Artikel Pilihan

Cara Pembibitan dan Penanaman Pohon Jati

Ciri Ciri Pohon Bidara

Cuaca tropis yang ada di Indonesia menyebabkan banyak sekali tumbuhan dapat tumbuh subur dan juga menjadi sumber daya alam dan kekayaan Indonesia. Hal ini juga berpengaruh kepada pepohonan yang seringkali dimanfaatkan bukan hanya untuk makanan. Tetapi juga di olah sebagai bahan industri salah satunya adalah pohon jati.

Pohon ini merupakan salah satu jenis pohon yang sudah dimanfaatkan masyarakat Indonesia sejak zaman dahulu untuk membuat furnitur ataupun perabotan rumah, karena terbukti kekuatan dan juga keawetannya. Bahkan sekarang ini berbagai perabotan yang terbuat dari bahan jati memiliki harga yang sangat tinggi.

Nah bagi anda yang berniat untuk melakukan bisnis ataupun budidaya pohon jati, berikut ini ada beberapa informasi lengkapnya.

Pembenihan dan Pembibitan

Informasi pertama yang harus diketahui adalah mengenai pembibitannya apabila dilihat tanaman kayu jati ini melalui proses pembibitan. Dengan memanfaatkan benih bunga jati yang sudah kering di sekitar area pohon tersebut. Nantinya biji yang berkualitas akan ditanamkan dan disemai hingga membentuk sebuah bibit umumnya para pembudidaya akan langsung menjual bibit dalam berbagai ukuran.




Tetapi minimal penjualan bibit yang bisa didapatkan oleh konsumen yaitu bibit pohon jati setinggi 100 cm, nantinya tanaman tersebut akan lebih mudah untuk dibudidayakan dan dipindahkan ke habitat aslinya. Dibandingkan dengan tanaman yang masih kecil proses pembibitan ini memerlukan perhatian yang sangat penting.

Baca juga : Cara Pembibitan dan Penanaman Pohon Jati

Dimana media yang digunakan adalah pupuk kandang dan juga tanah dengan perbandingan 1 banding 1. Kemudian setelah itu cobalah untuk menggali sedalam 5 hingga 10 cm, agar tanaman yg bisa ditanam dengan baik. Umumnya benih ini akan tumbuh selama 47 hari setelah semai anda bisa memindahkan ke tanah setelah 160 hari dari penyemaian polybag.

Penyiraman dan Perawatan

Perawatan Pohon Jati

Selanjutnya cara budidaya yang bisa dilakukan dari pohon jati yaitu melakukan pemeliharaan bibit yang digunakan untuk budidaya harus dipelihara dengan baik. Caranya dengan menyiramnya setiap pagi hingga sore namun jangan terlalu banyak.

Karena nantinya benih tersebut akan membusuk tempatkan perkembangan di tempat yang teduh agar terhindar dari sinar matahari langsung atau pun terkena hujan. Selain itu anda juga bisa memastikan bahwa bibit dari pohon jati, haruslah mendapatkan nutrisi tambahan seperti urea 1 kali dalam sebulan. Nantinya bibit siap pindah tanam setelah berusia 5 bulan apa sudah setinggi 100 cm.
Ciri Ciri Pohon Jati
Sumber: ilmubudidaya.com


Pemeliharaan Pohon Jati

Pemeliharaan selanjutnya yaitu memindahkan ke lahan yang sesungguhnya ketika memutuskan untuk pemindahan ke lahan yang sesungguhnya. Maka para petani harus memahami nantinya pohon jati tersebut akan tumbuh dengan besar. Dengan ukuran yang tidak sedikit.

Baca juga : 4 Jenis Pohon Bidara yang Perlu Kamu Ketahui

Untuk itu siapkan lahan kemudian kerjakan lubang tanam sebesar 30 * 30 * 30 cm dan biarkan dua hingga tiga minggu. Berilah antara 1 jarak pohon dengan jarak lain sejauh 5 m. Karena ketika pohon jati tersebut tumbuh nantinya tidak akan terlalu berdekatan.

Penyiraman Pohon Jati

Selanjutnya hal yang bisa dilakukan tentu saja penyiraman secara rutin hingga pohon menjadi besar ketika pohon tersebut setinggi 1 m. Maka pohon jati sudah bisa mendapatkan air dari akar sendiri tetapi anda harus tetap memastikan bahwa asupan air di daerah perkebunan jati yang sudah diberikan cukup.




Karena bagaimanapun juga ketika lahan yang digunakan ternyata sedang mengalami kondisi gersang. Maka efek sampingnya adalah pohon jati tidak dapat tumbuh dengan baik, dan kayu yang didapatkan tidak terlalu berkualitas.

Terakhir anda bisa menambahkan selang khusus untuk menyiram pohon jati secara rutin, dengan menggunakan nozzle khusus. Namun hal ini bisa dilakukan oleh anda yang memutuskan untuk menjadi pembudidaya pohon jati professional.

Baca Juga :




Belum ada Komentar untuk "Cara Pembibitan dan Penanaman Pohon Jati"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel