternyata kayu Angsana ini memiliki kelebihan dan kualitas yang baik jika dibandingkan dengan jenis kayu dari pohon lainnya. Bisa dibilang kayu Angsana ini memiliki kualitas terbaik dan memiliki harga yang cukup mahal.

Karena kualitasnya yang bagus, maka biasanya pohon ini digunakan di industri mebel dan juga digunakan untuk kerajinan dari kayu. Pada kesempatan ini kami akan mengajak Anda semua untuk mengenali sifat kayu dari Pohon Angsana atau Kayu narra!. Berikut penjelasan selengkapnya :




Sifat Sifat Kayu Angsana

Ciri Ciri Pohon Angsana

Sebelum mengetahui informasi mengenai apa saja manfaat dari Kayu Angsana, maka kali ini kami akan menyampaikan informasi mengenai sifat dari kayu Narra atau kayu Angsana kepada Anda sehingga Anda bisa tahu sifat dari kayunya sebelum mungkin menggunakannya.

Baca juga : Jarang Diketahui, Ternyata Ini Manfaat Pohon Angsana Bagi Kesehatan

Kayu ini memiliki tekstur keras hingga keras-sedang, lenting, dan memiliki berat-sedang. Kayu yang disebut juga sebagai kayu rosewood atau kayu nara ini memiliki berat jenis sekitar 0,55 hingga 0,94 pada kadar air 15%.

Kelebihan dari kayu Angsana jika dibandingkan dengan jenis kayu lainnya adalah kayu ini tahan dengan baik terhadap serangan rayap. Selain itu kayu ini juga tahan lama, termasuk jika penggunaan berhubungan dengan tanah. Namun yang menjadi kekurangan dari kayu ini, kayu ini susah diberikan bahan pengawet.

Kayu Angsana ini memiliki warna kuning-coklat muda hingga merah-coklat yang biasanya dilengkapi dengan coreng-coreng dengan warna yang lebih gelap. Untuk tekstur dari kayu Angsana ini sendiri halus-sedang hingga kasar-sedang. Tak hanya bunganya saja yang berbau harum, ternyata kayu Angsana ini juga memiliki bau yang harum dan memiliki bau santalin.
Ciri Ciri Pohon Angsana
Sumber: wikimedia.org
Jika mungkin jenis kayu lainnya itu bisa merusak gigi gergaji, kayu Sonokembang atau Angsana ini tidak merusak gigi gergaji. Sangat mudah dan baik untuk dipahat ataupun dibubut, bahkan sangat baik untuk dipelitur, direkat, dan diampelas. Dan mudah untuk di paku, disekrup namun kayu Angsana inii tipis dan agak mudah pecah apabila dipaku jika sudah berbentuk papan.

Manfaat Kayu Angsana

Ciri Ciri Pohon Angsana
Sumber: hargakata.com
Kami sudah mengajak Anda untuk Yuk Coba Mengenali Sifat Kayu dari Pohon Angsana! Sekarang kami juga tak lupa akan memberikan manfaat kayu Angsana. Sehingga Anda yang mungkin memiliki kayu Angsana bisa menggunakan kayu ini dengan baik. Berikut merupakan manfaat kayu Angsana yang harus Anda ketahui :

Baca juga : Jenis-jenis Pohon Peneduh Jalan

Sebagai bahan baku mebel

Jika Anda memiliki banyak kayu Angsana, namun Anda bingung ingin menggunakannya sebagai apa maka Anda bisa memanfaatkan kayu ini sebagai bahan baku mebel. Mengapa? Karena seperti yang sudah disampaikan di sifat-sifat kayu di atas bahwa kayu Angsana ini mudah diolah, mudah dipaku, mudah di gergaji, dan mudah diplitur.

Sangat bagus jika kayu ini digunakan sebagai bahan mebel karena sudah banyak orang menggunakan jenis kayu Angsana atau kayu Narra ini sebagai bahan baku utama pembuatan kursi, meja, lemari, dan masih banyak lagi. Namun apabila sudah berbentuk papan, biasanya kayu Angsana atau kayu Narra mudah pecah apabila diberi perlakuan yang kuat.

Sebagai bahan baku kerajinan tangan

Selain bisa dimanfaatkan untuk bahan baku mebel, ternyata kayu Angsana ini juga bisa digunakan untuk kerajinan tangan. Seperti yang kami katakan di atas bahwa kayu Angsana ini memiliki kualitas yang cukup bagus.




Sehingga selain bisa digunakan untuk mebel, biasanya orang-orang akan memanfaatkan sisa kayu Narra atau kayu Angsana ini untuk kerajinan tangan misalnya saja untuk keranjang atau mungkin untuk mainan kecil anak-anak yang aman. Jika ada sisa dari kayu angsana maka bisa dimanfaatkan untuk bahan kerajinan tangan.

Tadi kami sudah menyampaikan banyak informasi mengenai sifat kayu angsana. Semoga informasi yang kami sampaikan bisa bermanfaat dan berguna untuk Anda semuan. Gunakan kayu Angsana dengan baik dan bijak sehingga Anda bisa merasakan manfaatnya tanpa merusak kelestariannya.

Baca Juga :

Belum ada Komentar untuk "Yuk Coba Mengenali Sifat Kayu dari Pohon Angsana!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel