Artikel Pilihan

Cara Untuk Melestarikan Pohon Angsana Supaya Tidak Punah

Banyak sekali jenis pohon yang bisa kita temukan di Indonesia, salah satunya adalah Pohon Angsana. Pohon Angsana ini dikenal juga sebagai Pohon Sonokembang, biasa masyarakat Jawa menyebutnya. Pohon ini pun dengan mudah bisa ditemukan di Indonesia yang memiliki iklim yang tropis.

Biasanya untuk di Pulau Jawa sendiri, Angsana bisa ditemukan dengan mudah di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Sedangkan untuk di Kalimantan hampir bisa ditemukan di seluruh daerah terutama di area rawa-rawa.

Mungkin banyak dari Anda yang belum mengetahui, Angsana merupakan salah satu tanaman yang memiliki banyak sekali manfaat. Selain bisa bermanfaat bagi kesehatan manusia serta untuk lingkungan, kayu dari Pohon Angsana ini ternyata memiliki kualitas yang bagus dan kuat sehingga sering dimanfaatkan sebagai bahan mebel ataupun bangunan.




Karena itulah kayu dari Pohon Angsana ini banyak diburu dan harganya pun lumayan mahal. Maka pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai cara untuk melestarikan pohon Angsana supaya tidak punah. Bagaimana caranya? Simak ulasannya di bawah ini!

Bagaimana Cara Melestarikan Pohon Angsana?

Ciri Ciri Pohon Angsana

Seperti yang kita ketahui bahwa Pohon Angsana merupakan salah satu jenis pohon yang memiliki banyak sekali manfaat. Baik itu manfaat untuk lingkungan, baik manfaat untuk kesehatan, hingga manfaat untuk industri mebel dan lain-lainnya.

Baca juga : Ciri Ciri Pohon Angsana (Pterocarpus indicus) Di Alam Liar

Namun sayangnya di beberapa daerah terdapat eksploitasi yang berlebihan terhadap Pohon Angsana karena Pohon Angsana ini dianggap sebagai pohon yang harganya cukup mahal.

Maka pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai bagaimana cara untuk melestarikan Pohon Angsana supaya mereka tidak punah. Berikut merupakan cara melestarikannya :

1. Dengan melakukan pembibitan

Ciri Ciri Pohon Angsana
Sumber: tokopedia.net
Jika tidak ingin Pohon Angsana punah maka Anda bisa membantunya dengan melakukan pembibitan. Bagi Anda yang ingin menanam Pohon Angsana di rumah Anda atau mungkin untuk lingkungan Anda, atau kebetulan Anda ingin melakukan bisnis tanaman Angsana namun sekaligus ingin membantu untuk melestarikan tanaman Angsana maka Anda bisa melakukan pembibitan.

Anda bisa melakukan pembibitan Pohon Angsana di rumah karena caranya cukup mudah . Selain bisa membantu untuk melestarikan lingkungan, Anda juga bisa menjadikan ini sebagai penghasilan Anda karena Anda bisa menjual lagi bibit Pohon Angsana yang Anda bibitkan itu.

Yang perlu Anda siapkan adalah tanah yang gembur dan mengandung zat hara, selain itu juga pupuk, Anda cukup melakukan pengairan yang cukup sehingga bibit dari Pohon Angsana ini bisa tumbuh dengan baik.

2. Melakukan stek batang

Cara untuk melestarikan pohon Angsana supaya tidak punah yang kedua adalah dengan menggunakan cara yang cukup mudah yaitu stek batang. Jika Anda tidak ingin melakukan pembibitan karena mungkin tak terlalu memiliki banyak waktu luang untuk itu, maka Anda bisa mencoba untuk melakukan stek batang saja. Stek batang ini bisa membantu untuk membuat tanaman Angsana menjadi lebih cepat tumbuh, selain itu juga bisa membantu untuk melestarikan Pohon Angsana.

Baca juga : Ketahuilah Beberapa Manfaat Pohon Angsana Bagi Lingkungan

3. Menggunakan Pohon Angsana dengan baik

Ciri Ciri Pohon Angsana
Sumber: cdn2.tstatic.net
Cara ketiga yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kelestarian tumbuhan Angsana atau Sonokembang ini adalah dengan menggunakan pohon Angsana atau Sonkembang ini sebaik mungkin.

Jika memang Anda membutuhkan Pohon Angsana untuk industri mebel, maka sebaiknya Anda jangan mengambil dari alam namun Anda membudidayakan Pohon Angsana sendiri.

Sehingga ketika Anda menggunakan Angsana entah itu bagian kayunya, atau bagian lain dari pohon ini maka Anda tetap bisa turut menjaga kelestarian pohon Angsana ini. Anda bisa belajar untuk melakukan pembibitan atau budidaya Pohon Angsana ini karena sebenarnya caranya sangat mudah.




Sekarang Anda sudah tahu bagaimana cara untuk melestarikan pohon Angsana supaya tidak punah. Pohon Angsana ini merupakan salah satu jenis pohon yang memiliki banyak sekali manfaat untuk lingkungan hingga untuk kita manusia. Dan selain itu banyak ditemukan di Indonesia juga.

Oleh karena itu jangan sampai karena penggunaan Pohon Angsana yang berlebihan atau eksploitasi, pohon yang memiliki banyak manfaat ini punah atau langka. Semoga artikel yang kami sampaikan kali ini bisa bermanfaat dan berguna bagi Anda.

Baca Juga :



Belum ada Komentar untuk "Cara Untuk Melestarikan Pohon Angsana Supaya Tidak Punah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel