Artikel Pilihan

Pinus Virginiana, Pohon Pinus yang Dijadikan Obat Mujarab

Ciri Ciri Pohon Pinus

Berbagai pohon pinus memang memiliki banyak manfaat. Bahkan tidak hanya manfaat untuk industri furnitur saja. Pohon pinus juga bisa menjadi obat yang banyak khasiat. Sedangkan di negara Indonesia sendiri sudah banyak sekali cairan pembersih yang menggunakan bahan baku pohon pinus karena sifatnya yang mengandung anti bakteri.

Hal tersebut adalah bukti bahwa pohon pinus sebenarnya memiliki banyak manfaat untuk dunia kesehatan. Salah satu pohon pinus yang punya banyak manfaat untuk kesehatan adalah pohon pinus Virginiana. Ilmuwan Phillip Miller menyebutkan pohon pinus virginiana yang berasal dari Amerika, bagian Virginia ini juga dikenal dengan nama Pinus Cemara.

Bentuk pohon pinus virginiana ini memang mirip bentuk pohon cemara yang mengerucut dan berbentuk piramida panjang. Hal inilah yang membuat banyak orang menjual pohon pinus virgiana. Pohon ini bisa menjadi pohon yang dekoratif untuk hiasan natal sekaligus jadi obat yang cukup mujarab.

Khasiat Pohon Pinus Viraginiana untuk Kesehatan :

Beberapa khasiat pohon pinus viraginiana untuk kesehatan antara lain :



1. Obat Diare

Sebelumnya sudah sejak lama bangsa indian menggunakan pohon pinus sebagai obat untuk gejala diare. Selain diare, daun pohon pinus ini juga bisa meringankan gejala pilek dan baik untuk pernafasan. Pengobatan kuno ini kemudian mulai kembali dijalankan oleh beberapa orang karena pohon pinus yang mudah didapatkan.

Baca juga : Pohon Pinus Purba di Eropa, Usianya Ribuan Tahun

2. Mengobati TBC

Belum ada penelitian atau uji klinis yang mendalam terkait pohon pinus untuk mengobati TBC. Namun, warga asli Cherokee sudah menggunakan daun pohon pinus virgiana ini untuk mengobati TBC. Mereka membuat daun sebagai teh yang bisa diminum. Selain itu, daun pohon pinus yang diremas dan dicampurkan ke air hangat bisa digunakan untuk mandi dan melancarkan peredaran darah.

3. Meredakan Demam


Ciri Ciri Pohon Pinus
Sumber: trailmob.com
Daun yang berbentuk jarum pada pohon pinus juga bisa meredakan demam jika digunakan untuk mandi. Selain itu, daun juga bisa ditumbuk dan dijadikan tapel untuk luka ringan. Kulit kayu pohon pinus juga bisa dimasukkan dalam air hangat untuk mandi untuk meredakan demam.

Baca juga : Menanam Pohon Pinus dari Biji, Bisakah? Begini Tipsnya!

Itulah beberapa khasiat dari pohon pinus virginiana yang bisa digunakan untuk sehari-hari. Selain pohon pinus ini, pohon pinus lainnya juga memiliki manfaat yang kurang lebih sama mujarabnya. Beberapa pengobatan tradisional sudah menggunakan pohon pinus sejak lama untuk mengobati penyakit atau meredakan demam.

Makanan untuk Satwa Liar

Ciri Ciri Pohon Pinus
Sumber: guides.nynhp.org
Selain menjadi sumber obat yang penuh khasiat, pohon pinus virginiana ini juga sangat berguna untuk satwa liar karena menyediakan makanan. Daun dan biji pinus menjadi sumber makanan bagi burung dan beberapa satwa lainnya. Tak sedikit juga burung yang menjadikan pohon pinus ini tempat tinggal dan mendirikan sarang.

Selain itu, pohon pinus ini juga sudah sejak lama menjadi salah satu jenis pohon pinus yang digunakan untuk penghijauan di hutan. Pohon pinus ini cepat tumbuh dan juga bisa menjadi sumber bahan baku kertas dan kayu. Namun, tidak semua jenis pinus virginiana bisa dijadikan sumber bahan baku. Sebab ada jenis yang dari pinus kuning kayunya mengeras dan sulit dikeringkan. Kayu dari pinus Virginia sendiri biasanya tidak dianggap tahan busuk kecuali jika dirawat dengan bahan pengawet.




Adapun pohon pinus Virginiana adalah jenis pohon jarum yang tumbuh hingga dewasa sekitar 9 - 18 meter, tetapi dapat tumbuh lebih tinggi di bawah kondisi optimal. Batang yang condong dan terpuntir dapat memiliki lebar 0,5 m, diukur setinggi dada. Rentang hidup khas untuk pohon individu adalah 65 hingga 90 tahun. Pohon pinus ini mengembangkan mahkota yang tidak beraturan dari cabang yang panjang, menyebar, naik ke turun.

Pohon pinus virginiana bisa tumbuh pada ketinggian dari permukaan laut hingga 2.000 kaki atau sekitar 900 meter di dataran tinggi kering, tong pasir steril atau serpih, ladang tua, dan pegunungan rendah. Pohon ini lebih menyukai tanah lempung atau tanah liat yang berdrainase baik, tetapi juga akan tumbuh di tanah berpasir yang sangat kering. Jika tumbuh di tanah berpasir ia akan tetap berkembang, tapi mungkin dengan bentuk yang lebih kecil dan pertumbuhan yang terhambat.

Baca Juga :

Belum ada Komentar untuk "Pinus Virginiana, Pohon Pinus yang Dijadikan Obat Mujarab"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel