Artikel Pilihan

Penjelasan Bonsai Beringin dan Fungsi Akarnya yang Menggantung

Salah satu tanaman hias yang sangat diminati saat ini adalah pohon bonsai beringin. Bonsai adalah versi kecil dari pohon aslinya, yang berarti bonsai beringin adalah versi kecil dari pohon beringin. Tanaman yang satu ini mulai digemari karena memiliki daun yang lebat dan dapat dibentuk sesuai keinginan anda.

Satu hal lagi yang membuat bonsai beringin makin digemari adalah akarnya yang menggantung. Pernahkah anda berpikir bagaimana pohon beringin memiliki akar yang menggantung? Apakah fungsi dari akar yang menggantung itu. Setiap bagian yang diciptakan pasti memiliki fungsi tersendiri, begitu juga dengan akar gantung tersebut.

Ciri Ciri Pohon Bonsai Beringin

Mengenal Pohon Beringin, Asal Bonsai Beringin

Pohon beringin merupakan cikal bakal dari bonsai beringin merupakan tanaman dengan genus Ficus. Pohon yang besar ini memiliki akar tunggal yang kuat agar dapat menahan tubuhnya yang besar. Akar pohon beringin berbentuk seperti jaring yang berguna untuk menyerap nutrisi.



Anda mungkin berpikir kalau akarnya merambat hingga ke atas dan menggantung. Namun, sebenarnya akar yang menggantung tersebut merupakan akar dari bunga yang tumbuh di atas pohon. Benarkah pohon yang menumbuhkan bonsai beringin ini memiliki bunga?

Pohon asal dari bonsai beringin ini memiliki bunga berbentuk bulat yang menjadi makanan para burung yang hinggap. Bunga tersebut sering disebut sebagai bunga semu karena bentuknya yang tidak seperti bunga.

Fungsi Akar Gantung pada Bonsai Beringin

Bonsai beringin sama saja dengan pohon beringin, yaitu sama-sama memiliki akar gantung dengan fungsi yang sama. Akar gantung pada tumbuhan ini memiliki fungsi untuk membantu pernapasan selama proses fotosintesis berlangsung di siang hari.

Fungsi akar gantung ini sangat berbeda dengan akar yang ada di dalam tanah. Namun, masih memiliki kemiripan. Letak kemiripan fungsi kedua akar tersebut adalah masih sama-sama menyerap karbon dioksida.

Meski bukan berfungsi untuk menopang tubuh bonsai beringin, anda dapat menggunakan akar gantung ini sebagai pengikat. Akar ini memang kuat seperti akar penopang yang berada di bawah batang utama pohon.

Akar utama dan akar gantung ini akan saling membantu untuk menyerap air sebagai cadangan nutrisi untuk pohon. Karena mampu menyerap air yang banyak, tempat yang ditanami pohon beringin jarang sekali mengalami longsor maupun banjir.
Ciri Ciri Pohon Bonsai Beringin
Sumber: i.pinimg.com


Berikan Bonsai Beringin Nutrisi Tambahan

Bonsai beringin merupakan tanaman hias yang paling mudah dirawat karena dapat hidup dengan atau tanpa sinar matahari. Meski begitu, kamu masih harus memberikan nutrisi yang cukup untuk tanaman ini.

Berikan pupuk secukupnya agar dapat tumbuh dengan rindang. Siram juga dengan air secukupnya agar dapat melakukan proses fotosintesis dengan benar. Karena bonsai beringin tinggal di dalam rumah anda, tanaman ini tidak akan mendapatkan nutrisi dengan cukup seperti yang tumbuh di alam liar.

Kriteria Bibit Bonsai Beringin yang Disukai

Pohon beringin yang dijadikan bakal bibit bonsai beringin harus memiliki kriteria yang sehat dan kuat. Kalau anda memilih bibit yang kuat, tanaman yang anda tanam juga akan kuat. Anda dapat mencari bakal bibit di alam yang terbuka.

Kalau sudah menemukan bakal bibit bonsai beringin yang sesuai, anda dapat melakukan beberapa cara untuk mengambilnya. Cara yang paling umum dilakukan adalah cangkok, stek, dan okulasi.

Pilihlah cara mendapatkan bakal biji yang paling anda kuasai. Setiap cara juga memiliki teknik tersendiri, seperti cangkok yang terdiri atas teknik cangkok angin, cangkok tanah, dan cangkok susu.

Kalau anda bingung memilih bakal bibit dari pohon beringin langsung, anda dapat membeli biji bonsai beringin. Cara ini juga tergolong lebih ramah lingkungan karena anda tidak perlu merusak alam.



Kini anda telah mengenal lebih dekat tentang pohon beringin dan akar yang menggantung di batang pohon. Akar yang menggantung tersebut bukan hanya sebagai hiasan belaka. Namun, juga memiliki fungsi yang sama penting dengan akar penopang.

Anda dapat mengatur agar akar tersebut terlihat lebih indah dengan memotongnya dengan bentuk yang anda inginkan. Bonsai beringin merupakan tanaman yang dapat anda atur bentuknya, mulai dari daun, batang, hingga akarnya.

Apakah anda telah mendapatkan ide bagaimana cara mengatur akar gantung agar terlihat lebih indah di tanaman bonsai beringin yang anda miliki?

Belum ada Komentar untuk "Penjelasan Bonsai Beringin dan Fungsi Akarnya yang Menggantung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel