Artikel Pilihan

Ciri Khas Tanaman Hias Aglonema

ciri ciri pohon aglonema

Kali ini kami akan memberikan informasi tentang beberapa ciri khusus yang dimiliki oleh tanaman hias Aglonema. Tanaman Aglonema atau yang dikenal dengan sebutan Sri Rejeki tergolong ke dalam salah satu tanaman hias yang banyak dimiliki. Salah satu alasan utama mengapa banyak orang kepincut dengan tanaman yang satu ini adalah karena daunnya memiliki keindahan tersendiri.

Meskipun ada tanaman hias lainnya yang memiliki keindahan di bagian daun, namun tidak semenarik yang dimiliki oleh Aglonema. Selain itu, tanaman hias Aglonema juga kerap diikutkan ajang kontes tanaman hias. Tanaman Aglonema yang menjadi pemenang nanti harganya bisa melambung tinggi.

Selain karena memiliki daun yang cantik, alasan lain mengapa banyak orang memelihara tanaman hias Aglonema yakni karena perawatannya yang tidak sulit. Anda tidak perlu meluangkan waktu anda hanya untuk mengurus tanaman ini. Aglonema merupakan tanaman yang tidak membutuhkan sinar matahari berlebihan. Bahkan tanaman ini akan tumbuh subur meskipun anda letakkan di dalam ruangan.

Aglonema juga tidak memerlukan penyiaraman dengan intensitas yang tinggi. Cukup sekali dalam sehari sudah bisa membuat tanaman ini tumbuh dengan baik. Namun jika anda malah meletakkannya di tempat yang terkena sinar matahari langsung malah bisa mengganggu pertumbuhannya. Daunya pun tidak bisa berkembang dengan baik dan malah bisa hangus seperti terbakar.

Ciri-Ciri Tanaman Aglonema

ciri ciri pohon aglonema
Sumber: thehijau.com

Baca Juga :

Selain dilihat dari keindahan daunnya, tanaman hias Aglonema memiliki beberapa ciri yang menjadi pembeda antara tanaman ini dengan tanaman hias yang lainnya. Penasaran? Silahkan anda simak baik-baik penjelasan yang akan kami sajikan di bawah ini.

  • Aglonema merupakan tanaman berakar serabut
  • Untuk ukuran batang tanaman Aglonema cukup kecil, kurang lebih 1 sampai dengan 3 cm. Namun terkadang ada yang lebih dari itu tergantung lingkungan dan seperti apa kemampuan tanaman Aglonema tersebut. Faktor lain juga bergantung pada bagaimana cara anda merawatnya.
  • Untuk Aglonema yang hidup di alam bebas, biasanya warna daunnya dominan hijau dengan bercak putih. Sementara untuk tanaman hias Aglonema yang dibudidayakan memilih warna kemerah-merahan, jingga, maupun berwarna kuning. Bukan hanya itu saja, untuk bentuk daunnya pun juga beragam, mulai dari bulat telur, lanset, mapun berbentuk elips. Hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri karena daun tanaman Aglonema bentuknya bervariasi.
  • Jika anda perhatikan, tanaman hias Aglonema mempunyai bunga dimana bunganya tersebut memiliki bentuk seperti bunga keladi dan talas yang ada di sekitar ketiak daun.
  • Buah tanaman ini akan anda temukan di bagian pangkal bunga. Bentuknya berupa tonjolan kecil dengan diameter kurang lebih 1 cm yang jika diperhatikan bentuknya sama dengan biji kopi.
Itulah informasi yang bisa kami berikan tentang beberapa ciri khas yang dimiliki oleh tanaman hias Aglonema. Sebagai tambahan, berikut ini kami juga akan memberikan tips bagiamana cara menanam Aglonema yang benar.

  • Pada tahan pembibitan, anda harus memilih bibit dewasa yang berasal dari indukan terbaik. Anda rendam kurang lebih 3 jam dan baru bisa anda semai ke media tanam.
  • Tahap pembibitan juga dapat anda lakukan dengan cara stek daun dengan memanfaatkan bagian daun bertunas. Setelah itu, anda potong lalu anda pindahkan menuju media tanam.
  • Media tanam bisa berasal dari sekam yang telah anda bakar dan lalu anda masukkan ke dalam pot.
  • Anda juga bisa menggunkan media tanam cocopeat yang memang khusus digunakan untuk tanaman hias.
  • Perlu anda tahu bahwa penyiraman tanaman hias Aglonema tidak perlu terlalu sering. Ketika kondisi hujan, anda hanya perlu menyiramnya pada saat kondisi tanahnya sudah mulai mengering. Namun ketika cuaca panas, biasanya anda hanya perlu menyiram satu kali dalam sehari.
  • Pupuk yang digunakan adalah pupuk yang memang khusus diperuntukkan untuk tanaman hias. Anda bisa bertanya ke penjual untuk memilihkan anda pupuk terbaik untuk tanaman hias Aglonema.

Yang tidak kalah penting adalah pastikan proses menanam tanaman ini benar-benar dilakukan sesuai ketentuan. Jika anda belum terlalu mahir dalam menanam tanaman hias, anda bisa bertanya ke teman atau orang lain yang paham sehingga anda bisa mendapatkan banyak saran dan masukan untuk membuat tanaman hias Aglonema tumbuh subur.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Ciri Khas Tanaman Hias Aglonema"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel