Artikel Pilihan

Beberapa Manfaat Bonsai Beringin Untuk Kesehatan Tubuh

Ciri Ciri Pohon Bonsai Beringin

Bonsai beringin merupakan tanaman yang berasal dari pohon beringin. Tanaman ini difungsikan sebagai tanaman hias karena memiliki batang yang kuat dan daun yang rindang. Anda dapat membentuk bonsai beringin sesuai dengan keinginan anda. harga tanaman ini dapat mencapai ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Fungsi bonsai beringin tidak hanya digunakan sebagai tanaman hias saja. Ternyata tanaman ini memiliki banyak manfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Mulai dari penyakit ringan sampai penyakit berbahaya dapat disembuhkan. Anda dapat mencoba khasiat dari tanaman ini untuk kesehatan.

Penyakit yang Bisa Disembuhkan Bonsai Beringin

1. Demam

Daun dari bonsai beringin maupun pohonnya dipercaya dapat mengobati penyakit demam. Anda hanya perlu menyiapkan sekitar 100 gram daunnya. Cuci bersih terlebih dahulu daun tersebut sebelum direbus.



Rebus setiap 100 gram daun dengan 5 liter air. Biarkan selama 25 hingga 30 menit. Bila sudah matang, buang daunnya dan gunakan air rebusan tersebut untuk mandi. Cara ini dapat mengatasi demam yang telah parah hingga kejang.


2. Mencegah Penyakit Kanker

Bonsai beringin putih memiliki zat alkaloid, saponin, dan flavonoid. Ketiga zat tersebut berguna untuk mencegah datangnya penyakit kanker. Khasiat dari tumbuhan beringin putih juga telah terbukti menghambat sel kanker bagi pasien.
Ciri Ciri Pohon Bonsai Beringin
Sumber: i.pinimg.com
Yang membedakan beringin putih dengan beringin pada umumnya adalah daunnya. Daun pohon beringin putih terlihat lebih putih daripada pohon beringin biasa. Beringin putih juga dapat menjadi bakal bibit bonsai.

3. Mengobati Radang Pada Usus

Radang usus merupakan penyakit umum yang paling sering menghampiri orang yang pola makannya kurang benar. Untuk mengatasi radang usus, anda hanya perlu mengambil 500 gram daun bonsai beringin. Pilih daun yang masih segar.

Rebus daun tersebut dengan air putih sebanyak 3 gelas. Anda harus merebus hingga airnya tinggal sedikit. Agar semakin efektif, anda harus meminum air rebusan daun pohon beringin ini sebanyak dua kali dalam sehari.

4. Mengatasi Penyakit Bronchitis

Daun dari bonsai beringin juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit pernapasan ini. Namun, anda membutuhkan bahan lain agar khasiatnya semakin terasa. Anda membutuhkan kulit jeruk sebanyak 18 gram.

Campurkan kulit jeruk serta daun beringin sebanyak 75 gram ke dalam air. Panaskan hingga mendidih dan saring airnya. Minum air rebusan itu sebanyak tiga kali pada pagi, siang, dan malam hari. Cara ini harus anda lakukan secara rutin agar cepat sembuh.

5. Obat Amandel

Tidak hanya daun, akar bonsai beringin juga bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit. Salah satunya adalah amandel. Cari akar beringin hingga mencapai 180 gram dan campurkan dengan cuka asam. Rebus hingga mendidih. Setelah itu, segera minum air rebusan itu agar amandel anda cepat sembuh.

6. Sawan

100 gram daun beringin yang direbus dengan 5 liter air juga berguna untuk mengobati sawan pada anak-anak. Berikan air rebusan daun beringin kepada anak anda secara rutin setiap hari.

7. Malaria

Ciri Ciri Pohon Bonsai Beringin
Sumber: i.pinimg.com
Akar dan daun Bonsai Beringin juga mampu mengobati penyakit malaria. Rebus daun dan akarnya dengan air sebanyak tiga gelas. Tunggu hingga airnya semakin sedikit, sekitar 1 gelas. Anda harus menunggu air rebusan menjadi dingin dulu sebelum meminumnya. Anda perlu meminum air tersebut sebanyak 2 kali dalam sehari.

Bagian Bonsai Beringin yang Berguna

Beberapa bagian dari bonsai beringin yang sangat berguna untuk menjadi obat adalah daun dan akarnya. Kedua bagian tersebut dapat menjadi obat herbal yang mengobati berbagai penyakit. Namun, rasa air hasil rebusan dengan daun atau akar beringin akan terasa sangat pahit. Anda perlu menyiapkan air putih untuk meredakan rasa pahitnya.



Tanaman beringin putih juga dipercaya lebih berkhasiat dibandingkan beringin biasa. Itu karena ada beberapa zat dari beringin putih yang tidak ada dalam beringin pada umumnya. Anda juga dapat menanam bonsai beringin putih.

Beruntung sekali anda yang memiliki tanaman bonsai beringin. Dengan tumbuhan itu, anda dapat membuat obat alami untuk mengatasi berbagai penyakit berbahaya.

Bukankah anda jadi lebih tertarik menanam bonsai beringin setelah mengetahui manfaat yang bisa anda dapatkan dari tanaman ini. Semoga bermanfaat, ya.

Belum ada Komentar untuk "Beberapa Manfaat Bonsai Beringin Untuk Kesehatan Tubuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel