Artikel Pilihan

Jenis Pohon Maple yang Beracun dan Berbahaya Untuk Manusia Serta Hewan

Pohon maple memang bisa memberikan tampilan yang indah khususnya saat daun berguguran karena penuh warna serta daunnya yang mencolok. Akan tetapi, beberapa jenis pohon maple ternyata juga beracun dan berbahaya untuk manusia dan hewan sebab mengandung asam galat.

Ini nantinya bisa menyebabkan degradasi sel darah merah dan kemudian mengakibatkan kadar oksigen di dalam darah berkurang. Bahkan untuk hewan seperti kuda juga bisa mati dalam waktu 18 jam hanya karena menelan salah satu jenis pohon maple yakni maple merah. Berikut akan kami jelaskan tentang beberapa jenis pohon maple yang beracun dan berbahaya untuk manusia serta hewan.

1. Pohon Maple Merah

ciri ciri pohon maple merah

Salah satu jenis pohon maple yang berbahaya dan beracun adalah maple merah yang juga disebut dengan Acer rubrum. Pohon maple ini tidak hanya beracun untuk kuda, namun juga racun bagi kucing, anjing dan bahkan manusia. Pohon maple ini memiliki ciri khas yakni berwarna kuning, merah atau oranye yang cerah ketika daunnya berguguran.

Jika anda memelihara kuda atau peternakan kuda, maka anda harus menghindari tanaman pohon maple merah ini di lanskap anda karena semua bagian tanaman ini sangat beracun dan yang paling mematikan adalah bagian daunnya.

Daun maple merah ini bisa menyebabkan keracunan paling parah khususnya di bulan Juni hingga Oktober. Dalam studi menunjukkan jika semakin lama daun tumbuh, maka akan semakin beracun daun tersebut. Racun dari daun pohon maple ini hanya untuk daun yang sudah layu dan berguguran. Namun untuk daun yang masih segar, masih bisa dikonsumsi kuda dalam jumlah sedikit saja. Jika terlalu banyak mengonsumsi daun segar, maka kuda bisa mengalami penyakit hemolitik yakni kondisi darah yang parah.

2. Pohon Maple Perak

Pohon maple perak atau Acer saccharinum juga menjadi jenis maple yang beracun khususnya untuk kuda namun tidak beracun untuk manusia, kucing serta anjing. Ciri khas dari pohon maple perak ini tentunya warna daun bagian bawah yang keperakan. Silver maple atau maple perak ini sering ditanam karena tetap bisa tumbuh meski pada kondisi tanah yang kurang baik meski jenis pohon lainnya gagal tumbuh.

Selain itu, pohon maple perak juga banyak ditanam karena warna daunnya yang cantik ketika musim gugur dan bisa ditanam di segala kondisi tanah bahkan cocok ditanam oleh anda yang masih pemula. Selain itu untuk anda yang memiliki kuda, sebaiknya juga berhati hati ketika menanam pohon maple ini atau lebih baik tidak ditanam sama sekali.

3. Pohon Maple Gula

ciri ciri pohon maple gula
Sumber: etsystatic.com
Pohon maple gula atau disebut juga dengan Acer saccharum memang banyak dibudidayakan karena bisa menghasilkan sirup maple. Akan tetapi untuk anda yang memiliki kuda, sebaiknya berhati hati dengan jenis pohon maple ini sebab beracun untuk kuda.

Pohon maple gula ini sama seperti pohon maple merah serta maple perak yang beracun untuk kuda namun tidak beracun untuk manusia, kucing dan juga anjing. Jenis pohon maple ini bisa tumbuh subur di tanah yang lembab, mempunyai drainase bagus dan banyak terkena sinar matahari sehingga banyak ditanam sebagai pohon peneduh.


4. Pohon Maple Silver Birch

Silver birch adalah jenis pohon maple yang bisa tumbuh dengan sangat cepat dan ciri khasnya adalah kulit batang berwarna merah kecoklatan. Daun maple silver birch ini berwarna mengkilap serta panjang 3 inci dan akan berubah menjadi kuning ketika gugur. Pohon maple ini bisa tumbuh dengan sangat subur ketika memperoleh sinar matahari penuh atau sebagian teduh di tanah yang asam dan lembab.

Baca Juga :

Ini merupakan pohon maple yang populer dan tersedia dalam banyak ukuran. Awalnya, pohon ini berwarna abu abu dan akan berubah menjadi putih ketika musim dingin dengan kulit batang yang mengelupas. Pohon maple ini sangat populer sebab bentuknya yang ramping sekaligus tegak atau sering disebut dengan Betula pendula fastigiata. Meski terlihat sangat indah dan mudah ditanam, namun sebaiknya anda tidak menanam pohon ini jika memiliki hewan ternak seperti kuda karena sifatnya yang beracun.


5. Pohon Maple Boxelder

ciri ciri pohon maple boxelder
Sumber: digitaloceanspaces.com
Boxelder adalah jenis pohon maple keras dan bisa tumbuh dengan cepat. Pohon ini berukuran kecil sampai sedang dan menjadi tanaman asli dari Amerika Utara. Biasanya, jenis pohon maple ini akan di tanam di sepanjang pantai dari Kanada sampai Guatemala sebagai pohon peneduh.

Pohon maple boxelder ini bisa tumbuh dengan subur di daerah dataran rendah yang basah seperti bantaran sungai serta area lembab. Bagian buah pohon maple ini berwarna coklat gelap dan akan matang ketika musim gugur dan sering menggantung pada cabang pohon dan inilah yang menjadi bagian beracun untuk hewan.

Selain itu, benih dari pohon maple ini juga mengandung racun hypoglycin A penyebab miopati pada kuda. Nantinya, kuda yang menelan biji akan mengalami beberapa gejala khas seperti gangguan otot yang berkembang dengan cepat dan angka kematiannya mencapai 75% dalam waktu 72 jam sesudah dikonsumsi.

Itulah tadi ulasan dari kami tentang beberapa jenis pohon maple yang beracun dan berbahaya untuk manusia serta hewan yang penting untuk diketahui. Jika memang anda mencurigai hewan khususnya kuda sudah mengonsumsi maple perak, maple merah atau hibrida yang sudah kami sebutkan di atas, maka segera hubungi dokter hewan untuk mendapatkan penanganan darurat secepatnya.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk " Jenis Pohon Maple yang Beracun dan Berbahaya Untuk Manusia Serta Hewan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel