Artikel Pilihan

Budidaya Pohon Bidara dengan Mudah

Ciri Ciri Pohon Bidara

Daun bidara atau biasa dikenal sebagai pohon jujube merupakan salah satu tanaman yang berasal dari Cina. Namun tanaman ini bisa tumbuh subur di indonesia dengan ukuran kurang lebih 40 kaki warna daun hijau yang mengkilap dan juga tekstur daun yang sangat unik. Dengan nama latinnya Ziziphus mauritiana.

Pohon buah yang dikenal dengan sebutan buah berry ini memang tumbuh subur dan banyak dimanfaatkan oleh masyarakat indonesia. Daun bidara juga memerlukan beberapa syarat tumbuh sehingga tanaman tersebut bisa berkembang dengan subur dan bisa dibudidayakan dengan baik. Lantas bagaimana langkah mudah menanam pohon bidara di rumah untuk budidaya. Berikut ini informasi lengkapnya.

Baca juga : 4 Jenis Pohon Bidara yang Perlu Kamu Ketahui

1. Menyiapkan Tempat Semai


Hal pertama yang harus diketahui mengenai budidaya dari pohon bidara yaitu memastikan bahwa telah menyiapkan tempat untuk persemaian. Anda harus membeli biji bidara yang telah dikupas cangkangnya di berbagai toko pertanian anda juga bisa membelinya secara online.




Karena sekarang ini akses menjadi lebih mudah. Selain itu jika sudah mendapatkan bijinya maka rendam biji pohon bidara bersama dengan bawang merah, untuk membantu merangsang pertumbuhan di dalam air hangat selama 1 malam. Setelah selesai tiriskan biji tersebut. Kemudian barulah dipindahkan ke media tanam yang seharusnya.

Ketika berbicara mengenai semai tanam. Maka hal yang harus dibutuhkan adalah media tanam berupa campuran tanah humus abu sekam padi dan juga pupuk kandang. Setelah itu tindakan semayan bidara yang sudah mulai berakar ke media tanam yang seharusnya saat menanam. Pastikan akar yang muncul di biji bidara sudah menghadap ke arah bawah dan tumbuh dengan benar.

Baca juga : Sebelum Budidaya, Kenali 5 Ciri Pohon Ketapang Ini

Karena pohon ini bisa jadi tumbuh ke atas. Ketika salah menanamnya, sirami media tanam dengan sedikit air dan nantinya ketika sudah 10 hari. Tanaman sudah mulai mengeluarkan helai daun dan menunjukkan bahwa adanya pertumbuhan yang cukup baik.
Ciri Ciri Pohon Bidara
Sumber: hipwee.com


2. Perawatan dan Pemeliharaan


Selanjutnya yang bisa dilakukan untuk membudidayakan pohon bidara yaitu mematikan untuk melakukan pemeliharaan. Tanaman ini umumnya akan berbuah di tahun kedua sehingga dari proses pertumbuhan atau penyemaian nya. Agar bisa dipanen buahnya memang cukup jauh pemangkasan juga perlu dilakukan ketika sebelum melakukan panen agar tanaman bisa terfokus pada pembudidayaan buah.

Selanjutnya yang perlu diketahui dari pohon bidara tentu saja pemupukannya bagi anda yang menanamkan pohon bidara Cina, dan juga membutuhkan pemupukan. Maka anda bisa memanfaatkan pupuk kandang dan juga pupuk nitrogen sebagai pelengkap dari nutrisi tanaman tersebut. Apabila sedang berbuah, maka tanaman harus diakhiri dan pemupukan tidak boleh terkena langsung ke arah tanaman tetapi ada baiknya memberikan pupuk di area luar tanaman.

3. Penyiraman





Selanjutnya hal yang harus diperhatikan adalah memantau kondisi dari tempat menanam pohon bidara. Apabila anda ingin merawatnya dengan baik. Maka tingkatkan kelembaban dengan cara mencampurkan foto yang mengering dengan air setiap hari. Pohon tersebut kering selain itu cobalah untuk memperhatikan suhu yang ada. Mengingat suhu ruang merupakan tempat yang paling pas untuk tanaman bidara sehingga tidak terlalu kering namun tidak terlalu lembab.

Itulah informasi yang bisa anda lakukan dari tahapan budidaya tanaman bidara. Semoga bermanfaat, ya.

Baca Juga :




Belum ada Komentar untuk "Budidaya Pohon Bidara dengan Mudah "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel