Artikel Pilihan

Metode Perkecambahan Benih Pohon Maple Dengan Stratifikasi Dingin

ciri ciri pohon maple

Karena ada cukup banyak jenis pohon maple yang tumbuh di alam liar, maka tidak ada satu metode perkecambahan tunggal yang benar benar bisa diterapkan dengan baik pada semua jenis pohon maple. Ada jenis pohon maple yang memang mudah ditanam terutama untuk jenis maple yang benihnya ditebar saat musim semi atau pada awal musim panas.

Namun untuk beberapa jenis pohon maple lainnya bisa dikatakan lebih sulit ditanam bahkan para profesional pun hanya bisa mendapatkan persentase pengecambahan sebesar 20 hingga 50% saja. Untuk itu dalam metode pengecambahan benih pohon maple, ada baiknya anda memeriksa dulu jenis maple yang anda punya atau jika tidak, maka anda bisa mencoba stratifikasi dingin seperti yang akan kami jelaskan berikut ini.


1. Pemilihan Jenis Benih

Untuk stratifikasi dingin ini bisa dicoba pada sebagian besar benih pohon maple seperti maple daun lebar, maple gula, maple Jepang, maple boxelder, maple Norwegia dan beberapa jenis maple merah lain. Metode stratifikasi dingin ini bisa menghasilkan tingkat perkecambahan tinggi untuk beberapa jenis pohon maple tersebut.

Jika anda ingin menanam benih di luar ruangan, maka anda bisa melakukan cara ini kurang lebih 90 sampai 120 hari sebelum embun beku musim dingin yang terakhir datang.

2. Isi Kantong Plastik Dengan Media Tumbuh

ciri ciri pohon maple
Sumber: americanmeadows.com
Masukkan vermikulit, segenggam gambut atau keras pengecambah dalam kantong plastik ukuran kecil yang bisa dibuka dan ditutup. Untuk hasil terbaik, maka pakai bahan steril dan masukkan memakai sarung tangan supaya tidak terinfeksi oleh jamur.

Pakailah kantong plastik seukuran dengan makanan ringan, sebab jika terlalu besar maka banyak jumlah udara yang perangkap bersama dengan benih. Untuk benih pohon maple merah umumnya lebih sensitif terhadap asam sehingga pakai vermikulit bersifat netral atau basa dibandingkan gambut yang memiliki sifat asam.

3. Tambahkan Air

Langkah selanjutnya, tambahkan beberapa tetes air di media tumbuh yang bertujuan untuk melembapkan bahan bahan didalamnya. Jika terdapat butiran air di dalamnya atau ketika bahan mengeluarkan air saat diremas, maka menjadi pertanda jika media tumbuh terlalu basah.

Baca Juga :

4. Tambah Dengan Fungisida

Fungsida bisa mencegah serangan dari jamur pada benih. Namun, menambahkan fungsida tidak selalu dibutuhkan sebab jika terlalu banyak bisa merusak pohon maple. Cukup sedikit tambahkan fungisida sesuai dengan instruksi yang berasal dari pabrikan. Sedangkan sebagian orang lagi, lebih memilih untuk membasuh benih pada larutan pemutih yang sangat encer dibandingkan menggunakan fungisida.


5. Masukkan Benih dan Simpan Dalam Lemari Es

ciri ciri pohon maple
Sumber: 1.bp.blogspot.com
Masukkan sekitar 20 hingga 30 benih dalam masing masing kantong plastik. Kemudian, gulung katong dari bagian bawah untuk mengeluarkan udara yang terperangkap didalamnya dan tutup kantong tersebut.

Sesudah itu, anda bisa masuk ke tahap stratifikasi yakni dengan menempatkan benih pada suhu yang bisa memicu perkecambahan. Untuk sebagian spesies pohon maple, maka suhu yang ideal adalah 1 hingga 5 derajat celcius yang bisa dilakukan pada rak lemari es.

Pakai termometer untuk melihat ketepatan suhu, sebab beberapa jenis benih tidak bisa berkecambah jika suhunya tidak sesuai meski hanya beberapa derajat saja.


6. Diamkan Benih

Sebagian besar jenis pohon maple butuh waktu antara 90 hingga 120 hari untuk proses berkecambah. Akan tetapi untuk jenis pohon maple daun lebar dan spesies lain bisa berkecambah dalam waktu 40 hari. Periksa kantong plastik setiap 1 hingga 2 minggu dan sesuaikan kondisinya.

Jika ada kondensasi, maka angkat plastik dan ketuk dengan pelan untuk menghilangkan butiran air. Baringkan kantong di sisi berlawanan sehingga benih yang tadinya basah bisa mengering. Jika media tumbuh kering, maka bisa ditambah 1 hingga 2 tetes air.

Jika terlihat jamur atau bintik hitam di benih, maka buang benih tersebut. Namun jika semua benih terkena jamur, maka tambahkan dengan sedikit fungisida. Sesudah benih mulai berkecambah, maka sudah bisa dikeluarkan dari lemari es.

7. Menanam Benih

Sesudah benih pohon maple mulai berkecambah, maka silahkan tanam pada tanah lembap dengan kedalaman antara 0.6 hingga 1.2 cm. Untuk sebagian jenis pohon maple bisa tumbuh baik di area yang terlindungi atau teduh.

Agar tingkat keberlangsungan hidup pohon maple bisa semakin maksimal, maka semaikan benih di nampan pada ruangan. Isi nampan dengan media tumbuh benih dengan kedalaman antara 7.5 hingga 10 cm dan pastikan drainasenya baik. Selain itu, anda bisa memakai campuran kompos, gambur, gersik serta vermikulit dan siram media tersebut jika memang sudah benar benar mengering. Pindahkan benih ke dalam pot sesudah gelombang kedua daun mulai terlihat.

Demikian ulasan singkat dari kami kali ini tentang metode perkecambahan benih pohon maple dengan stratifikasi dingin yang bisa dilakukan dengan mudah. Untuk tips tambahan yakni pada benih pohon maple Jepang yang mengering ketika disimpan, maka bisa direndam dalam air dengan suhu sekitar 40 hingga 50 derajat celcius dan biarkan air tersebut dingin secara perlahan antara 1 hingga 2 hari. Semoga bermanfaat!

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Metode Perkecambahan Benih Pohon Maple Dengan Stratifikasi Dingin"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel