Artikel Pilihan

Manfaat Menanam Pohon Angsana di Perkotaan

Mungkin banyak orang yang sudah sering melihat pohon Angsana ini namun tidak tahu nama dari pohon kokoh ini. Pohon yang memiliki bunga berwarna kuning cerah ini bernama Pohon Angsana atau dikenal juga sebagai Pohon Sonokembang. Pohon ini merupakan salah satu jenis pohon yang bisa dengan mudah ditemukan secara liar di hutan di Pulau Jawa, terutama di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Selain itu pohon ini juga bisa dengan mudah ditemukan di Pulau Kalimantan, yaitu mereka bisa ditemukan dengan mudah di daerah rawa-rawa secara liar.

Karena pohon ini merupakan salah satu jenis pohon yang bisa tumbuh besar dan memiliki cukup banyak manfaat, maka biasanya pohon ini ditanam di perkotaan. Karena mungkin Anda sering menemukan pohon ini di daerah perkotaan, maka Anda juga harus tahu apa sih sebenarnya manfaat menanam pohon Angsana di Perkotaan? Simak ulasannya di bawah ini ya!
Ciri Ciri Pohon Angsana

Pohon Angsana dan Manfaatnya Ditanam di Perkotaan

Pohon yang sering dikenal sebagai Sonokembang ini sebenarnya memiliki sejuta manfaat bagi manusia. Terutama memiliki manfaat yang sangat besar untuk lingkungan, kali ini kami akan membahas mengenai apa saja manfaat menanam pohon Angsana di perkotaan. Berikut merupakan Pohon Angsana dan manfaatnya ditanam di perkotaan :



1. Sebagai pohon peneduh

Salah satu manfaat yang bisa diberikan oleh Pohon Angsana jika ditanam di daerah perkotaan adalah pohon ini bisa menjadi peneduh yang baik. Mungkin ada beberapa Anda yang belum mengetahui, bahwa pohon yang satu ini bisa menjadi pohon yang besar dan bisa menjadi pohon raksasa. Bahkan jika ia tumbuh liar di hutan atau di alam, tingginya bisa mencapai 40 meter.

Karena pohon ini juga bisa tumbuh dengan rimbun maka pohon ini bisa menjadi peneduh yang baik di perkotaan, bisa menghindarkan jalanan dari sinar matahari yang terik dan panas. Selain itu Pohon Angsana ini selain bisa membuat teduh juga bisa membuat suasana menjadi sejuk. Oleh karena itu selain ditanam di pinggir jalan, juga biasanya ditanam di hutan kota atau taman kota untuk menambah suasana sejuk.

2. Sebagai penyerap polutan yang baik

Manfaat menanam Pohon Angsana di perkotaan yang kedua adalah sebagai penyerap polutan yang baik. Pohon Angsana atau Pohon Senokembang ini merupakan salah satu jenis pohon yang biasanya dipilih pemerintah untuk ditanam di hutan kota, di taman kota, di pinggir jalan, karena memang Pohon Angsana ini sudah terbukti menjadi salah satu pohon yang dapat menyerap polusi udara dengan baik sehingga bisa membantu untuk menetralkan buruknya kualitas udara di kota. Jadi tak heran jika pohon ini mudah ditemukan di pinggir jalanan perkotaan.
Ciri Ciri Pohon Angsana
Sumber: gurusiana.id

3. Sebagai pencegah banjir

Ternyata pohon Angsana ini memiliki sejuta manfaat untuk lingkungan sekitar. Selain bermanfaat sebagai pohon peneduh, dan juga sebagai penyerap polutan yang baik. Pohon Sonokembang ini juga berguna sebagai pencegah banjir seperti fungsi atau manfaat dari pohon yang kita ketahui pada umumnya. Jadi banyak sekali lingkungan di Indonesia yang menanam pohon Sonokembang atau pohon Angsana ini karena memang bermanfaat untuk mencegah banjir.

Jadi bagi Anda yang mungkin kawasannya mungkin menjadi langganan banjir maka bisa mulai menanam Pohon Sonokembang atau Pohon Angsana ini di lingkungan Anda. Anda bisa membeli bibit Pohon Angsana dan belajar bagaimana cara menanamnya dengan baik.



4. Sebagai pohon estetika

Selanjutnya, Pohon Angsana ini juga memiliki kelebihan yang jarang orang ketahui. Pohon Angsana atau Pohon Sonokembang ini bisa berbunga. Pohon Angsana ini memiliki bunga berwarna kuning cerah, dan ketika berbunga maka ia akan berbunga sangat banyak. Oleh karena itu mengapa Pohon Angsana ini disebut sebagai salah satu pohon yang bisa meningkatkan estetika. Jika mungkin di lingkungan Anda terdapat Pohon Angsana yang sedang berbunga maka tentu bisa menjadi pemandangan yang indah dan menambah estetika lingkungan.

Itulah beberapa manfaat menanam Pohon Angsana di lingkungan perkotaan. Semoga bermanfaat, ya.

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Menanam Pohon Angsana di Perkotaan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel