Artikel Pilihan

Mengenal Pohon Zaitun, Pohon Seribu Khasiat


Pohon zaitun dengan nama latin Olea Europaea merupakan pohon yang dikenal menghasilkan buah zaitun yang memiliki banyak khasiat. Memang untuk buah zaitun sudah sangat terkenal menghasilkan minyak dan bermanfaat sangat baik untuk kesehatan tubuh. Namun, tahukah anda bahwa bagian yang lain dari pohon zaitun juga memiliki khasiat?

Mengenal Pohon Zaitun

Pohon yang sangat suka hidup di iklim panas dan dingin ini telah dikenal sejak beribu tahun yang lalu. Pohon zaitun telah menjadi saksi bisu dalam sejarah berbagai keyakinan di dunia ini. Masa hidup pohon zaitun memang cukup lama untuk bisa turut menyaksikan sejarah dunia tersebut. Bahkan pohon ini bisa hidup lebih dari 2000 tahun. Pohon zaitun juga merupakan simbol perdamaian dan kesucian.

Batang pohon zaitun dinilai sangat kuat karena tahan terhadap iklim yang panas, tahan terhadap penyakit serta dapat tahan dari api. Semakin tua pohon zaitun, semakin keriput dan melingkar bentuk batangnya. Pohon ini dapat dikenali dari bentuknya yang rimbun.




Baca juga : Ciri Ciri Pohon Silverberry (Elaeagnus angustifolia) Di Alam Liar

Buah yang dihasilkan berwarna hijau saat muda dan berubah menjadi ungu saat tua. Bunganya kecil berwarna putih dan berbulu. Daun yang tumbuh berwarna hijau dengan corak agak perak. Akarnya kuat dan menyebar di dalam tanah, sehingga membutuhkan ruang tumbuh yang luas.

Pohon zaitun biasanya hidup di dataran mediterania, timur tengah dan eropa. Iklim yang panas memang cocok untuk pertumbuhannya. Nah, itu tadi sedikit perkenalan dari pohon zaitun.

Khasiat Pohon Zaitun

Seperti yang dikenal banyak orang, pohon zaitun dapat menghasilkan buah zaitun. Dalam kondisi buah yang masih muda, buah zaitun bisa langsung dikonsumsi. Sedangkan saat buah zaitun sudah tua akan diambil minyaknya.
Ciri Ciri Pohon Zaitun
Sumber: italianmade.com
Minyak zaitun mengandung zat garam, zat besi, fosfor, omega 3 dan protein. Dalam bidang kecantikan minyak zaitun dapat digunakan untuk menghaluskan kulit. Selain itu, minyak zaitun juga bagus untuk pertumbuhan rambut yang hitam, lebat, kuat dan berkilau.

Dalam hal kuliner dan konsumsi, minyak zaitun juga memiliki khasiat yang sangat baik. Minyak zaitun mengandung lemak jenuh yang tidak banyak, sehingga baik bila dikonsumsi. Hal ini membuat kadar kolesterol di dalam darah lebih terkontrol. Di sisi lain, kadar gula darah juga dapat dinormalkan dengan mengonsumsi minyak zaitun ini.

Bagi wanita, minyak zaitun juga bisa mengurangi risiko terkena kanker terutama kanker payudara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan banyak mengonsumsi lemak tak jenuh, bisa mengurangi risiko kanker ini. Pencegahan terhadap penuaan dini dan osteoporosis juga bisa dilakukan dengan konsumsi minyak zaitun.

Bagi anak-anak yang berada dalam masa pertumbuhan, nutrisi dalam minyak zaitun ini sangat baik. Kandungan fosfor sangat baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Kandungan omega 3 mampu meningkatkan kecerdasan pada anak.

Baca juga : Ciri Ciri Pohon Zaitun (Olea europaea) Di Alam Liar

Selain minyak zaitun, ekstrak daun zaitun juga memiliki khasiat, lho. Dari jurnal Phythotheraphy Research menyatakan bahwa ekstrak daun zaitun dapat mencegah penyakit jantung dengan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Ekstrak ini juga dapat mengurangi risiko hiperglikemia yang mana dapat menyebabkan Diabetes tipe 2.
Ciri Ciri Pohon Zaitun
Sumber: vitafoodsinsights.com
Penyakit herpes juga dapat diobati dengan ekstrak daun zaitun. Berdasarkan penelitian dari African Journal of Microbiology Research, penyakit kulit yang ditandai dengan munculnya luka di sekita mulut ini dapat diobati dengan ekstak ini. Ekstrak daun zaitun bekerja dengan mematikan virus dan mikroba. Cara pengobatan bisa dilakukan dengan memberikan tetesan ekstrak daun zaitun sebanyak 1 atau 2 tetes ke bagian tubuh yang terluka tersebut.

Ekstak daun zaitun selain memiliki sifat antivirus dan antimikroba, juga memiliki sifat antioksidan. Oleuropein yang terdapat dalam ekstrak daun zaitun mampu mencegah kerusakan dalam sel-sel otak. Sehingga, bahan ini sangat baik untuk menjaga kesehatan otak dan semakin berkhasiat bagi anak-anak yang masih membutuhkan nutrisi lebih untuk pertumbuhan fisik dan otak.




Demikian tadi khasiat-khasiat yang bisa didapatkan dari pohon zaitun beserta bagian-bagian yang dihasilkan oleh pohon zaitun. Alam memang secara alami telah memberikan manfaat yang sangat banyak bagi kehidupan manusia.

Tak hanya sebagai sumber makanan, melainkan juga pengobatan terhadap berbagai macam penyakit yang ada. Maka, sudah selayaknya kita bersama-sama menjaga dan melestarikan alam ini.

Baca Juga :







Belum ada Komentar untuk "Mengenal Pohon Zaitun, Pohon Seribu Khasiat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel