Artikel Pilihan

Apakah Pohon Angsana Cocok Untuk Ditanam di Pinggir Jalan?

Banyak sekali jenis pohon yang sering kita temui di pinggir jalan, berfungsi sebagai peneduh. Pohon-pohon itu bisa tumbuh besar dan menjulang tinggi. Namun tahukah Anda bahwa tidak semua jenis pohon ini bisa cocok ditanam di pinggir jalan.

Hal ini disebabkan karena jalanan banyak dilewati oleh orang-orang sehingga tentu saja pemilihan pohon haruslah yang tepat sehingga tidak mencelakai orang dan sehingga fungsi atau manfaat dari pohon itu bisa terasa dengan baik.

Baca juga : Rekomendasi Pohon Terbaik Untuk Pekarangan Rumah

Kali ini kami akan membahas mengenai Pohon Angsana atau yang sering disebut sebagai Sonokembang oleh masyarakat Jawa. Banyak orang yang bertanya, apakah Pohon Angsana cocok untuk ditanam di pinggir jalan? Penasaran? Simak ulasannya di bawah ini!




Kelebihan Pohon Angsana Untuk Lingkungan

Ciri Ciri Pohon Angsana
Sebelum mengetahui apakah pohon ini cocok untuk ditanam di pinggir jalan, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi terlebih dahulu mengenai kelebihan pohon Angsana untuk lingkungan.

Sehingga Anda mengetahui apa saja manfaat dari Pohon Angsana ini untuk lingkungan. Berikut merupakan beberapa kelebihan pohon Angsana untuk lingkungan sekitar :

1. Bisa menjadi penyerap polutan udara

Sebaiknya bagus sekali apabila Angsana ini ditanam di lingkungan karena Angsana ini merupakan salah satu tanaman yang bisa menjadi penyerap polutan udara yang sangat baik.

Karena seperti yang kita ketahui bahwa sekarang ini makin banyak kendaraan bermotor, sehingga pasti juga akan menghasilkan polutan. Oleh karena itu perlu ditanam pohon yang bisa menyerap polutan dengan baik dan pohon itu adalah pohon Angsana.

2. Bisa menjadi peneduh

Kelebihan kedua dari Pohon Angsana atau Pohon Sonokembang ini juga bisa menjadi peneduh yang baik. Karena pohon ini bisa tumbuh dengan rimbun bahkan bisa mencapai tinggi 40 meter, jadi jika Anda ingin pohon yang bisa tumbuh dengan besar dan peneduh yang baik maka Anda bisa menanam Pohon Angsana saja. Karena bisa menjadi peneduh dan bisa membuat lingkungan jadi lebih asri lagi.

3. Memiliki sejuta manfaat

Kelebihan yang selanjutnya dari Pohon Angsana atau Pohon Sonokembang ini memiliki sejuta manfaat. Selain bisa berguna untuk lingkungan, pohon Angsana atau Sonokembang ini ternyata juga bermanfaat karena kayunya bisa dipakai untuk bahan mebel.

Selain itu juga bisa digunakan untuk kesehatan. Banyak sekali orang yang memanfaatkan Pohon Angsana sebagai pengobatan herbal. Jadi, banyak orang yang memilih untuk menanam Pohon Angsana di rumah mereka apabila mereka memiliki kebun atau halaman yang luas.

Apakah Pohon Angsana Cocok Ditanam di Pinggir Jalan?

Ciri Ciri Pohon Angsana
Sumber: hijaukan.com
Jika tadi di atas kita sudah membahas informasi mengenai apa saja manfaat atau kelebihan dari Pohon Angsana, maka selanjutnya kita akan membahas sebenarnya apakah pohon Angsana ini cocok ditanam di pinggir jalan?

Baca juga : Jenis-jenis Pohon Peneduh Jalan

Seperti yang sudah kita lihat di atas bahwa ternyata pohon ini memiliki banyak sekali manfaat untuk lingkungan ataupun untuk manusia. Lalu apakah pohon ini baik ditanam di pinggir jalan? Sebenarnya pohon Angsana ini cukup baik ditanam di perkotaan karena memiliki banyak sekali manfaat untuk lingkungan.

Namun ternyata sebaiknya Pohon Angsana ini tidak ditanam di pinggir jalan, terutama di jalanan besar seperti jalan raya. Mengapa? Karena sebenarnya Pohon Angsana ini memiliki ranting yang mudah patah. Terutama ketika cuaca sedang musim penghujan, dimana cuaca tak menentu, dan seringkali disertai dengan angin kencang yang mudah mematahkan ranting pohon Angsana ini.




Jika itu terjadi maka bisa membahayakan orang-orang, karena bisa saja rantingnya jatuh dan menimpa orang yang sedang lewat atau mungkin bisa merusak kabel listrik. Jadi lebih baik menanam jenis pohon lainnya saja.

Sekarang Anda sudah tahu kan informasi mengenai apakah Pohon Angsana cocok untuk ditanam di pinggir jalan? Karena jika proses penanaman dilakukan tidak benar maka bisa menyebabkan pohon ini mudah patah dan mudah tumbang. Semoga informasi yang kami berikan kali ini bisa bermanfaat dan berguna bagi Anda semuanya!

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Apakah Pohon Angsana Cocok Untuk Ditanam di Pinggir Jalan?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel